Crayon Shinchan (Jilid 46)

covershinchan46

Judul: Crayon Shinchan (Jilid 46)

Komikus: Usui Yoshito

Penerbit: PT. Indorestu Pacific

Jumlah Halaman: 122

Terbit Perdana: 2005

Kepemilikan: Cetakan Pertama, 2005

ISBN: 9789792496123

cooltext-blurb

Crayon Shinchan adalah seorang anak TK berusia 5 tahun yang sangat nakal dan konyol. Kenakalannya melebihi anak-anak seusianya, sehingga sering membuat masalah pada orang-orang disekitarnya termasuk keluarga, guru, dan teman-temannya. Bagi para penggemar komik, Crayon Shinchan sangat pas untuk melengkapi koleksi. Jangan sampai ketinggalan untuk mengikuti kisah-kisahnya yang jenaka pada buku ini dan pada seri-seri berikutnya.

cooltext-review

Nama Ibu Shiro adalah Bourusichi!! Shiro Masih Ingat Tidak Ya?! adalah judul bagian pertama jilid ke-46 ini. Tidak seperti biasanya, anjing Crayon yang biasa dipanggil Putih, kali ini dipanggil dengan Shiro, sesuai dengan nama asli di Jepang sana. Cerita ini mengisahkan tentang awal mula Shiro bisa dibuang dan ditemukan Crayon dan kawan-kawan seperti tercantum di jilid pertama. Ternyata, Shiro ini adalah anak dari induk anjing bernama Borusichi yang dimiliki gadis kecil bernama Run. Karena sang ayah ternyata mengidap alergi pada bulu anjing, akhirnya Borusichi dimasukkan tempat penampungan hewan dan Shiro harus dibuang.

Maaf ya, Borusichi, aku tidak bisa menolongmu dan anakmu.. maaf ya.. (Halaman 7)

Diakhir kisah ada sebuah halaman yang berjudul Kumpulan cerita tentang Shiro yang berisi beberapa rangkuman cerita tentang Shiro di berbagai jilid yang telah lalu. Lanjut ke bagian kedua adalah Kembali ke Masa Lalu! Reuni Memang Asyik!! dengan tiga cerita. Kali ini, Hiroshi hendak menghadiri reuni SMP di Akita, kampung halamannya. Crayon diajak serta dan meninggalkan Misae dan Hima. Ditengah reuni, Hiroshi bertemu dengan Umi, wanita yang dulu ia “tembak” namun ditolak karena ingin belajar ujian. Nostalgia yang manis dan menyesakkan dada kembali dihadirkan Usui-san dalam cerita kali ini.

Suaminya selingkuh dan punya hutang besar, jadi Umichan sekarang membesarkan 2 anaknya sendirian. (Halaman 17)

Bagian ketiga adalah lanjutan tema besar yaitu Kisah Cinta Ibu Matsuzaka dan Pak Tokuro… Semakin Rumit! dengan empat cerita sebagai penyusunnya. Kali ini dikarenakan konflik antara Matsuzaka dan Tokuro tidak kunjung usai, ibunda Matsuzaka akhirnya menjodohkan anak gadisnya dengan Hiruto Ropponggi, seorang eksekutif muda yang bisnisnya cukup terkenal. Tak tanggung-tanggung, Ropponggi langsung mendatangi TK Aksi setelah melihat wajah Matsuzaka dalam foto dengan niat ingin segera melamarnya. Namun kali ini ia hanya mengajak Matsuzaka berkencan sebelum akhirnya melamar agar bisa saling mengenal. Waduh!

Aku terkesan sekali melihat gayamu melindungi anak-anak! Ume, aku ingin menikah denganmu! Malam ini kita kencan ya! (Halaman 36)

Kisah Cinta Ibu Matsuzaka Dan Pak Tokuro! Kalau Begini, Jalani Saja!! terdiri dari tiga cerita adalah bagian keempat. Kehidupan Matsuzaka dan Tokuro semakin berlanjut. tak disangka, dalam kencan perdana Matsuzaka dan Ropponggi, mereka berjumpa dengan Tokuro dan Orie, gadis cantik yang menimbulkan salah paham. Tentu saja hal ini menghadirkan cekcok antara Tokuro dan Matsuzaka. Bahkan keduanya saling membuat “panas” dengan berlaku mesra dengan teman yang menemaninya ke restoran itu. Sampai akhirnya tercetuslah keputusan diantara keduanya (yang kemudian masih bersambung)..

