Crayon Shinchan (Jilid 42)

covershinchan42

Judul: Crayon Shinchan (Jilid 42)

Komikus: Usui Yoshito

Penerbit: PT. Indorestu Pacific

Jumlah Halaman: 122

Terbit Perdana: 2005

Kepemilikan: Cetakan Pertama, 2005

ISBN: 9792496025

cooltext-blurb

Crayon Shinchan adalah seorang anak TK berusia 5 tahun yang sangat nakal dan konyol. Kenakalannya melebihi anak-anak seusianya, sehingga sering membuat masalah pada orang-orang disekitarnya termasuk keluarga, guru, dan teman-temannya. Bagi para penggemar komik, Crayon Shinchan sangat pas untuk melengkapi koleksi. Jangan sampai ketinggalan untuk mengikuti kisah-kisahnya yang jenaka pada buku ini dan pada seri-seri berikutnya.

cooltext-review

Bye Bye!! Fire…!! Pak Guru Atsukurushi Come Back! dengan empat cerita merupakan bagian pembuka di jilid ke-42 kali ini. Akhirnya akhir dari kisah Pak Atsu yang mengajar di TK Aksi berada di jilid ini. Cerita diawali dengan Nana yang sudah masuk sekolah dikarenakan tersentuh dengan perjuangan Pak Atsu yang mengatasi phobia-nya. Selama di TK, Nana menunjukkan gerak-gerik yang mencurigakan di hadapan Pak Atsu. Namun demikian, lomba lompat tali akhirnya dimenangkan kelas Bunga Matahari. Lantas bagaimana detik-detik perpisahan dengan Pak Atsukurushi ya?

Sekarang, latihan terakhir!! Saya menjadi kelinci dan akan memeluk Pak Guru, jangan lari ya. (Halaman 7)

Spesial 15 Tahun!! Hari-Hariku Masih Seperti Biasa Loh… dengan jumlah tujuh cerita merupakan bagian selanjutnya. Semua cerita dibagian ini adalah cerita sehari-hari saja. Yang saya sukai adalah ketika Hiroshi dan Crayon mampir ke kedai yakitori karena Misae dan Hima pergi berbelanja. Penjual yakitori tersebut akhirnya bersedia menceritakan pengalaman hidupnya yang meninggalkan restoran hotel bintang lama sebelum akhirnya banting setir menjual yakitori. Jujur, cerita ini sangat inspiratif lho.

Copot dari kelopaknya?! Jadi mata Om sekarang ini pakai mata ikan?! (Halaman 34)

Bagian ketiga adalah Omata, Selamat Menempuh Hidup Baru! Tapi Tetap Saja Ada Kasus Lagi!! dengan jumlah empat kisah. Kali ini, seluruh penghuni Apartemen Matazure pergi ke Republik Morodashi untuk menghadiri pernikahan Omata, salah satu penghuni apartemen. Meskipun Yaku, Oda, dan Nigariya tidak bisa ikut serta, perjalanan ke negara penghasil emas nomor satu sedunia ini sungguh mendebarkan. Bagaimana tidak, baru saja mereka sampai, seantero negeri dihebohkan dengan kasus penculikan Omata dan (pastinya) Crayon oleh orang jahat yang mengincar kekayaan.

Kalau kau ingin pangeran kembali dalam keadaan hidup, siapkan 1 milyar dollar Morodashi dan transfer ke rekening yang akan saya beritahu. (Halaman 62)

Edisi Extra 1! Petualangan Buriburi Zaemon yang Lemah Terhadap Harta dan Wanita Cantik dengan dua cerita spesial merupakan bagian lanjutannya. Saya suka dengan cerita pertama berjudul Harta Karun Pakaian Dalam Panda yang mengisahkan Crayon dan Buriburi Zaemon membantu seorang(?) panda mencari ibunya di sebuah kampung panda. Tak dinyana, karena dianggap sebagai orang yang tidak mau membayar “pajak” kepada preman kampung tersebut, Crayon dan si Panda (iya, Buriburi Zaemon kabur duluan) harus dipukuli dan tidak bisa melarikan diri. Lantas bagaimana akhir perjalanan mereka?

