Jakarta Luar Dalem

coverbmjktluar

Judul: Jakarta Luar Dalem

Seri: Kartun Benny & Mice

Kartunis: Benny Rachmadi & Muhammad Misrad

Penerbit: Nalar

Jumlah Halaman: viii + 136

Terbit Perdana: September 2007

Kepemilikan: Cetakan Keenam, Mei 2008

ISBN: 978979269088

cooltext-blurb

komentar dari dunia maya…

“Ahahaha ini favorit gw di kompas minggu!! Sukseslah bikin gw ketawa selaluuu di minggu pagi.” (blu3raindrop) – http://hangtuah1979.multiply.com/photos/album/123

“Yang paling nikmat bagi saya saat bangun tidur di pagi hari Minggu – selain nyruput kopi tubruk sebelum menggosok gigi – adalah membaca kartun di kompas Minggu, yaitu “Benny & Mice”. Cerita2 yg dituangkan dalam kartun ini benar2 lucu dan realistis.” (ermundadji’s blog) – http://ermunazi.blogspot.com/2007/06/kartun-benny-mice-html

“sekarang comic strip fave gw di kompas ya si Benny and Mice itu… lucu banget sih!, gw suka banget cara mereka menyorot keadaan sosial indo… nakal and hillarious” (skinner17) – http://forum.kafegaul.com/showthread.php?t=110977

“yup, favorit gue jg benny n mice (btw, lafal “mice”nya mi ce apa mais?) ini kartun kocak banget, ngeliat panel pembukanya aja udah kocak, selalu ada ilustrasi mereka berdua dalam setting yg berbeda2, dipikir-pikir jangan2 benny n mice ini homo? Abis berdua mulu tapi keliatannya mereka berdua fansnya dian sastro :D” (McBakpao) – http://forum.kafegaul.com/showthread.php?t=110977

“Benny n Mice :D Gue udah suka sama style gambar mereka dari dulu … terkesan jujur dan apa adanya. Ada yang suka baca seri Lagak Jakarta? Ini kudu wajib beli kalo elu ngaku2 sebagai penggemar mereka :D” (RaVeNhEaRt) – http://forum.kafegaul.com/showthread.php?t=110977

“hehe, gw ngumpulin guntingan korannya.. wakaka, kalo lagi pusing lumayan juga, jadi ketawa-ketiwi ndiri..hehehe” (maestro_mr) – http://gamexeon.com/forum/free-chatz/5063-benny-mice.html

cooltext-review

Duo kartunis Benny & Mice hadir kembali dengan buku kumpulan karikatur mereka. Kali ini mereka berdua membukukan berbagai macam karya yang telah diterbitkan sebelumnya melalui harian Kompas Minggu. Karena hanya kumpulan kartun koran, setiap cerita akan langsung tamat dalam satu halaman saja. Sepuluh judul disuguhkan oleh Benny & Mice dalam membagi tiap segmen buku ini.

Saya tidak akan membahas semua tema, namun hanya beberapa saja. Kali ini saya suka dengan tema Teknologi yang menyoroti berbagai macam hal-hal modern khususnya era teknologi yang melanda masyarakat. Salah satunya adalah maraknya virus komputer yang menyerang data-data di komputer pemilik, tak terkecuali komputer Mice.

Komputer gua kena virus, semua data gua ilang!! Tragis… padahal gua gak pernah buka website porno loh…. (Halaman 32)

Tema kedua yang menggelitik saya adalah Kriminal. Selain menampilkan beberapa pelaku kriminal seperti pencuri, pencopet, dan lain-lain, ada pula tindakan pelaku kriminal dalam suatu instansi ketika Benny & Mice hendak mengurus beberapa berkas. Saya pribadi setuju sekali dengan potret oknum yang mengurusi birokrasi di suatu instansi pemerintah sering mengambil pungli kepada masyarakat. #ShameOnYou.

Hehehe.. uang mapnya 10.000 nih.. nanti minta surat pemanggilan di meja sebelah yaa.. (Halaman 72)

Tema selanjutnya yang akan saya berikan cuplikan yang lucu adalah tema Kasihan. Kasihan dalam tema kali ini menyuguhkan berbagai cerita yang sebenarnya memilukan, namun Benny & Mice menampilkannya dengan sense of humor yang menggelikan. Salah satunya adalah ketika Benny & Mice mendengarkan lagu John Lennon yang berjudul Imagine. Ada yang tahu? Ya benar, isinya memang cenderung menyedihkan. Namun Benny & Mice menyelipkan sebuah kalimat penyemangat untuk pembacanya.

Lennon memang cuma seorang pemimpi… tapi dia tidak sendiri… someday… someday… (Halaman 132)

Benny & Mice masih memotret fenomena sosial yang ada di masyarakat. Tidak seperti yang dikerjakan pada seri Lagak Jakarta, Benny & Mice sudah menyuguhkan hal-hal yang bisa diresapi oleh berbagai kalangan masyarakat, baik warga Jakarta ataupun daerah lainnya. Namun demikian, saya masih bisa merasakan kebanyakan kartun di buku ini masih didominasi dari lingkungan asli Jakarta.

Hal ini tidak mengherankan karena kedua kartunis berdomisili di Jakarta. Jadi mungkin Benny & Mice  memiliki keterbatasan menghadirkan situasi daerah lain yang tidak terangkat ke permukaan hingga Jakarta. Padahal apabila beragam fenomena yang disuguhkan, tentu akan menjadi hiburan tersendiri hehehe.

Oh iya, salah satu hal yang cukup mengherankan saya adalah alasan mengapa blurb harus menuliskan pendapat dari dunia maya yang beberapa belum jelas asal-usulnya. Kalau toh ingin memotret pangsa pasar, sebaiknya menghadirkan pendapat orang yang ternama atau minimal jelas keberadaan dan asal-usulnya.

Mengenai gaya gambar, saya suka bagaimana tokoh Benny & Mice di komik digambarkan sangat merakyat. Mereka berdua digambarkan sebagai dua orang yang kadang tidak saling kenal, namun terkadang berteman baik. Yang jelas keduanya digambarkan bersama. Saya suka saya suka. Tunggu review selanjutnya yaa~

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus