Crayon Shinchan (Jilid 45)

covershinchan45

Judul: Crayon Shinchan (Jilid 45)

Komikus: Usui Yoshito

Penerbit: PT. Indorestu Pacific

Jumlah Halaman: 122

Terbit Perdana: 2005

Kepemilikan: Cetakan Pertama, 2005

ISBN: 9789792496109

cooltext-blurb

Crayon Shinchan adalah seorang anak TK berusia 5 tahun yang sangat nakal dan konyol. Kenakalannya melebihi anak-anak seusianya, sehingga sering membuat masalah pada orang-orang disekitarnya termasuk keluarga, guru, dan teman-temannya. Bagi para penggemar komik, Crayon Shinchan sangat pas untuk melengkapi koleksi. Jangan sampai ketinggalan untuk mengikuti kisah-kisahnya yang jenaka pada buku ini dan pada seri-seri berikutnya.

cooltext-review

Jilid kali ini dibuka dengan satu bagian berjudul Ada Murid Sementara Untuk 1 Minggu!! Mampukah Dia Mengatasi Shinchan?! yang hanya memiliki satu cerita. TK Aksi kedatangan seorang murid pindahan. Yang berbeda dengan murid pindahan pada umumnya, anak bernama Show ini hanya bersekolah selama satu minggu dikarenakan pekerjaan ayahnya yang sering berpindah-pindah. Show sebagai anak yang telah kehilangan sosok ibu hanya bisa disekolahkan ayahnya agar Show tidak kesepian. Sayangnya, Show tumbuh menjadi anak yang nakal dan selalu menantang berkelahi anak di sekolah. Kali ini musuhnya adalah Crayon.

Cepat sekali! Dia tidak jatuh oleh pukulanku! Baru kali ini aku bertemu anak seperti ini! (Halaman 8)

Saya Ini Anak 5 Tahun yang Berbakat… Ada Masalah Apa?! dengan empat cerita merupakan bagian kedua. Saya terharu dengan kisah ketika Kazama dan mamanya pergi ke Perth di benua Australia untuk mengunjungi papanya Kazama. Hal yang sangat tidak diduga Kazama ternyata tururt terjadi, yaitu seluruh keluarga Nohara juga berlibur ke Perth, menginap di hotel persis di samping rumah papa Kazama, dan bertemu di restoran juga tempat wisata. Padahal, Kazama yang sudah lama menantikan perjumpaan dengan papanya hanya ingin bisa menghabiskan waktu berdua saja. Wah kira-kira bisa terlaksana tidak ya keinginan Kazama dalam waktu yang singkat itu?

Padahal, saya hanya ingin bersama Papa saja. (Halaman 23)

Ibu Matsuzaka dan Tokuro, Perjalanan Cintanya Melewati Gunung dan Bukit!! sebagain bagian ketiga ini memiliki empat cerita sebagai pembukaan. Benar sekali, problematika antara Ibu Matsuzaka dan kekasihnya, Kyoda Tokuro si dokter tulang menjadi tema besar cerita yang tidak hanya selesai dalam satu jilid saja. Kali ini Tokuro sudah pulang ke Jepang dan keluar bersama Bu Matsuzaka. Sayangnya, kencan kali ini tidak berlangsung lancar bahkan menimbulkan konflik yang berkepanjangan dan mengganggu aktivitas Tokuro dan Ibu Matsuzaka.

Tokuro tolol! Kau ini seumur hidup hanya mengejar tulang belulang saja! (Halaman 38)

Ini Juga, Itu Juga… Kumpulan Kisah Keluarga Shinchan!! dengan empat cerita ini sangat unik. Mengisahkan saat Crayon masih berusia balita dan keluarga Nohara masih menempati rumah yang reyot dan usang. Oleh karena itu, Misae menyarankan agar membeli rumah baru agar tidak sempit dan Crayon bebas bermain. Hiroshi akhirnya bersedia meskipun ketika membeli rumah maka ia akan terlilit cicilan pelunasan rumah selama bertahun-tahun. Apalagi ketika mereka bertiga berkeliling mencari calon rumah, ada cerita yang menggelikan.

