Crayon Shinchan (Jilid 39)

covershinchan39

Judul: Crayon Shinchan (Jilid 39)

Komikus: Usui Yoshito

Penerbit: PT. Indorestu Pacific

Jumlah Halaman: 122

Terbit Perdana: 2005

Kepemilikan: Cetakan Pertama, 2005

ISBN: 9799374839

cooltext-blurb

Crayon Shinchan adalah seorang anak TK berusia 5 tahun yang sangat nakal dan konyol. Kenakalannya melebihi anak-anak seusianya, sehingga sering membuat masalah pada orang-orang disekitarnya termasuk keluarga, guru, dan teman-temannya. Bagi para penggemar komik, Crayon Shinchan sangat pas untuk melengkapi koleksi. Jangan sampai ketinggalan untuk mengikuti kisah-kisahnya yang jenaka pada buku ini dan pada seri-seri berikutnya.

cooltext-review

Cerita Tambahan 1! Sebagai Gantinya Chocobi Saya Belajar Hal Penting Loh!! merupakan bagian pembuka dari jilid ke-39 kali ini. Bagian ini hanya memiliki satu cerita berjudul Futon yang Terbang ke Langit yang mengisahkan tentang Crayon yang secara tidak sengaja mendapat hadiah sebuah futon (kasur khas Jepang) karena menolong seorang peri futon. Ternyata futon ini adalah futon ajaib yang bisa hidup selayaknya makhluk hidup, yaah seperti karpet terbangnya Aladdin gitu deh. Bahkan Nohara sekeluarga sampai jalan-jalan keliling kota menggunakan futon terbang.

Hei kalian berdua, jangan terbang-terbang dengan futon begitu… ayo tidur!! (Halaman 7)

Bagian kedua yang memiliki enam cerita berjudul Nana Semakin Menjadi-Jadi Bermain Pura-Puranya!! Saya Juga Terpaksa Ikut Deh…! Singkatnya, Nana yang hobi sekali bermain rumah-rumahan (yang lambat laun disebut sebagai main pura-pura) bersama teman-teman. Sayangnya, Nana tidak mengajak Crayon, Masao, Bo, ataupun Kazao dengan sopan dan ramah, melainkan dengan kekerasan dan pemaksaan kehendak. Dan mereka berempat sebagai lelaki tidak bisa menolaknya.

Hoh hoh.. CUT!! Kenapa kalau dengan Masao, Nana jadi kesal ya? Diskualifikasi ah! Hoh hoh… (Halaman 15)

Bagian ketiga adalah babak baru kehidupan di lingkungan Crayon yaitu berjudul Guru Pengganti Sementara yang Hiperaktif, Pak Atsukurushi! Tidak Ada yang Bisa Menghentikan Ketegangannya yang mempunyai empat cerita. Sebagai prolog atau perkenalan, bagian ini sukses membuat saya bisa paham situasinya. Jadi, karena Ibu Yoshinaga sedang hamil dan segera melahirkan, beliau harus cuti mengajar di TK untuk beberapa lama. Sebagai gantinya, ada seorang guru baru bernama Atsukurushi yang akan memimpin kelas Bunga Matahari sampai Ibu Yoshinaga masuk kembali. Seperti biasa, tkoh baru kali ini benar-benar “panas” sekali.

Saya berlari dari Ooyama, ternyata lebih jauh dari yang saya duga, jadi saya terlambat. Sebagai hukuman saya akan berlari 10 keliling. (Halaman 44)

Bagian selanjutnya adalah Tante Okei yang Sudah Lama Tidak Muncul!! Sudah Agak Tua Seperti Misae Loh!! dengan jumlah cerita sebanyak lima buah. Kali ini, Misae, Hima, dan Crayon bermaksud mengunjungi teman lama Misae, Okei, yang pindah ke sebuah apartemen. Dengan mengendarai kereta, mereka bertiga sampai di kediaman Okei dengan selamat. Sayangnya, apa yang terjadi selama mereka bertamu disana tidaklah mulus seperti yang diharapkan. Penyebabnya? Tentu saja Crayon lah ya, siapa lagi coba.

