Crayon Shinchan (Jilid 41)

covershinchan41

Judul: Crayon Shinchan (Jilid 41)

Komikus: Usui Yoshito

Penerbit: PT. Indorestu Pacific

Jumlah Halaman: 122

Terbit Perdana: 2005

Kepemilikan: Cetakan Pertama, 2005

ISBN: 979937491X

cooltext-blurb

Crayon Shinchan adalah seorang anak TK berusia 5 tahun yang sangat nakal dan konyol. Kenakalannya melebihi anak-anak seusianya, sehingga sering membuat masalah pada orang-orang disekitarnya termasuk keluarga, guru, dan teman-temannya. Bagi para penggemar komik, Crayon Shinchan sangat pas untuk melengkapi koleksi. Jangan sampai ketinggalan untuk mengikuti kisah-kisahnya yang jenaka pada buku ini dan pada seri-seri berikutnya.

cooltext-review

Tak terasa ya komik ini sudah mencapai jilid ke-41 aja (halah padahal nggak semuanya diresensi *uhuk). Langsung saja ah, kali ini dibuka dengan sebuah bagian khusus berjudul Crayon Shinchan Extra 1! Seandainya Ada Jam Pasir Seperti Ini…?! yang hanya memiliki satu cerita berjudul Jam Pasir yang Bisa Menghentikan Waktu. Ceritanya, Crayon tak sengaja menyelamatkan sebuah(?) jin bernama Keraihin yang tidak bisa keluar dari jam dingdong di tempat sampah (seperti jin milik Aladdin kan? Persis tapi beda wujud dan tempat bersemayam). Atas bantuan Crayon, Keraihin membalas budi dengan memberikan Crayon sebuah hadiah jam tangan pasir yang bisa menghentikan waktu. Kira-kira dibuat apa ya oleh Crayon?

Tapi pemilik jam ini langsung membuang jam ini ketika rusak. Manusia akhir-akhir ini tidak begitu menganggap penting jam ya. (Halaman 6)

Ada Si Putih Ada Saya… Senangnya Punya Keluarga!! yang memiliki empat cerita merupakan bagian selanjutnya. Awalnya, Crayon yang malas-malasan mengajak Putih jalan-jalan harus mendapati kenyataan pahit bahwa Putih lebih senang dekat dengan seorang kakek yang kebetulan sering memberinya makanan. Tak disangka, si kakek bertemu dengan Misae dan bermaksud membeli Putih karena ia tinggal sendirian dan secara kebetulan Putih sering menemani hari-hari sang kakek. Respon Crayon bagaimana?

Ng? Kalau Si Putih mau sih boleh-boleh saja. (Halaman 16)

Bagian ketiga berjudul Anyong Haseo! Keluarga Nohara Menang Tiket Gratis ke Korea!! yang memiliki lima cerita. Intinya, keluarga Nohara menang undian jalan-jalan gratis ke Korea karena Misae membeli seluruh set DVD drama korea berjudul “Winter Todana” (pasti pada tahu deh ya ini plesetan film apa). Jalan-jalan tersebut merupakan paket tur mengunjungi lokasi-lokasi yang dijadikan sebagai tempat syuting film drama tersebut. Namun perjalanan selama di Korea tidak berlangsung menyenangkan (diawal) karena ada gerombolan ibu-ibu yang menyebalkan.

Anta… ini adalah lokasi pembuatan “Winter Todana” yang kau sukai… Apakah kau melihatnya juga? (Halaman 41)

Pergi ke Gunung Bersalju dengan Kak Nanako!! Salju Pun Mencair Karena Kehangatan Hati Saya Loh!! adalah judul bagian keempat yang terdiri atas tiga cerita. Setelah Crayon diajak tamasya ke pantai, kali ini Nanako mengajaknya berwisata ke gunung salju sekaligus bermain ski. Tidak tanggung-tanggung, rombongan yang terdiri dari Crayon, Nanako, Shinobu, ayah Nanako, dan editor naskah novel yang dibuat ayah Nanako pun turut serta. Mereka berlima menginap di sebuah villa mewah milik ayah Nanako. Perjalanan yang menyenangkan bagi Crayon, Nanako, dan Shinobu sayangnya berakhir petaka bagi ayah Nanako dan editornya..

Saya juga ingin membuatkan kare untuk Crayon setiap hari. (Halaman 59)

Bagian khusus tentang sekolah TK Crayon akhirnya muncul juga. Kali ini mengambil judul Puchi Fireee! Pak ♥ Atsukurushi Populer Juga di Kalangan Anak Perempuan dengan komposisi tiga cerita saja. Kali ini sudah mulai agak panas konfliknya. Semua berawal ketika para anak laki-laki sudah ketularan semangat Pak Atsu dan ikut-ikutan membara menggelora terbakar semangat. Sebaliknya, para anak perempuan masih bersikap dingin, termasuk Nana dan teman perempuannya. Suatu hari, karena suatu hal akhirnya para anak perempuan ketularan juga, kecuali Nana. Sampai-sampai Nana mogok sekolah. Wah kira-kira kenapa ya?

Kami mengkhawatirkan Nana, Nana masuk sekolah lagi ya? (Halaman 72)

Bagian selanjutnya adalah Edisi Crayon Shinchan Extra 2! Memerangi Kejahatan Pendiam! Munculnya Tokoh Action Mask Girl!! yang terdiri atas dua cerita. Sudah tahu kan idola Crayon adalah Pahlawan Bertopeng (yang disini disebut Action Mask). Ceritanya, Crayon menyaksikan seri pengganti Action Mask yang sudah tamat berjudul Action Mask Girl. mengisahkan Yashio Misato, seorang perempuan pemberani yang melawan kejahatan. Suatu ketika ia pingsan dan dibawa ke markas rahasia Action Mask untuk selanjutnya ditawari untuk menjadi Action Mask Girl karena sang Action Mask sudah babak belur.

Enak saja! Kalau bekerja gratisan, mana bisa menjaga kebenaran! (Halaman 89)

Bagian terakhir adalah Edisi Crayon Shinchan Extra 3! Saya Masih Aktif Kok, Hanya Agak Capek Saja!! dengan dua cerita spesial. Saya suka cerita pertama berjudul Figure Wars. Kali ini Crayon dan orang-orang disekitarnya harus menghadapi teror dari mainan figurin tokoh Oban dan Elder Action Mask yang dibuang oleh Yoshirin dan Michi. Mereka berdua menyerang orang-orang dan mengubahnya menjadi figurin tak bergerak, bahkan Misae, Hiroshi, Hima, Kazama, dan Bo juga jadi korban. Tentu saja akhirnya Crayon harus berjuang melawan kedua mainan hidup itu. Wah kira-kira apa titik lemahnya Si Oban ya?

Habis dimanfaatkan oleh Oban, kami jadi stress. Kita lepaskan stressnya dengan menyiksa anak ini. (Halaman 111) 

Jilid kali ini rada kecewa sih karena kebanyak cerita spesial. Jujur saya memang nggak begitu suka dengan cerita khusus atau spesial atau edisi ekstra yang menyita banyak halaman. Saya jauh lebih menyukai porsi lebih banyak diberikan pada tema besar bersambung yang diusung setiap jilid. Contohnya mengenai Apartemen Matazure beberapa jilid yang lalu, itu sudah pas porsinya. Meski ada cerita spesial, tetap Apartemen Matazure yang dominan. Kalau ini? Ah lebih baik yang spesial-spesial itu dijadikan buku sendiri saja.

Oh iya, saya sampai lupa. Seprti jilid sebelumnya, kali ini juga ada Kuis Crayon Shinchan yang Lumayan Sulit Part 7. Sayangnya, jilid kali ini hanya ada satu part saja sehingga agak kurang nendang untuk ajang asah otak dan daya ingat. Kemudian Crayon Shinchan 4 Frame yang memuat tujuh cerita (sangat) pendek masih tetap ada dan cukup menghibur meskipun alurnya (amat) sangat cepat (sekali). Sudah ah, lanjut ke jilid berikutnya saja~

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus