Digimon 02 (Jilid 8)

coverdigimon028

Judul: Digimon 02 (Jilid 8)

Komikus: Hongo Akiyoshi

Penerjemah: Rahmi Vanina K.

Penerbit: m&c!

Jumlah Halaman: 160

Terbit Perdana: Agustus 2002

Kepemilikan: Cetakan Pertama, Agustus 2002

ISBN: –

cooltext-blurb

Courage

Friendship

Sincerity

Knowledge

Love

Miracle

Kindness

Hope

cooltext-review

Setelah kekacauan yang diakibatkan oleh Kaisar Digimon usai, dunia digital kini bagaikan dunia yang baru dilanda bencana hebat. Para anak terpilih yang merasa turut ambil bagian dalam kerusakan akhirnya bertanggungjawab dengan membantu para digimon membangun kembali tempat tinggalnya. Kisah ini dituangkan pada bagian pertama berjudul Berevolusi! Ex V-mon!

Daisuke yang cemburu berat melihat keakraban Hikari dan Takeru menjadi uring-uringan. Selama di dunia digital, ia bermaksud membuat V-mon berdigivolve sehingga bertambah kuat, yang pada akhirnya membuat Hikari berpaling pada dirinya. Kegigihan Daisuke yang diimbangi dengan kejar-kejaran bersama Tortamon yang marah dan Digimon yang tiba-tiba menyerang akhirnya membuahkan hasil.

Kalau aku dalam bahaya, V-mon bisa digivolve dan menolongku. (Halaman 34)

Meninggalkan perubahan V-mon menjadi Ex V-mon, kisah kedua berjudul Digivice Dipengaruhi Dunia Kegelapan justru difokuskan pada mantan Kaisar Digimon yang telah sadar dan kembali ke dunia nyata. Ichijouji Ken yang masih terbaring akibat terlalu lama di dunia digital membuat kedua orang tuanya sedih. Meskipu demikian, Ken masih bisa berpikir dan bahkan sempat bermimpi.

Ken bermimpi tentang mendiang kakaknya, Ichijouji Osamu, yang telah meninggal dunia saat masih kecil. Ia terbayang hari-hari betapa ia sangat membenci kakaknya sendiri karena menganggap orang tuanya lebih memperhatikan Osamu. Hingga suatu ketika kalimat yang Ken lontarkan sendiri terkabul dan membuat sang kakak pergi untuk selamanya. Setelah terbangun, Ken menyadari bahwa ada Arukenimon yang misterius di kamarnya sendiri.

Kematian kakakmu kemalangan tak terduga, tapi jangan membuatmu terguncang. (Halaman 75)

Kisah terakhir berjudul Ankylomon Berarmor kembali menyoroti kehidupan anak terpilih di dunia digital. Iori dan Armadimon yang sedang membantu perbaikan di dalam tanah tiba-tiba diserang oleh Thunderballmon. Ia tidak mengerti mengapa ada digimon yang masih berperangai jahat padahal sang Kaisar Digimon dan menara kegelapan sudah musnah.

Kok menyerang kami, sih? Nggak ada gelang iblis atau gelang iblis spiral, tapi… (Halaman 135)

Disaat terdesak, Armadimon berdigivolve menjadi Ankylomon yang memiliki senjata tajam dan mematikan. Namun tidak sampai disitu saja, anak-anak terpilih lain juga diserang! Tiba-tiba, muncul Stingmon yang merupakan bentuk evolusi dari Wormmon dan menyelamatkan Iori. Wah bagaimana kelanjutannya ya?

Satu hal yang menjadi pertanyaan terbesar saya ketika membaca komik ini adalah ketika Daisuke dan lainnya kembali ke dunia nyata bersama digimon masing-masing, mengapa digimon milik Daisuke, Iori, dan Miyako jadi digimon tipe anak-anak? Padahal disaat yang bersamaan, Hikari dan Takeru tetap bersama Patamon yang tipe remaja dan Tailmon yang merupakan tipe dewasa? Apakah karena Hikari dan Takeru adalah anak terpilih “senior”?

Oh iya, kalau bicara tentang komik ini, saya menyayangkan mengapa tidak ada ISBN sebagai nomor identitas komik. Saya yakin m&c! tidak akan menerbitkan komik bajakan, namun legalitas komik ini jadi terasa kurang karena ketiadaaan nomor tersebut.

Apabila berbicara tentang rasa ketika membaca komik ini, jujur saya akui bahwa masih lebih nikmat menonton anime aslinya. Dahulu saat masih kecil saya selalu terpukau dan antusias ketika menonton Digimon 02 di stasiun televisi swasta. Mungkin karena efek pengisian suara dan backsound sehingga anime terasa greget. Nah karena komik ini adalah versi anime yang istilahnya di-komik-kan, saya merasa jadi agak hambar. Tetapi not bad lah untuk membuat saya nostalgia jaman kecil dulu.

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus