Digimon 02 (Jilid 4)

coverdigimon024

Judul: Digimon 02 (Jilid 4)

Komikus: Hongo Akiyoshi

Penerjemah: Rahmi Vanina K.

Penerbit: m&c!

Jumlah Halaman: 160

Terbit Perdana: Juli 2002

Kepemilikan: Cetakan Pertama, Juli 2002

ISBN: –

cooltext-blurb

Courage

Friendship

Sincerity

Knowledge

Love

Miracle

Kindness

Hope

cooltext-review

Saya adalah anak generasi 90an, yang masih sempat mencicipi tayangan kartun anak-anak di televisi swasta tiap hari minggu, mulai jam enam pagi hingga jam setengah dua belas siang nonstop. Salah satu kartun yang menjadi favorit saya kala itu adalah Digimon. Seri ini dibuka dengan Digimon Adventure, kemudian dilanjutkan dengan season baru Digimon 02 yang merupakan sekuel Digimon Adventure.

Digimon 02 sebenarnya bukanlah anime yang berangkat dari manga atau komik Jepang (setahu saya, cmiiw). Jadi memang sudah ditujukan untuk tayangan televisi. Nah, yang unik adalah dari anime yang sudah tayang dibuat menjadi bentuk komik. Kalau ada istilah novelisasi, mungkin ini bisa saya sebut komikisasi #keplak.

Saya tidak punya edisi perdana karena saya punya komik ini juga dari bonus majalah anak-anak. Satu jilid komik Digimon 02 ini terdiri dari tiga kisah yang masing-masing bisa saya perkirakan mewakili satu episode anime. Kisah pertama berjudul Sang Musuh, Bluemetalgreymon.

Tidak tahu bagaimana awal mulanya, pokoknya cerita ini mengisahkan Yagami Taichi yang sudah dewasa tiba-tiba menerima berita buruk tentang Agumon yang telah ditangkap Kaisar Digimon alias Ken Ichijouji. Bersama dengan Motomiya Daisuke dan V-mon, Hida Iori dan Armadimon, Takaishi Takeru dan Patamon, serta Yagami Hikari dan Tailmon, Taichi masuk ke dunia digital.

Tidak ada gunanya, dia bukan digimon milikmu, tetapi pelayanku! Bluemetalgreymon, tunjukkan kekuatan digimon sempurna! (Halaman 48)

Meskipun sempat membebaskan Agumon dengan mengalahkan Woodmon, ternyata Kaisar Digimon telah menyempurnakan gelang hitam spiral pengontrol digimon sehingga membuat Agumon diluar kendali dan menjadi jahat dengan berubah menjadi Bluemetalgreymon. Tidak seperti gelang biasa yang hanya membuat Agumon berubah menjadi Skullgreymon, gelang ini juga membuat digimon yang diperintah tidak bisa sadar kembali.

Memasuki kisah kedua, kali ini berjudul Lighdramon, Si Petir Biru. Inoue Miyako dan Hawkmon menyusul ke dunia digital bersama dengan Ishida Yamato. Belum juga berhasil menemukan Bluemetalgreymon, mereka dihadang oleh Flymon yang jahat. Beruntung akhirnya Tentomon, digimon milik Izumi Koshiro dapat menemukan Garurumon.

Setelah Garurumon menumpas Flymon. Tiba-tiba, Kaisar Digimon bersama Bluemetalgreymon menyerang anak-anak terpilih tersebut. Dalam keadaan yang terdesak, ada sebuah keajaiban yang mengembalikan Agumon seperti semula. Wah kok bisa ya?

Takeru dan Taichi, mereka lebih bisa diandalkan dari yang aku bayangkan. Meskipun mereka keras, hati mereka pasti lebih sedih dari yang lain. (Halaman 91)

Kisah terakhir adalah Duel di Padang Digimon. Kali ini giliran Takenouchi Sora yang mendapatkan sinyal SOS dari Piyomon. Singkat cerita, Sora, Daisuke, Iori, dan Miyako kembali ke dunia digital untuk melihat apa yang terjadi. Ternyata Piyomon diculik oleh Starmon yang telah dikuasai gelang hitam sehingga menjadi jahat.

Anak-anak bermaksud menolong, namun Starmon lebih gesit sehingga menjebloskan mereka semua ke dalam penjara. Tak disangka, muncul Revolmon yang baik hati ingin menolong mereka semua keluar penjara, ehm ralat. Tidak semuanya yang ingin dia tolong. Bagaimana akhir cerita ini?

Aku hanya ingin bermain kartu dengan anak perempuan. Jadi aku hanya mau menolong yang perempuan! (Halaman 135)

Membaca komik ini bisa saya lakukan dalam waktu kurang dari setengah jam hahaha. Hal ini dikarenakan komik ini full color dan kotak panel tiap gambarnya besar-besar sehingga tidak perlu waktu lama untuk membaca. Apalagi saya sudah menonton versi anime-nya belasan tahun yang lalu. Jadi saya hanya perlu menyegarkan ingatan saja.

Oh iya jika dibandingkan anime, tentu sensasinya berbeda ya. Karena ini komik dibuat dengan mengambil adegan-adegan dalam anime, tentu saja sensasi membacanya jadi kurang greget. Selain itu saya agak sebel dengan kualitas cetakan yang tidak tajam bahkan ada beberapa bagian yang agak blur.

Oh iya yang membuat saya heran, bagaimana mungkin anak terpilih yang kembali ke dunia nyata, digimon mereka ikutan juga. Maksud saya, digimon ini kan bukan organisme yang seperti Pok*mon yang diceritakan sebagai makhluk hidup. Lha ini, makhluk digital menjadi nyata. Bagaimana sistem organ dan DNA nya? Aduh saya males mikir. Yasudah pokoknya komik ini bagus :)

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*