Cowboy Bebop (Jilid 2)

covercowboy2

Judul: Cowboy Bebop (Jilid 2)

Komikus: Nanten Yutaka, Yatate Hajime, Watanabe Shinichirou, SUNRISE

Penerjemah: Poltak

Penerbit: m&c!

Jumlah Halaman: 176

Terbit Perdana: April 2003

Kepemilikan: Cetakan Pertama, April 2003

cooltext-blurb

Seorang reporter TV lokal bernama Rachel, ingin menjadi reporter berita terkenal. Spike dan kawan-kawan lalu bersedia diwawancarai oleh gadis itu yang ingin memberitakan kehidupan nyata para Cowboy. Namun tepat saat itu, Edo berhasil melacak lokasi target mereka…

cooltext-review

Jilid kedua Cowboy Bebop kali ini terdiri dari lima chapter. Seperti biasa, antara satu chapter dengan chapter lain mengusung kasus perburuan target yang berbeda. Kali ini chapter pertama dibuka dengan seorang reporter berita bernama Rachel M. Kazuki yang ingin mewawancarai tim Cowboy Bebop agar menghasilkan liputan yang bermutu.

Awalnya Spike dan Jet enggan menerima. Namun Faye yang berani menawarkan bayaran akhirnya menyetujui keinginan Rachel. Semua berlangsung datar hingga Edo menemukan lokasi target yang sedang diincar tim Bebop. Rachel yang berkeinginan turut serta menangkap sang buruan harus menjadi tumbal karena tidak menuruti perintah Faye. Waduh!

Kisah para outlaw hero! Yang mempertaruhkan nyawanya untuk memburu para penjahat! Drama pemburu dan buruannya! Thrill and suspense! Lika-liku kehidupan para pemburu hadiah. Bagus. Pasti mengasyikkan! (Halaman 11)

Pada chapter selanjutnya, adalah seorang perempuan cantik bernama Linda Wise. Sebenarnya Linda bukanlah buronan yang wajahd an namanya telah tersebar ke seluruh penjuru negeri sehingga bisa ditangkap pada Cowboy. Linda masih menjadi informasi internal kepolisian sehingga tidak perlu menyebarkan ke khalayak luas. Hal ini diketahui Jet yang kepo kepo pada salah satu polisi.

Sebenarnya penangkapan Linda tidak ada masalah. Namun ternyata Linda adalah sahabat baik Faye sebelm mereka berpisah dan menempuh jalan hidup yang berbeda. Tak disangka, ketika Jet dan Spike lengah, Faye bertindak sendiri untuk menangkap Linda. Bukan dengan cara kekerasan, melainkan dengan bermain poker. Taruhan yang dijanjikan Faye juga tidak main-main lho. Lha? Terus?

Dengar, berbuat curang dalam poker… Caranya ada tiga. Yang pertama, waktu mengocok! Membagikan kartu! Dan menukar kartu! (Halaman 73)

Chapter yang saya rasa cukup menyentuh sekaligus paling panjang durasi halamannya adalah kisah Spike yang harus terperangkap beberapa hari dari jadwal kepulangan semula di sebuah tempat antah berantah saat mencari seorang buronan bernama Robert McDwell. Hal ini dikarenakan pesawat Jet yang harus menjemputnya masih rusak. Spike juga merasa sudah tidak ada gunanya lagi karena jejak Robert tidak ada sama sekali.

Hingga suatu ketika Spike berjumpa dengan seorang gadis bernama Allison yang terbiasa mengamen dari tempat satu ke tempat yang lain. Ia mengatakan bahwa ia mengetahui keberadaan Robert. Namun ia memberi syarat bahwa ia harus ikut Spike berjumpa dengan Robert. Tak ada pilihan lain, akhirnya Spike mengajak Allison ke kota El Ray sesuai petunjuk Allison. Benarkah Robert ada di sana? Siapakah Allison ini sebenarnya?

Mencari makan dengan menyanyi lagu-lagu yang kusukai. Seperti batu yang berguling. Persis yang dikisahkan lagu ini. (Halaman 160)

Pada jilid kali ini, saya baru mengetahui beberapa hal yang sebelumnya masih tidak jelas. Pertama, setting waktu komik ini adalah masa depan, pada tahun 2070-an. Pada masa itu, planet-planet lain sudah bisa dihuni dan perjalanan antariksa sudah bukan hal yang istimewa lagi. kendaraan pesawat luar angkasa juga bisa dimiliki siapapun, dalam hal ini adalah tim Cowboy Bebop.

Oh iya, para pemburu hadiah dari menangkap buronan ini disebut dengan Cowboy. Hmm agak berbeda makna ya dengan arti cowboy pada masa lalu di daratan Amerika. Nah para cowboy ini biasanya bekerja sendiri, namun ada juga yang berkelompok seperti tim Bebop ini. Anyway, tim ini hanya memiliki Spike, Jet, dan Faye yang bisa dikatakan bertugas lapang. Sedangkan Edo bertugas mencari informasi para buronan.

Pada bagian akhir komik ini ada biodata anggota Bebop mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, tempat lahir, golongan darah, tinggi badan, dan jenis pesawat pribadi. Dari biodata ini sebenarnya sudah agak terlihat karakternya sih. Namun masih saja ada yang misterius misalnya siapa orang tua Spike, bagaimana para anggota Bebop ini bertemu, dan lain sebagainya. Mari tunggu review jilid ketiga ya!

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus