Crayon Shinchan (Jilid 40)

covershinchan40

Judul: Crayon Shinchan (Jilid 40)

Komikus: Usui Yoshito

Penerbit: PT. Indorestu Pacific

Jumlah Halaman: 122

Terbit Perdana: 2005

Kepemilikan: Cetakan Pertama, 2005

ISBN: 9799374898

cooltext-blurb

Crayon Shinchan adalah seorang anak TK berusia 5 tahun yang sangat nakal dan konyol. Kenakalannya melebihi anak-anak seusianya, sehingga sering membuat masalah pada orang-orang disekitarnya termasuk keluarga, guru, dan teman-temannya. Bagi para penggemar komik, Crayon Shinchan sangat pas untuk melengkapi koleksi. Jangan sampai ketinggalan untuk mengikuti kisah-kisahnya yang jenaka pada buku ini dan pada seri-seri berikutnya.

cooltext-review

Dari Pagi Kalang Kabut Sekali Nih! “24 Menit Terpanjang Hiroshi” dengan jumlah lima cerita merupakan bagian pembuka diawal jilid ke-40 ini. Cerita utamanya (yang dijadikan judul bagian ini) mengisahkan tentang Hiroshi yang terlambat bangun dan hanya memiliki sisa waktu 24 menit untuk naik kereta dikarenakan ada meeting penting dengan klien perusahaan. Keterlambatan jelas bukan hal yang bisa dimaafkan. Oleh karena itu, Hiroshi memperkirakan dengan rinci hal yang harus ia lakukan dalam waktu yang singkat tersebut mulai dari bangun tidur hingga pergi ke stasiun.

Lupakan acara minum kopi sambil mendengarkan ramalan cuaca si cantik, program “Zoom Up Bangun Pagi” (Halaman 5)

Bagian kedua menyusul dengan judul Orang yang Berjalan Sendirian di Bumi!! Kalau Didekati Guru Sementara Pak Atsukurushi, Bisa Terbakar Loh!! yang terdiri atas empat cerita. Kali ini, Pak Atsu (panggilan singkat beliau di TK) sudah aktif menjadi wali kelas Bunga Matahari. Suatu hari, dikarenakan ada kompetisi sepak bola antar kelas, beliau mengajak para anak laki-laki kelas Bunga Matahari untuk berlatih bersama. Sayangnya, tidak ada satu anakpun yang menanggapi usul Pak Atsu dengan positif. Wah lantas bagaimana nasib pertandingannya ya?

Kalau kita khawatir, kita harus berlatih! Sore hari ini kita berkumpul di pinggir sungai besar Kasukabe! (Halaman 31)

Bagian ketiga yang mempunyai enam cerita mengisahkan tentang keluarga Nohara yang menghabiskan liburan musim panas pada judul Pulang ke Kampung Halaman di Akita! Saya Kalah Loh, dengan Kakek & Nenek!! Selain menghabiskan waktu selama liburan, Crayon juga secara tidak sengaja harus ikut berurusan dalam hubungan asmara kakak Hiroshi, Nohara Semashi. Awalnya Om Semashi ini tidak berniat memberi tahu siapapun, termasuk Crayon. Namun Crayon yang tidak sengaja mampir ke sebuah cafe tempat pujaan hati Semashi bekerja, Komachi, mau tidak mau harus melibatkan keponakannya itu.

Danau Tazawa? Hm, menarik ya, sudah lama tidak kesana. Besok cafe juga libur. (Halaman 54)

Crayon Shinchan Extra Part 1! Bicara dari Hati ke Hati yang Mengharukan!! dengan jumlah dua cerita merupakan bagian khusus di komik ini. Saya menyukai cerita kedua berjudul Seri Crayon Lupan 4 – Mukjuzat Air Panas Sweet Ten, dimana kali ini Crayon Lupan didampingi asistennya, Mineko Fuji, sebagai detektif untuk mencegah pencurian air panas dari mata air legendaris bernama Sweet Ten. Konon, air panas yang hanya muncul sekali dalam bertahun-tahun ini dapat menyembuhkan penyakit dan berbagai keajaiban lainnya. Oleh karena itu, Raja Super Kusatsu XVI sebagai pemimpin wilayah Super Island meminta tolong kepada Crayon dan Mineko agar adiknya sendiri, Be-Bepp, tidak mencuri air panas itu.