Besok panda-panda kita jual ke tukang kulit binatang saja. (Halaman 80)

Edisi Extra 2! Populer! Lihatlah Kehidupan Saya sebagai Anak SD dengan dua cerita adalah bagian selanjutnya. (Shinchan Pencil 6) “Pelajaran Tentang Hidup” sebagai cerita pertama lagi-lagi sukses merebut perhatian saya dibandingkan cerita kedua. Soalnya saya tidak bisa hilang minat dengan kehidupan Crayon yang (seolah-olah) sudah menjadi anak SD. Kali ini, Crayon secara tidak sengaja menyelamatkan teman sekelasnya, Chiho, dari gangguan anak nakal. Hal ini membuat Chiho suka dengan Crayon. Padahal Crayon sama sekali tidak memahami apa yang diucapkan Chiho. Waduh, Crayon kali ini sangat tidak peka ya sebagai laki-laki *uhuk.

Tadi kau menyelamatkan saya dari Ijime, saya sangat tidak tahan terhadap kodok. (Halaman 99)

Bagian terakhir kali ini berjudul Edisi Tambahan! Kekuatan Aneh Himawari Masih Belum Hilang Loh…!! dengan jumlah lima cerita yang semuanya mengisahkan tentang Himawari dan segala keusilannya. Salah satunya adalah kebiasaan Hima yang menjilati pantat mainan Crayon, yaitu boneka Shirimarudashi. Oleh karena itu, Crayon bermaksud mengolesi pantat bonekanya itu dengan wasabi yang sangat tidak disukai Hima (ya iyalah ya) agar ia tidak menjilati lagi. sayangnya, niat Crayon harus teralihkan oleh sashimi yang ada di kulkas dan berakhir dengan pukulan Misae. Hima bagaimana dong? Sudah jelas lah ya..

Tapi, bagaimana caranya supaya Himawari tidak menjilat pantat monster ini lagi ya. (Halaman 115)

Komik jilid ini membuat saya terharu. Tentu saja karena cerita mengenai Pak Atsu. Saya terharu dengan perjuangan beliau menghadapi ketakutan demi membuat Nana masuk sekolah lagi. saya suka dengan kedekatannya dengan anak-anak meskipun hanya sekejap menggantikan Ibu Yoshinaga. Saya juga trenyuh dengan kemauan keras anak-anak agar Pak Atsu tetap mengajar di TK. Bahkan ending kisah Pak Atsu juga sangat sangat mellow sekaligus nyesek huhuhu.

Eits, ada juga Kuis Crayon Shinchan yang Lumayan Sulit yang terbagi atas Part 8 dan Part 9. Saya suka sekali di jilid kali ini ada dua kuis. Setelah jilid yang lalu hanya ada satu part, hadirnya dua part kuis di jilid ke-42 membuat saya bisa sedikit bernostalgia. Bahkan ada satu pertanyaan tentan Pak ATsu loh. yah jadi mellow lagi deh huhuhu. Tetapi saya sangat menyukai konsep jawabannya yang mencantumkan ada di jilid nomor berapa jawaban itu bisa diperoleh dengan lengkap.

Crayon Shinchan 4 Frame yang memuat tujuh cerita (sangat) pendek juga tetap tidak ketinggalan. Sepertinya hal ini akan menjadi menu tetap komik Crayon Shinchan. Sebagai selingan menuju bagian selanjutnya, empat frame ini juga cukup menarik kok. Sudah ah begini saja. saya masih belum bisa berhenti mellow dengan hengkangnya Pak Atsu dari jilid ini, jadi mari baca jilid berikutnya saja ya. Huhuhu~

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus