Crayon Shinchan (Jilid 37)

covershinchan37

Judul: Crayon Shinchan (Jilid 37)

Komikus: Usui Yoshito

Penerbit: PT. Indorestu Pacific

Jumlah Halaman: 122

Terbit Perdana: 2004

Kepemilikan: Cetakan Pertama, 2004

ISBN: 9799374731

cooltext-blurb

Crayon Shinchan adalah seorang anak TK berusia 5 tahun yang sangat nakal dan konyol. Kenakalannya melebihi anak-anak seusianya, sehingga sering membuat masalah pada orang-orang disekitarnya termasuk keluarga, guru, dan teman-temannya. Bagi para penggemar komik, Crayon Shinchan sangat pas untuk melengkapi koleksi. Jangan sampai ketinggalan untuk mengikuti kisah-kisahnya yang jenaka pada buku ini dan pada seri-seri berikutnya.

cooltext-review

Bagian pertama dalam jilid kali ini berjudul Saya Bisa Menjahit Kancing Baju! Saya Memang Anak 5 Tahun yang Berbakat! dengan jumlah cerita sebenyak sebelas buah. Saya fokus pada cerita yang dijadikan judul bagian saja ya. jadi ketika Crayon, Masao, dan Bo hendak bermain, Bo menyadari bahwa salah satu kancing baju Masao hendak terlepas. Akhirnya ia mengeluarkan kotak mungil serbaguna yang berisi peralatan menjahit. Tak lama kemudian, ia menjahit kancing baju Masao hingga beres seperti sedia kala. Melihat fenomena yang mencengangkan itu, Crayon bertekad ingin bisa menjahit juga.

Sekarang kita harus bisa menjahit kancing baju dulu, baru diperlihatkan ke Kak Nanako, oke? (Halaman 9)

Bagian kedua adalah Turnamen Kendo Dimulai!! Jurus Mematikanku Tak Terbendung Lagi!! dengan komposisi tujuh cerita. Turnamen kendo untuk anak-anak akhirnya dimulai. Crayon tergabung dalam grup B, sedangkan lawan yang telah dipersiapkan oleh kendo aliran ekstrim, Yoyogi Kojiro, berada dalam grup A. oleh karena itu mau tidak mau Crayon harus menang hingga akhir babak penyisihan grup jika ingin bertanding melawan Yoyogi (itu juga diasumsikan Yoyogi menang di grup B). wah kira-kira bagaimana nasib Crayon selanjutnya ya?

Crayon, pokoknya… Di hadapannya kau harus konsentrasi. (Halaman 60)

Edisi Extra Part 1! Sampai Kapan Pun Tenang Saja! Kekuatan Abadi Shinchan! dengan komposisi tiga cerita spesial merupakan bagian ketiga di jilid kali ini. Saya sukacerita terakhir berjudul Crayon, Tukang Pijit Shiatsu yang mengisahkan Crayon secara tidak sengaja mengetahui rencana jahat seorang bos mafia terhadap anak buahnya sendiri. Informasi yang harusnya dilupakan ternyata membawa Crayon pada kejadian berbahaya yang melibatkan sang bos dan bawahannya di kedai Koyuki Susan.

Shiatsu saya namanya “Backside Shiatsu” yang ditekan adalah bagian belakang daerah shiatsu yang biasa. (Halaman 95)

Edisi Extra Part 2! Saya Masih Aktif Koq! coba Baca Deh! yang memiliki dua certa spesial adalah bagian keempat. Saya menyukai (lagi-lagi) cerita terakhir berjudul Shinchan Series: Lupan 4th Generation Shinchan – Ingatan yang Dicuri. Kali ini, Crayon sebagai seorang detektif yang ditemani asistennya, Miyako Fuji, harus menghadapi kasus pencurian ingatan seorang profesor bernama Prof. Inumata oleh Prof. Sarujiri, kawan sekolahnya dahulu sekaligus rivalnya. Mesin pencuri ingatan ini telah mencuri ingatan Prof. Inumata tentang sebuah penemuan mutakhir yang sensasional.

Betul! Saya juga telah mencuri ingatan-ingatan orang lain, terutama orang-orang yang telah mempermainkan saya. (Halaman 116)

Semakin kesini, kok saya merasa komik Crayon Shinchan jadi datar-datar saja ya. Saya tidak tahu apakah ini karena terjemahannya, kehidupan Crayon yang kembali (agak) monoton, ataukah memang saya sudah kebal dengan kadar humor komik ini. Tapi ya sudahlah ya, dinikmati saja panel demi panel yang menghiasi keseluruhan halaman komik.

Eh ada yang sedikit menarik ketika Crayon bertanding kendo dan kebetulan melawan seorang anak yang saya lupa apakah perwakilan aliran ekstrim atau bukan. Nah dia ini kan kalah dari Crayon, bukannya kecewa, ia justru menangis diatas arena karena telah melewatkan anime One Piece hanya untuk berlatih. Saya baru tahu lho dalam sebuah judul komik menyebutkan judul komik lain, padahal komikusnya berbeda. Rada unik sih mengingat Crayon Shinchan sepertinya tidak satu universe masa kini.

Anyway sepertinya saya belum bisa memahami kehidupan Crayon yang bari dijalani tentang dunia olahraga kendo ini. Mungkin apabila nanti sudah mencapai laga puncak yang berhaddapan dengan Yoyogi, si anak hebat dari kendo aliran ekstrim, saya bisa menemukan kembali seru dan menariknya komik ini. Ciao!

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*