Pokoknya walau orang itu adik saya, tidak akan saya biarkan dia mencuri air Sweet Ten itu!! (Halaman 80)

Bagian khusus selanjutnya berjudul Crayon Shinchan Extra Part 2! Untuk Mengusir Kejahatan, Papa In Action!! yang terdiri atas dua cerita, salah satunya adalah Superman Hiroshi. Kali ini Hiroshi yang sedang dalam perjalanan pulang setelah bekerja merasa hidupnya tidak berguna. Setiap hari dihabiskan dengan bekerja dibawah tekanan bos dan di rumah harus berurusan dengan keluarga yang sering membuat pusing. Malam itu, ia berjumpa dengan seseorang yang mengaku Superman dan singkatnya menawarkan apakah Hiroshi berkenan menjadi orang super untuk menggantikannya. Bahkan untuk meyakinkan, sang (terduga) Superman itu memberikan dasi super kepada Hiroshi agar mau mencoba terlebih dahulu.

Tidak mungkin, untuk membela kebaikan, saya tidak punya kekuatan seperti anda. (Halaman 96)

Sebagai bagian terakhir, Komik Tambahan Super Baby Himawari! Sampai Disitu!! Yang terdiri atas lima cerita menutup jilid kali ini dengan nuansa santai dan unyu-unyu. Betapa tidak, kelima cerita disini mengisahkan betapa Hima adalah seorang bayi yang unik, nyentrik, dan tidak biasa (kalau tidak mau dibilang aneh). Contohnya ketika Misae bermaksud mengajarkannya menggunakan pispot, ia justru memperdaya mamanya sendiri dan kabur begitu saja, sementara tante tetangga sebelah tidak sengaja melihat kondisi Misae yang pasti nantinya menjadi gosip ibu-ibu di lingkungannya.

Himawari, mulai sekarang kalau mau pipis bilang sama Mama ya. (Halaman 112)

Jujur, saya lebih tertarik dengan tema besar yang diusung komik Crayon Shinchan disetiap jilidnya, daripada cerita-cerita biasa tentang kejadian sehari-hari yang random dan tidak fokus arahnya. Pada jilid kali ini (dan jilid sebelumnya), saya lebih tertarik dengan kehidupan Pak Atsu sebagai guru pengganti Ibu Yoshinaga. Pasalnya, respon anak-anak TK yang negatif dan tidak ada tanda-tanda yang baik, menjadikan kisah ini menjadi sarat akan perjalanan hidup, khususnya Pak Atsu yang menjadi guru.

Oh iya, jangan lupa juga tentang Kuis Crayon Shinchan yang Lumayan Sulit yang terbagi atas Part 5 dan Part 6. Kuis ini sangat bermanfaat sekali sebagai selingan disela-sela membaca komik ini, khususnya bagi saya yang membaca komik sekali duduk dari awal sampai akhir tanpa jeda. Bagian ini seolah menjadi ice breaking dan sarana refreshing otak setelah mencerna untaian kata dan jalinan gambar di setiap halaman sebelumnya. Yah meskipun hanya dua halaman setiap part, sudah cukup bagus kok.

Yang tidak kalah menarik juga adanya Crayon Shinchan 4 Frame yang memuat tujuh cerita (sangat) pendek tentang hari-hari Crayon dan orang-rang di sekitarnya. Satu hal yang saya kecewakan dari jilid ini adalah halaman 100 yang hilang. Saya tidak tahu apakah ini kesalahan penerbit, percetakan, atau dari sononya. Tapi saya yakin salah percetakan sih. Padahal halaman itu adalah halaman pembuka cerita yang baru. Kan ya aneh jika saya tidak tahu awal mulanya ckckck. Ah cukup segini saja ngomelnya ya hehehe.

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus