Cowboy Bebop (Jilid 3)

covercowboy3

Judul: Cowboy Bebop (Jilid 3)

Komikus: Nanten Yutaka, Yatate Hajime, Watanabe Shinichirou, SUNRISE

Penerjemah: Poltak

Penerbit: m&c!

Jumlah Halaman: 176

Terbit Perdana: Mei 2003

Kepemilikan: Cetakan Pertama, Mei 2003

cooltext-blurb

Pulang dari Venus, Spike dan tangkapannya menumpang truk yang dikemudikan Mike. Ia seorang supir truk sederhana. Mike mengaku sebagai supir truk tercepat di antariksa. Ia membawa mereka melewati jalan rahasia, disebut gerbang gelap. Namun… Forever Boy! Akhir kisah Bebop yang mengharukan.

cooltext-review

Jilid terakhir sebagai penutup komik Cowboy Bebop ini hanya menyuguhkan dua chapter. Namun keduanya memiliki durasi lebih panjang dibandingkan chapter di jilid-jilid sebelumnya. Pada chapter pertama, tokoh utama yang menjadi fokus adalah si Edo atau yang memiliki nama asli Radical Edward. Anak jenius ini sedang dicari-cari tim Bebop karena hilang beberapa waktu. Apalagi muncul pengumuman pencarian Edo di televisi.

Jet yang masih pusing mencari keberadaan Edo, tiba-tiba ada email masuk ke komputer tim Bebop. Asal email itu adalah dari sesorang bernama Tomato yang mengaku tahu keberadaan Edo. Bahkan ia sempat meminta maaf bahwa karena salahnya yang membuat Edo diculik. Percakapan itu terputus tiba-tiba karena Tomato diculik juga! Waduh bagaimana dong?

Kita harus mengisolasi internet agar informasi tidak sampai pada anak-anak. Kami mau membangun kembali bumi baru! Ya, demi bumi yang kami cintai! (Halaman 46)

Chapter kedua kali ini lagi-lagi melibatkan Spike. Ia yang telah berjibaku menangkap buronan hingga ke Venus harus segera pulangg ke Mars untuk menyerahkan tangkapannya. Masa kadaluarsa penangkapan itu hanya tiga hari. Sayangnya, Jet yang lagi-lagi harus menjemput sedang berada dalam kesulitan dengan pesawatnya. Akibatnya, Spike harus pulang sendiri dengan menyewa pesawat truk. Kebetulan ada seorang supir truk bernama Yamada Mike yang sedang beristirahat.

Yang tidak diketahui Spike, Mike sebelumnya mengangkut penumang misterius bernama Jimmy yang mengetahui sebuah jalur rahasia yang membuat perjalanan Mars ke Venus hanya lima belas jam saja. rute ini jauh lebih cepat dibandingkan rute umum. Tentu saja Jimmy ini adalah orang jahat yang mengabdi pada seorang perempuan jahat bernama Silvia. Mereka sedang menyelundupkan kartu yang berisi informasi gerbang gelap.

Gerbang gelap… Jalan rahasia yang tidak dipetakan. Ruang gelap yang tidak dipublikasikan. (Halaman 131)

Keterlibatan Mike akibat kecerobohan Jimmy turut membuat Spike dan anggota Bebop lain turun tangan. Kasus pencurian, penggelaan, enangkaan, dan segalanya bercamur jadi satu sehingga menghasilkan cerita yang seru banget. Berbeda sekali dengan chapter-chapter sebelumnya yang saya rasa kurang greget ceritanya. Apalagi cerita terakhir ini dibumbui sedikit drama keluarga yang mengharukan.

Sebagai penutup, saya ingin mengakui bahwa saya sampai lupa kalau Edo adalah perempuan. Hal ini akibat penampilan Edo yang tomboy dan tidak terlihat sisi femininnya. Bahkan Tomato yang mengaku suka pada Edo dan Edo juga berujar suka pada Tomato sempat membuat saya pikir mereka adalah gay. Ternyata saya hanya melupakan satu fakta bahwa Edo adalah perempuan.

Yak, akhir kisah Cowboy Bebop ternyata kalau boleh saya bilang, hanya begini. Segala macam asal usul tokoh dan setting lokasi masih sangat sangat kurang terjelaskan dengan baik. Seua serba tiba-tiba dan tidak jelas. Pokoknya apa yang sedang terjadi ya udah diikuti saja. tokoh pendamping juga tidak tergali dengan baik. Apakah ini karena jilid yang hanya tiga atau sebab lain, saya juga tidak tahu. Sampai jumpa pada judul lainnya ya!

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus