Crayon Shinchan Edisi Khusus (Jilid 1)

covershinchanedk1

Judul: Crayon Shinchan Edisi Khusus (Jilid 1)

Sub Judul: Kakek Ginosuke

Komikus: Usui Yoshito

Penerbit: PT. Indorestu Pacific

Jumlah Halaman: 175

Terbit Perdana: 2005

Kepemilikan: Cetakan Pertama, 2005

ISBN: 9792496068

cooltext-blurb

Buku ini adalah rangkuman dari komik Crayon Shinchan. Diterbitkan bagi penggemar Crayon Shinchan dan kakek Ginosuke. Agar penggemar Crayon Shinchan dan kakek Gin bisa langsung membaca aksi mereka tanpa harus mencari-cari di buku komik Crayon Shinchan. Selamat membaca dan tersenyum….

cooltext-review

Sebenarnya saya agak malu sih meresensi komik ini. Hal itu dikarenakan komik reguler Crayon Shinchan belum sempat saya resensi sampai taamat. Tapi ya apa mau dikata, terbitnya komik reguler sangat tidak bisa diprediksi. Akibatnya saya jadi kehilangan jejak dan mulai membeli edisi khusus ini sebagai obat kangen. Seperti yang tertuang pada blurb diatas, saya berasumsi isi komik ini 100% tentang kakek Ginosuke. Atau paling tidak setiap kisah ada Kakek Gin. Ternyata saya salah.

Komik ini terdiri dari tujuh bagian. Yang pertama adalah bagian berjudul Kakek Gin Datang! Muka & Karakternya Sama Persis Denganku yang terdiri atas tujuh cerita. Saya suka cerita ketika Kakek Gin berkunjung (sekaligus menginap) di rumah Nohara karena kangen dengan Crayon. Malam harinya, Crayon disuruh Misae mengecek air panas apakah sudah siap di bak mandi karena akan digunakan kakek. Alih-alih menuruti perintah, Crayon justru melimpahkannya kepada kakek Gin sehingga berbuah benjolan berlapis di kepalanya.

Kamu juga ikut mandi saja, dengan kepalamu yang seperti itu jadi tidak bisa dicuci ya! (Halaman 10)

Bagian kedua berjudul Wah…. Senangnya Makan Diluar!! Ada Sushi Dan Steak yang memiliki lima cerita. Salah satu yang membuat saya terhibur adalah kisah tentang Hiroshi yang ingin mewujudkan keinginannya sepulang kerja. Impiannya mulai dari mandi berendam dengan nikmat, menggunakan sabun aroma untuk air panas, dan bersantai hingga ngantuk. Tak disangka, sesampainya dirumah ternyata bak mandi masih belum disiapkan. Tidak hanya itu, ternyata sabun aroma yang akan digunakan telah habis. hal ini menjadi cikal bakal runtuhnya impian yang Hiroshi nantikan.

Kenapa di toko dekat sini tidak ada, aku sampai harus ke toko di kota sebelah. (Halaman 34)

Kakek Gin Kabur Dari Rumah yang berjumlah tujuh cerita adalah bagian ketiga. Seperti judul bagiannya, cerita pembuka bagian ini adalah tentang Kakek Gin yang kabur dari rumah karena bertengkar dengan Nenek, sehingga menumpang menginap di rumah Hiroshi. Namun, saya justru menyukai cerita tentang Misae yang menyuruh Crayon membereskan kipas angin karena sudah memasuki musim dingin. Crayon berkata seolah kipas itu adalah benda hidup dan tak ingin berpisah meski hanya beberapa bulan.

Saya sedih karena saya sering memperhatikannya, sering memberinya makan. (Halaman 69)

Bagian keempat adalah Belanja Yang Kacau! Disuruh Mama Beli Daging yang mempunyai tujuh cerita sebagai penyusun bagian ini. Tidak seperti judul bagiannya, sayatergelak dengan kisah ketika Misae menyuruh Crayon mencuci piring. Dan seperti anak-anak pada umumnya yang sangat malas membantu mamanya, Crayon juga mengungkapkan keengganannya membantu sang mama. Namun berkat kata-kata tipu muslihat Misae, Crayon bersedia membantu. Meskipun pada akhirnya terjadi hal yang merugikan makan malam mereka sekeluarga.