Hm, orang ini lucu, mungkin tidak akan bosan bersamanya. (Halaman 52)

Setiap Hari Ada Saja Kejadian! Tapi Aku Bahagia Kok! dengan jumlah empat kisah adalah bagian selanjutnya. Berisi cerita-cerita casual salah satunya adalah keluarga Nohara dan bibi tetangga yang diundang pesta ke rumah Hiraishe. Awalnya Hiroshi tidak mau pergi kemana-mana karena hari libur. Sayangnya, niat ingin santai-santai itu harus hancur lebur dalam sekejap dikarenakan “amunisi” yang dibawa Tante Hiraishe.

Papa kalah dalam 13 detik. Kalah oleh jurus kaki kiri Tante Hiraishe. (Halaman 70)

Komik Extra Crayon Shinchan dengan dua cerita adalah bagian selanjutnya. Saya suka cerita pertama berjudul Raja Penghisap Tulang Born King yang mengisahkan seorang(?) iblis penghisap tulang manusia. Awalnya ia sudah mati karena tebasan di leher. Namun karena formula yang bisa menghidupkannya kembali telah ditemukan, ia mencari orang-orang yang bisa dijadikan pengikut untuk menguasai dunia dengan menghisap tulang orang lain. Sayangnya cerita ini (lagi-lagi) harus bersambung ke jilid berikutnya.

Enak kan! Kalau kau sudah mencoba, tidak akan bisa berhenti! Sekarang kau telah jadi roh penghisap tulang! (Halaman 87)

Ultra Baby Himawari!! Saya Selalu Nomor Satu Dong! adalah bagian penutup dengan jumlah sembilan kisah. Salah satu kisah yang ada adalah ketika Misae hendak berbelanja kebutuhan dapur yang ternyata sudah menipis. Entah kenapa, ia berinisiatif berbelanja bersama Hima dengan mengendarai mobil. Tentu saja berkendara dengan bayi yang sangat aktif dan nakal seperti Hima bukanlah hal yang baik. Sampai-sampai Hima menghalangi pandangan Misae dengan bermain di depan setir yang hampiiir saja membuat mereka berdua meregang nyawa.

Anak nakal! Kita bisa mati tahu! Jangan pura-pura tidur! (Halaman 109)

Pada jilid kali ini, ada hal yang sedikit berbeda. Ada selembar kertas tebal (lebih tebal dibandingkan kertas untuk komik) yang dijild jadi satu setelah kisah Shiro yang pertama tadi. Lembar ini ada tulisan di satu sisi yaitu tebak-tebakan berjumlah sembilan pertanyaan dan sisi baliknya adalah kunci jawaban yang cara membacanya harus dihadapkan ke cermin terlebih dahulu. Saya sebenarnya terima-terima aja sih. Tetapi ini apa ya? Bonus sisipan kah? Ekstra halaman kah? Agak nggak berguna aja sih, emngingat semua pertanyaannya tidak ada hubungannya dengan Crayon Shinchan sama sekali.

Nah, yang saya tunggu-tunggu adalah Kuis Crayon Shinchan yang Lumayan Sulit yang terbagi atas Part 16 dan Part 17. Kali ini pertanyaannya memang sangat berkaitan dengan komik Crayon Shinchan. Jadi pencantumannya tidak sia-sia belaka. Apalagi semakin kesini pertanyaan tentang tokoh yang dijadikan kuis berkaitan langsung dengan jilid komik yang sedang dibaca. Jadi terasa lebih menantang gitu.

Yang saya tidak sukai adalah bersambungnya cerita spesial. Sebenarnya kalau yang bersambung adalah cerita bertema besar seperti Apartemen Matazure, olahraga kendo, Pak Atsu, dan Musae seperti jilid sebelumnya, saya sangat terima. Hal ini dikarenakan penyelesaian konflik mereka tidak bisa diselesaikan dalam satu jilid. Tetapi berbeda dengan cerita spesial yang sebenarnya nggak penting jika dibuat bersambung. Lebih baik langsung tamatkan saja sehingga jilid berikutnya bisa lebih banyak menceritakan tema besar yang diusung. Begitu saja ya komentar saya untuk jilid kali ini…

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus