Crayon Shinchan (Jilid 29)

covershinchan29

Judul: Crayon Shinchan (Jilid 29)

Komikus: Usui Yoshito

Penerbit: PT. Indorestu Pacific

Jumlah Halaman: 122

Terbit Perdana: April 2003

Kepemilikan: Cetakan Pertama, April 2003

ISBN: 9799374456

cooltext-blurb

Crayon Shinchan adalah seorang anak TK berusia 5 tahun yang sangat nakal dan konyol. Kenakalannya melebihi anak-anak seusianya, sehingga sering membuat masalah pada orang-orang disekitarnya termasuk keluarga, guru, dan teman-temannya. Bagi para penggemar komik, Crayon Shinchan sangat pas untuk melengkapi koleksi. Jangan sampai ketinggalan untuk mengikuti kisah-kisahnya yang jenaka pada buku ini dan pada seri-seri berikutnya.

cooltext-review

Crayon Shinchan masih berlanjut hingga jilid ke-29. Waah nggak terasa sudah banyak juga sejak kemunculan perdananya. Kali ini dibuka dengan bagian berjudul Re..? Ne..? Ta.. ♡ Himawari yang Bawel yang memiliki delapan cerita. Tidak seperti judulnya, tidak semua cerita mengisahkan tentang Himawari. Yang saya sukai justru kisah tentang Mama yang khawatir akan keberadaan Crayon yang masih di luar rumah padahal cuaca sedang tidak bersahabat. Ternyata Crayon sedang berada di rumah Masao.

Celana ini biasanya membungkus gajah kecil milik Masao, sekarang harus membungkus gajah kecil milikku. (Halaman 15)

Bagian kedua adalah dua cerita spesial yang dirangkum dalam bagian berjudul Bagaimana Crayon di Sekolah Dasar? Wah, Pasti Merepotkan!? Kisah pertama saya sukai karena menceritakan Crayon yang sudah masuk SD. Sepertinya ini hanya imajinasi komikus sih. Karena aslinya kan Crayon masih TK. Tapi tak apa sebagai angan-angan saat Crayon sudah SD. Jadi SD tempat Crayon bersekolah menerapkan berangkat-pulang bersama kelompok. Saat itu Crayon tergabung dalam kelompok yang dipimpin anak perempuan kelas 4 SD bernama Hatogaya.

Ini ada sejarahnya, sudah 10 tahun berturut-turut grup ini tidak pernah terlambat, saya akan terus mempertahankannya. (Halaman 42)

Bagian ketiga adalah Gas Meledak!! Nohara Sekeluarga Mengungsi yang memiliki lima cerita. Pada suatu malam yang disertai hujan badai, rumah keluarga Nohara tertimpa bencana yaitu sebuah baliho menabrak jendela. Oleh karena itu esok harinya Papa memperbaiki jendela. Tak disangka, Mama merusakkan lantai dapur dan parahnya lagi Crayon menyalakan lilin di dekat gas elpiji. Tentu saja, rumah keluarga Nohara meledak. Akibatnya, mereka semua harus mengungsi sampai rumah selesai direnovasi.

Ya, kita harus bersyukur, masih dapat apartemen murah yang ada dapurnya walaupun toiletnya pakai toilet umum. (Halaman 57)

Bagian selanjutnya adalah cerita spesial berjudul Walaupun Seperti Palsu, Tapi Asli! Crayon yang Bernyali Besar yang memiliki dua cerita. Saya menyukai cerita kedua berjudul Malaikat Crayon dan Gank. Cerita ini hampir mirip dengan konsep Charlie’s Angels, dimana kali ini Ibu Yoshinaga, Ibu Matsuzaka, dan Ibu Akeo yang menjadi “angels” dan Crayon menjadi “Charlie” yang nyentrik. Misi mereka kali ini adalah memberantas penjahat yang berupaya membuat bumi menjadi dingin dengan mengumpulkan orang tua yang memiliki selera humor tinggi. Wah terus bagaimana ya?

Jadi semua manusia akan tua. Dan bumi ini bisa jadi dingin, dalam 3 tahun akan menjadi lautan es, menakjubkan. (Halaman 87)

Penampilan Luar yang Norak…!? Penghuni Apartemen Matazure yang Bahagia adalah bagian terakhir komik jilid ini yang memiliki tujuh cerita. Sebagai orang yang baru pindah di apartemen yang bernama Apartemen Matazure, Mama bermaksud berkenalan dengan para tetangga agar bisa lebih akrab. Mereka menempat kamar 202 sehingga Mama dan Crayon dan Hima bermaksud keliling. Ternyata penghuni apartemen semuanya unik-unik. Mulai dari Yaku Tsukuri yang tertutup di kamar 201, mahasiswa yang sibuk belajar bernama Yonro di kamar 203, orang asing Omata di kamar 207, dan dua detektif di kamar 205. Namun Mama baru sadar bahwa kamar 204 selalu kosong padahal menurut Oyasan, si pemilik apartemen, kamar itu ada penghuninya bernama Koyuki Susan.

Nyonya jangan khawatir, kami hanya main jakenpong saja, lalu suami anda mabuk, saya bawa pulang. Tidak ada apa-apa kok! (Halaman 100)

Saya suka banget jilid ke-29 ini! Semua dikarenakan adanya babak baru dalam kehidupan Crayon, khususnya keluarga Nohara. Ya benar sekali, rumah yang terkena bencana bertubi-tubi hingga puncaknya meledak karena gas elpiji sungguh diluar perkiraan saya. Meskipun saya heran kok bisa mereke berempat tidak mati padahal persis ada di dekat tabung gas, hal itu tidak jadi masalah. Ya iya lah, kalau mereka wafat, tamat juga dong ini komik.

Saya juga merasa bab kehidupan keluarga Nohara di apartemen Matazure akan semarak dan tidak berlangsung cepat. Lihat saja awalnya sudah dibuka dengan kekonyolan dan salah paham yang beruntun ketika Mama dan Crayon berkenalan dengan penghuni di kamar lain. Bahkan Oyasan (saya belum tahu siapa nama induk semang apartemen ini), juga turut andil mengalami hal-hal menjengkelkan karena keluarga Nohara. Tidak sabar menunggu kelanjutannya!

Penilaian Akhir:


goodreads badge add plus