Membantu itu siapa saja boleh, lelaki maupun perempuan. Nanti kamu juga yang pandai. (Halaman 78)

Lagi-lagi cerita tentang Kakek Ginosuke dituangkan dalam bagian Kakek Dari Akita Tidak Ada Kerjaan, Jadi Datang Menengok Cucu dengan jumlah enam buah kisah. Ternyata Kakek Gin memiliki kebiasaan yang aneh dan unik ketika akan berkunjung ke rumah Misae. Kali ini beliau mengirimkan surat pemberitahuan akan mengunjungi Crayon sekeluarga. Lucunya, ketika Misae baru saja menerima surat tersebut dari tukang pos, Kakek sudah berada di dalam rumah sambil menikmati buah jeruk.

Papa, kenapa datang lebih dahulu daripada suratnya? Nanti kan bisa saya jemput. (Halaman 106)

Hari Minggu Hiroshi Yang Suram! Memangkas Rumput & Bikin Rak! adalah bagian selanjutnya dengan jumlah lima cerita. Yang saya sukai adalah kisah ketika Hiroshi harus membawa Putih pergi vaksinasi bersama Crayon dikarenakan Misae sedang berhalangan keluar rumah. Putih yang merasa hanya akan diajak jalan-jalan biasa tidak bisa melarikan diri ketika tersadar tujuan akhirnya saat berada ditengah perjalanan. Namun bukan Putih namanya kalau tidak cerdik. Ia berhasil lolos dari pengawasan dan kabur dari rumah sakit. Namun akhir kisahnya justru berakhir menggelikan.

Dari jauh ada hembusan bau, mengingatkan dia pada kenangan masa lalu yang menyeramkan. (Halaman 136)

Bagian terakhir sebagai penutup komik edisi perdana cerita khusus ini memiliki judul Mau Pulang Ke Akita Atau Tetap Disini? Kakek Gin Mau Tinggal Disini Sampai Kapan? yang berjumlah lima cerita. Seperti judulnya, bagian ini sebagian besar berkisah tentang keseharian Kakek Gin yang masih menumpang di rumah keluarga Nohara. Kali ini ia yang ingin tidur siang justru tertantang bermain petak umpet bersama Crayon. Alih-alih bersembunyi di dalam rumah, Crayon justru memilih bersembunyi di luar. Bahkan ia harus berjalan kemana-mana karena berbagai hal. Sedangkan Kakek? Tetap berusaha dengan keras menemukan Crayon di setiap sudut rumah. Kira-kira bagaimana akhirnya ya?

Satu menit! Aku akan menemukanmu! Ingat dalam satu menit! (Halaman 160)

Membaca Crayon Shinchan edisi khusus seperti ini sebenarnya da baik dan buruknya. Yang baiknya adalah, saya seperti membaca berjilid-jilid komik Crayon Shinchan reguler dalam satu buku. Karena edisi khusus kali ini mengusung judul Kakek Ginosuke, maka tidak heran dari awal cerita hingga kisah yang terakhir buanyak sekali tokoh Kakek Gin yang berperan.

Saya sebenarnya tidak menggemari sekali tokoh kakeknya Crayon ini. Namun membaca sifat dan karakter yang sama dengan Crayon ini membuat saya geleng-geleng kepala. Tapi justru hal itu menjadi sebuah hal yang lucu dan hiburan tersendiri dalam setiap kisahnya. Apalagi sepertinya semua cerita Kakek Gin dari jilid pertama hingga terbaru ada semua di komik ini.

Nah, bagian buruknya adalah blurb yang sangat-sangat menipu. Kalimat yang tertulis “Agar penggemar Crayon Shinchan dan kakek Gin bisa langsung membaca aksi mereka tanpa harus mencari-cari di buku komik Crayon Shinchan” membuat saya berpikir buku ini isinya tentang Kakek Gin, saja, tanpa ada yang lain. Namun ternyata, Kakek Gin hanya menghiasi beberapa kisah di awal tiap bagian. Sisanya adalah cerita lain yang tidak ada Kakek Gin.

Hal tersebut membuat komik ini hanyalah komik reguler Crayon Shinchan yang berbeda sampul dan susunan kisah yang acak. Agak tertipu juga yah sebenarnya. Kemudian yang saya sayangkan juga adalah tidak adanya sumber jilid keberapa suatu kisah tersebut berada. Padahal kan bisa sekalian mencari tahu jilid mana yang belum saya baca. Siapa tahu saya bisa melengkapi jilid yang lain, bukan? Semoga jilid berikutnya ada perbaikan yang berarti.

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus