Chick Bill (Jilid 5)

coverchick5

Judul: Chick Bill (Jilid 5)

Sub Judul: Mr. Casy Moto

Judul Asli: L’Intergale Chick Bill 1

Sub Judul Asli: L’Étrange Monsieur Casy-Moto

Komikus: Tibet

Penerjemah: Erawati Heru Wardhani

Penerbit: m&c!

Jumlah Halaman: 128

Terbit Perdana: April 2001

Kepemilikan: Cetakan Pertama, April 2001

ISBN: –

cooltext-blurb

cooltext-review

Chick Bill kali ini melanjutka petualangannya di kota Wood-City yang indah permai (kayaknya). Awal cerita dibuka dengan kebakaran di rumah Sherif Dog Bull akibat asistennya, Kid Ordinn, lupa mematikan kompor dan membiarkan masakan menjadi terbakar dan mengeluarkan asap. Berbondong-bondong seluruh warga kota ingin melihat kejadian itu.

Meskipun kebakaran dapat dicegah karena hanya mengeluarkan asap, Dog masih menyimpan amarah kepada Kid yang lalai itu. Sedangkan Kid yang tidak sadar telah membuat kekacauan ternyata berada di tepi sungai bersama Oon, kodok peliharaannya. Nah disinilah Chick, Dog, Kid, dan Indian Cilik mengalami kejadian aneh yaitu leher Confetti, kuda Chick menjadi sepanjang jerapah.

Orang-orang nggak separuh ibukota mereka meledak, walau dengan alasan untuk menemukan bahan peledak yang membuat mereka mampu menduduki negara tetangga. (Halaman 25)

Pelaku sebenarnya atas kasus Confetti adalah seorang ilmuwan bernama Casimir Motoronov (yang menyamar menjadi Casy Moto) yang berasal dari Casaquerie, sebuah negara kecil di Eropa Tengah. Ia tengah kabur dari kejaran orang Casaquerie karena ia bertanggungjawab dengan meledaknya separuh wilayah ibukota. Nah, ramuan (atau bahan?) untuk membuat peledak ini memiliki efek dapat meningkatkan pertumbuhan sel bagian tubuh makhluk hidup. Hal inilah yang menyerang Confetti karena tidak sengaja dijadikan kuda percobaan oleh Casy.

Boris dan Ygor, dua orang Casaquerie akhirnya menemukan persembunyian Casimir. Sayangnya, kehadiran yang tidak diundang membuat Chick dan kawan-kawan mengejar kedua orang ini hingga ke puncak gunung. Di tengah jalan, mereka kehilangan jejak karena ada beruang. Cara menghalaunya bagaimana? Chick dkk nyanyi lagu naik-naik ke puncak gunung!

Kau sudah gila, ya? Jangan buang waktu lagi! Aku akan kembali ke rumah Casy Moto! Sherif nggak bisa dibiarkan begini terus! (Halaman 47)

Kid yang sakit hati dengan perlakuan Dog yang semena-mena, berlaku nakal dengan memberikan obat pengecil ukuran hasil penemuan Casy dalam minuman Dog. Benar saja, Dog menjadi menyusut bak anak-anak. Chick akhinra turun tangan menuju rumah Casy untuk meminta penawarnya. Sayangnya, Casy sudah diculik Boris dan Ygor!

Kepalang tanggung, akhirnya Chick, Dog, Kid, dan Indian Cilik mengejar hingga negara Casaquerie. Sayangnya, mereka terperangkap di sebuah palka karena diculik kapten kapal licik. Namun karena suatu hal, akhirnya mereka dibebaskan dan diantar oleh Barass Toulda, pedagang dari Casaquerie untuk membebaskan Casy dari Bsar (Raja) Nicolas Coscas. Berhasilkah mereka?

Tongnya kosong! Kaisar mengancam hukuman mati bagi siapa saja yang menampung Chick Bill! (Halaman 94)

Petualangan pada jilid kali ini masih sejenis dengan jilid sebelumnya. Chick Bill dan Indian Cilik yang kalau boleh saya bilang nggak ada kerjaan harus ikut berpetualang karena sebuah alasan “ingin menolong” Dog dan Kid. Mengunjungi negara Casaquerie yang sedang terlibat perang bukanlah pekerjaan mudah. Apalagi mereka bertujuan membebaskan tawanan yaitu Casy Moto.

Kalau berbicara tentang negara Casaquerie ini, saya paham betapa absurd-nya pemilihan istilah yang digunakan Tibet. Mulai dari makanan kegemaran masyarakatnya yaitu kaviar (iya, telur ikan kaviar yang muahal itu), mata uang Roubalrs, dan berbagai bahasa “unik” yang hanya ada di Casaquerie. Oh iya, orang-orang negara ini, khususnya petinggi kerajaan, semua bersifat licik, mulai dari Letnan, Kapten, Kolonel, Jenderal, hingga Raja.

Peperangan yang bertujuan menduduki Sosstartarie, provinsi terkaya di Casaquerie, kok aneh bagi saya. Soalnya si Bsar ini kan raja, pemimpin negara. Bukankah Sosstartarie masuk dalam daerah kekuasaannya? Kenapa pula harus menggunakan bom yang akif saat di air hanya untuk merebut daerah ini? Nonsense.

Dan sebagai penutup, Oon sang kodok ini tidak seperti namanya. Ia justru pintar sekali dan menjadi juru kunci kerusuhan di akhir cerita. Bagaimana mungkin dia sepintar itu. Dan anyway, apakah di Belgium juga populer lagu Naik-Naik ke Puncak Gunung sampai-sampai Chick dkk menyanyikannya? Ah namanya juga komik.

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*