Superman Adventures (Jilid 8)

coversuperman8

Judul: Superman Adventures (Jilid 8)

Komikus: Jerry Siegel & Joe Shuster

Penerjemah: Maya Soeratman

Penerbit: m&c!

Jumlah Halaman: 144

Terbit Perdana: September 2002

Kepemilikan: Cetakan Pertama, September 2002

cooltext-blurb

The hero who saved comic books. Superman Adventures – Kingdom Come – Superman Madman Hullabaloo!

cooltext-review

Jika sebelumnya saya sudah membaca komik Batman besutan DC, kali ini saya mencicipi komiknya “rekan kerja” Batman namun beda wilayah, Superman. Secara format sih hampir sama dengan komik Batman yang sudah saya ulas beberapa waktu yang lalu, yaitu satu jilid berisi enam cerita (nomor 48 sampai 53) yang pada awalnya diterbitkan satuan. Separuh dari jumlahnya tidak memiliki judul alias hanya tertuliskan cerita kesekian.

Saya tidak mau membahas semua, namun hanya saya ambil dua yang paling menarik, masingmasing mewakili grup “tanpa judul” dan “dengan judul” hehe. Cerita nomor 51 ini tidak memiliki judul. Kisahnya para anggota inti redaksi Daily Planet –Perry, Clark, Lois, dan Jimmy–  sedang berwisata naik kapal pesiar Mohaly-Nagy, yang kebetulan ada peragaan busana Lana Lang.

Katanya Tikamok akan bangun dari tidurnya bila kita dapat mempersembahkan dua perawan padanya! (Halaman 92)

Ya benar, Lana, mantan kekasih Clark saat masih di Smallville kini mengadakan peragaan busana. Namun pada malam hari ketika proses makan malam, ada serangan makhluk asing yang membuat kapal karam di selatan Samudera Pasifik. Apesnya lagi, Lana dan Lois tercebur ke laut dan terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni dan terancam menjadi persembahan patung batu misterius Tikamok oleh profesor Roy Haney yang agak gila.

Cerita selanjutnya bernomor 52 memiliki judul A Death In The Family. Kali ini adik sepupu Superman, Supergirl, tiba di rumah orang tua Clark di Smallville dengan kondisi tubuh lemas tak berdaya. Orang tua Clark tidak bisa menelepon dokter karena tidak ada dokter yang bisa menyembuhkan Kara a.k.a Supergirl sang makhluk asling. Satu-satunya harapan adalah meminta bantuan Superman yang masih satu darah dengannya.

Segera, Superman menyelidiki kondisi tubuh Kara. Ternyata Kara terjangkit penyakit yang berasal dari bakteri Encyopylas transloci yang berasal dari Planet Argo. Planet ini telah berselimut es semenjak kehilangan orbit pasca Planet Krypton meledak. Padahal obat yang bisa menyembuhkan Kara berasal adri sana. Bolak-balik ke Bumi dan Argo jelas tidak mungkin karena kondisi Kara semakin memburuk.

Maaf, kita pun tidak tahu Superman… Walau kau sudah memberi gambar molekulnya, kita tidak dapat menerka apa itu elemen X, apalagi membuat duplikatnya. (Halaman 107)

Para profesor di S.T.A.R Labs tidak bisa membantu Superman karena kandungan yang dimaksud sebagai obat Kara tidak pernah mereka ketahui sebelumnya. Akhirnya Superman meminta bantuan Lex Luthor, musuh bebuyutannya agar bersedia menolong Kara. Meski akhirnya Lex memenuhi janji pada Superman, ada sebuah rencana licik yang ia persiapkan untuk menghancurkan Superman. Waduh!

Dari segi cerita, saya lebih suka komik Superman ini sih daripada Batman. Hal ini dikarenakan semua ceritanya tentang Superman dengan kehidupannya di kota Metropolis. Mulai dari menumpas penjahat, bekerja di Daily Planet, hingga kehidupan “gandanya” juga tidak tersingkirkan oleh tokoh lain. Yah, meskipun dalam beberapa cerita ada tokoh sampingan seperti Supergirl, Mr. Miracle, dan lainnya, namun fokus utama tetap pada Superman.

Saya juga suka dengan dua halaman khusus tentang sosok Lois Lane sebelum memasuki cerita yang pertama. Dua halaman itu bisa saya katakan sebagai trivia karena mengupas kehidupan dari seorang Lois Lane. Saya juga baru tahu jika Lois masih belum tahu bahwa Clark adalah Superman. Padahal Lana Lang aja sudah tahu (yaiyalaaah).

Hmm saya kira segini saja deh ulasan singkat saya. Yang jelas ini komik bagus. Karena semua gambar cerita berasa dari tangan yang sama sehingga gayanya juga konstan. Berbeda dengan komik Batman yang beda-beda sehingga jadi labil. Sudah ya, kalau mau baca, silakan mencari sendiri edisi resminya (apadeh) hahaha ciao!

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*