Hm, orang ini tidak niat beli! Sepertinya tak punya uang, aku tak perlu menemaninya! (Halaman 55)

Kumpulan Kisah Keluarga Shinchan! Walau Selalu Bertengkar, Tapi Semakin Rukun!! dengan jumlah lima kisah adalah bagian selanjutnya. Bagian yang berisi cerita sehari-hari ini salah satunya adalah ketika Ten Dong Chan, artis dari Korea yang disukai Misae mengunjungi Jepang. Ia dan ibu-ibu yang sempat bertemu ketika tur lokasi syuting “Winter Todana” beberapa waktu yang lalu terlibat adu mulut dengan penggemar garis keras Ten Dong. Untung saja berkat sepatah kalimat dari Crayon, amukan massa yang terdiri atas ibu-ibu itu sempat diselesaikan dengan damai.

Pokoknya, orang yang mengganggu Ten Dong harus pergi!! (Halaman 79)

Edisi Ekstra Paling Populer!! Shinnosuke Nupan 4 dan Shinchan Pensil merupakan bagian keenam dengan dua cerita spesial. Saya tentu saja akan menyukai cerita kedua berjudul Crayon Shinchan Pensil – Shinchan dan Pabrik Chocobi. Kali ini, Crayon yang sudah duduk di bangku SD sedang mengikuti tur sekolah ke pabrik biskuit. Di pabrik ini ada berbagai macam biskuit yang diproduksi, termasuk biskuit chocobi kesukaan Crayon. Bukan Crayon namanya jika tidak membuat kekacauan. Namun kali ini kekacauan dan kejahilan yang Crayon lakukan tidak terlalu parah. Saya suka dengan karakter Crayon yang sedikit lebih dewasa dibandingkan Crayon versi TK.

Di pabrik ini tidak diharuskan pegawai cantik! Itu namanya dikriminasi! (Halaman 105)

Ultra Baby Himawari!! Short-Short Diary!! adalah bagian terakhir dengan komposisi empat cerita. Seperti biasa, Hima kali ini menjadi dalang berbagai kekacauan yang terjadi di dalam rumah ataupun diluar rumah. Salah satunya adalah ketika Hiroshi ingin membeli saham agar mendapat uang banyak, Misae percaya bahwa Hima bisa meramal keberuntungan karena secara tidak sengaja Hima bisa menebak nomor undian lotere di koran. Akhirnya tanpa ragu Hiroshi dan Misae pun meminta Hima mencari perusahaan yang berpotensi menghasilkan uang berlimpah.

Berarti Hima adalah “Lucky Girl” ayo kita minta dia yang pilih! (Halaman 115)

Setelah meninggalkan hidup Musae yang kluntang-klantung tak tentu arah, jilid kali ini ternyata mengusung tema besar kepulangan Tokuro dan keberlanjutan kisah asmaranya dengan Ibu Matsuzaka. Bukannya rukun dan bersuka cita merayakan pertemuan setelah berbulan-bulan harus LDR (Long Distance Relationship), mereka berdua harus terlibat cekcok yang cukup menyita perhatian. Disisi lain, ada seorang gadis yang saya rasa sangat tidak tahu diri dalam bertingkah laku di depan Tokuro. Sampai-sampai akhirnya muncul skandal yang menghebohkan. Penasaran sekali dengan keberlanjutan kisah ini.

Oh iya, jangan lupakan juga Kuis Crayon Shinchan yang Lumayan Sulit yang terbagi atas Part 14 dan Part 15. Semakin kesini, kuis ini cukup bikin memori otak bekerja agar bisa menebak dengan benar. Tapi saya cepet nyerah sih, kalau lupa ya langsung buka kunci jawaban hahaha. Oh iya, ada juga Crayon Shinchan 4 Frame yang kali ini hanya memuat lima cerita (sangat) pendek, tdak seperti sebelumnya yang ada tujuh cerita.

Yang membuat saya mengernyit bingung adalah judul bagian keenam yang menyebut “Nupan” alih-alih menyebut “Lupan” seperti jilid detektif Crayon sebelumnya. Kalau salah ketik kok ya jauh antara L dengan N. Jadi sebenarnya Lupan atau Nupan? Kemudian ada lagi reaksi bapak pegawai pabrik biskuit yang saya tuliskan kutipannya diatas, kok saya rasa overreacted ya. padahal Crayon dan Masao tidak menyinggung kecantikan karyawan selalu diutamakan pabrik atau tidak. Tapi responnya kok begitu banget, pakai ada tanda seru lagi, kan kesannya marah-marah. Sudah ah, lanjut baca jilid selanjutnya saja..

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus