Crayon Shinchan Edisi Khusus (Jilid 2)

covershinchanedk2

Judul: Crayon Shinchan Edisi Khusus (Jilid 2)

Sub Judul: Masako Udachi

Komikus: Usui Yoshito

Penerbit: PT. Indorestu Pacific

Jumlah Halaman: 178

Terbit Perdana: 2005

Kepemilikan: Cetakan Pertama, 2005

ISBN: 9789792496086

cooltext-blurb

Buku ini adalah rangkuman dari komik Crayon Shinchan. Diterbitkan bagi penggemar Crayon Shinchan dan Masako Udachi. Agar penggemar Crayon Shinchan dan Masako bisa langsung membaca aksi mereka tanpa harus mencari-cari di buku komik Crayon Shinchan. Selamat membaca dan tersenyum….

cooltext-review

Saya membaca jilid ini sebenarnya agak kecewa, eh salah. Lebih tepatnya kecewa banget. Hal ini dikarenakan saya sudah mengikuti awal mula tokoh Masako Udachi muncul di kehidupan Crayon hingga jilid ke-48. Bahkan saya hanya terlewat satu jilid saja tentang Masako ini (kalau memang di jilid tersebut ada cerita Masako). Jadi saya akan membahas cerita yang tidak ada kaitannya dengan Masako saja ya. Panah Asmara Murid Baru Masako Udachi adalah judul bagian pertama sebagai pembuka jilid edisi khusus ini dengan jumlah tujuh cerita. Saya sudah membaca cerita tentang Masako di bagian ini pada edisi reguler Crayon Shinchan. jadi terasa tidak menarik lagi.

Untung saja ada cerita tentang awal mula Ibu Matsuzaka memperoleh kekasih. Ya benar, Pak Tokuro sang dokter ahli tulang ini ternyata berjumpa dengan Bu Matsuzaka dengan cara yang unik. Semua berawal ketika Bu Matsuzaka berobat ke sebuah klinik tulang di kota sebelah dan ia jatuh hati dengan dokter Toku.

Karena paling akhir, pasti dokter bisa memeriksa lebih lama. Dan kita bisa saling bicara dari hati ke hati.. (Halaman 30)

Di Rumah Sakit Patah Tulang, Sekamar Dengan Ibu Guru Matsuzaka dengan jumlah delapan cerita adalah bagian kedua. Akibat tidak hati-hati menuruni tangga ketika pulang ke rumah, Bu Matsuzaka terjatuh dan harus dirawat di rumah sakit. Karena ada sedikit masalah tulang, akhirnya Dokter Tokuro yang bertugas memantau perkembangan kesehatan Ibu Matsuzaka. Awal yang dirassakan bahagia di rumah sakit ternyata menjadi malapetaka ketika Crayon juga secara tidak sengaja dirawat di rumah sakit yang sama dan di kamar yang sama dengan gurunya itu.

Kalau dipikir-pikir, aku tidak boleh begitu saja percaya pada anak ini, siapa tahu dia salah. (Halaman 45)

Ibu Guru Akeo Masumi, Lepas Kacamata Menjadi Hebat! dengan enam cerita adalah bagian ketiga. Selama Ibu Matsuzaka tidak masuk sekolah, ada seorang guru pengganti bernama Ibu Akeo yang menjadi wali kelas Bunga Mawar. Bu Akeo ini orangnya sangaaaaaat pemalu. Saking pemalunya, beliau menyuruh anak-anak masuk ke kelas saja tidak sanggup. Mengajar di kelas juga kurang maksimal. Namun Crayon yang baru saja masuk sekolah setelah sembuh menemukan hal menakjubkan dari seorang Ibu Akeo.

Kamu tidak boleh begitu, kamu harus mengambil sikap dari sekarang, jangan lari dari masalah! (Halaman 76)

Kisah Kencan Ibu Guru Matsuzaka yang mempunyai tujuh cerita adalah bagian keempat. Kisah kasih Ibu Matsuzaka selepas dari rumah sakit ternyata tidak ikut berhenti sampai disana. Kali ini beliau dan Pak Toku merencanakan kencan di sebuah taman. Namun lagi-lagi rencana kencan romantis harus hancur lebur karena ada Crayon dan kawan-kawan yang sesungguhnya berusaha membantu kelancaran kencan namun justru membuatnya berantakan. Kalau sudah begini, siapa yang bisa disalahkan?

Kencan pertama gagal karena ulah anak-anak dan kali ini harus lancar. (Halaman 109)

Masako Vs Nana! Yang Menjadi Korban Adalah Boneka Kelinci! yang berjumlah delapan cerita adalah bagian selanjutnya. Sayangnya lagi-lagi saya sudah menikmati kisah Masako sehingga saya terhibur dengan cerita saat Masao dijahili tiga orang anak-anak berpenampilan ninja. Beruntungnya (atau apesnya) Crayon yang sedang melintas diminta tolong oleh Masao untuk mengambil komiknya yang dirampas tiga anak nakal tersebut. Crayon yang setia kawan akhirnya menyanggupi permintaan sahabatnya itu.

Biar aku sihir mereka dengan kekuatan ninjaku, nanti! (Halaman 145)

Tour Ke Korea Bersama Penulis Terkenal Usoto Yoshii, Bagaimana Nasib Naskahnya? merupakan bagian terakhir sebagai penutup komik jilid ini dengan komposisi enam cerita. Usoto Yoshii adalah seorang tokoh yang berprofesi sebagai komikus. Komik yang dihasilkannya berjudul Fubukimaru adalah komik yang terkenal dikalangan anak-anak, termasuk Crayon dan Masao. Suatu ketika penerbit Fubukimaru mengadakan undian berhadiah jalan-jalan ke Korea bersama Usoto Yoshii untuk para pencinta komik tersebut. Dan benar saja, Crayon dan Masao turut terpilih dalam perjalanan itu. Wah kira-kira kejadian unik apa yang menanti Pak Yoshii yang kebetulan sedang dikejar-kejar deadline naskah baru itu?

Bukan waktunya untuk menangis!! Aku orang yang profesional!! Dalam situasi seperti ini, harus bersemangat! (Halaman 171)

Sayang sekali saya harus mengakui jilid ini sangat tidak bisa memuaskan saya tentang Masako Udachi. Maksudnya saya berharap memang ada cerita tentang Masako yang saya lewatkan di edisi reguler dan saya bisa mendapatkan cerita itu di jilid ini. Sayangnya, semua (iya, semua!) cerita yang ada Masako sudah saya baca. Jadi yaa saya mencari pelarian cerita lain. Untung saja ada kisah kasih antara Bu Matsuzaka dan Pak Tokuro sejak awal bertemu hingga perpisahan Pak Toku ke Afrika.

Meskipun seperempat cerita antara Pak Toku dan Ibu Matsuzaka sudah saya baca sebelumnya, setidaknya saya jadi tahu bagaimana awal mupa pertemuan dan perkenalan mereka. Bahkan munculnya tokoh Ibu Akeo juga bisa saya ketahui berkat cerita ini. Saya jadi berpikir, seharusnya jilid kali ini bukan berjudul Masako Udachi, melainkan Ume Matsuzaka. Karena mengingat porsi cerita Masako yang tidak sebanyak cerita Bu Matsuzaka.

Oh iya pada bagian terakhir ada tokoh seorang komikus bernama Usoto Yoshii. Sadar nggak kalau nama tokoh itu merupakan anagram dari komikus komik Crayon Shinchan ini? Yak benar Usoto Yoshii jika ditulis dengan susunan huruf yang berbeda akan menghasilkan Usui Yoshito. Cukup menarik juga ya ternyata. Saya jadi penasaran apakah Usui-san mirip dengan Usoto di komik ini.

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*