Kamu sih bicara sembarangan, jadi ibu di sebelah tadi merasa kasihan dan memberi kue!! (Halaman 57)

Menginjak bagian kelima, ada bagian berjudul Edisi Extra Shinchan 2! Mau Hardboil Maupun SF, Saya Memang Terlalu Keren…!? yang memiliki dua buah cerita. Saya suka dengan cerita pertama berjudul Shinchan, Pembunuh Setengah Mati yang mengisahkan Shinchan sebagai seorang anti-hero yang membuat para penjahat buronan polisi menjadi setengah mati alias kehilangan semangat hidup. Polisi setempat, dalam hal ini adalah Nanako dan Shinobu, merasa harus mencari cara bagaimana Shinchan harus bisa ditangkap.

Kasus kali ini benar-benar tidak ada petunjuknya, bagaimana cara dia membunuh setengah mati itu ya. (Halaman 86)

Bagian terakhir adalah Edisi Extra Shinchan 3! Buriburi Zaemon yang Selalu Membuat Kericuhan dan Profesor Kitayono!! yang memiliki dua cerita. Saya suka cerita kedua yaitu Penemuan Baru Profesor Kitayono!! DS yang Terlalu Cepat! Kali ini tokoh yang berperan adalah Himawari. Ceritanya, Crayon yang bertamu ke rumah Profesor Kitayono secara tidak sengaja membawa minuman penemuan Proesor yang bernama DS Terlalu Cepat. Minuman ini secara tidak sengaja diminum oleh Hima yang sedang marah kepada Crayon. Yang bikin gawat adalah, minuman ini bisa membuat seseorang bertambah usia dengan cepat! Wah bagaimana nasib Himawari ya?

Saya belum pernah mencoba, mungkin kalau bayi, dalam 2-3 hari atau lebih cepat lagi, bisa tumbuh menjadi orang dewasa. (Halaman 114)

Seperti yang sudah saya singgung pada resensi jilid ke-38 yang lalu, ternyata benar bahwa jilid kali ini akan mengusung sebuah tema besar baru dalam kehidupan Crayon. Ya benar, kehidupan sekolahnya yang menghadirkan Atsukurushi sebagai guru pengganti Ibu Yoshinaga yang cuti melahirkan merupakan sebuah pengalaman baru. Saya tidak yakin bahwa kehadiran beliau hanya selesai sampai disini saja. Beberapa jilid berikutnya pasti akan mengupas kesehariannya bersama murid-murid TK, khususnya muris Kelas Bunga Matahari. Saya jadi penasaran nih.

Oh iya seperti jilid sebelumnya pula, kali ini ada Kuis Crayon Shinchan yang Lumayan Sulit yang terbagi atas Part 3 dan Part 4. Kuis ini lumayan menantang bagi yang tidak mengikuti jilid Crayon Shinchan mulai awal agar bisa menambah pengetahuan tentang asal usul dan latar belakang tokoh tertentu ataupun situasi tertentu, sedangkan yang sudah membaca sejak jilid pertama bisa menjadi asah otak melatih daya ingat mengenai seberapa cermat menghayati (ceileh, istilah saya) keseluruhan cerita.

Yang baru di jilid kali ini adalah adanya halaman ekstra untuk Crayon Shinchan 4 Frame yang memiliki tujuh cerita sangat pendek (ya iyalah, wong hanya 4 frame saja). Jadi sudah langsung ke inti lucunya gitu, tidak seperti cerita biasa yang perlu beberapa halaman hingga mencapai ending. Saya mengapresiasi bagian ini sih, karena bisa membuat saya nyengir dengan instan. Tidak perlu membaca satu demi satu hehe. Udah ah, lanjut ke jilid berikutnya yuk~

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*