Comic Reading Challenge 2015

Dahulu kala ketika saya masih anak-anak hingga remaja, saya terobsesi dengan namanya komik. Apapun judulnya dan siapapun komikusnya pasti saya embat. Novel yang notabene didominasi tulisan saja bukanlah selera saya saat itu. Pokoknya saya bisa terhibur kalau baca komik saja.

Akibatnya, saya rajin beli komik kalau kebetulan ada obralan di kota kecil saya ataupun saat diajak orang tua ke kota sebelah yang lebih besar. Soalnya di kota saya nggak ada toko buku (dulu). Ada sih abang-abang penjual majalah yang di pinggir jalan juga menyediakan komik, tapi itu komik bajakan yang kualitas cetakannya zzzzz. Sedangkan di kota besar sebelah sudah ada Gramedi* dan Togama* hehe.

Jadilah selama bertahun-tahun timbunan saya didominasi oleh komik. Baik lokal karya anak bangsa ataupun dari mancanegara. Meskipun saya tahu membaca komik tidak butuh waktu lama, tapi buanyak juga yang masih belum tersentuh. Untunglah bergabung menjadi member BBI bisa banyak memotivasi saya membaca timbunan itu. Apalagi komik sudah diperbolehkan direview di blog.

Lebih bahagia lagi, Shen Meileng pemilik blog The Cute Geek mengadakan challenge menarik yang berkaitan dengan komik untuk ahun depan. Apakah itu? Comic Reading Challenge adalah sebuah tantangan untuk membaca komik mulai 1 Januari 2015 hingga 31 Desember 2015.

Bentuk komik paperback ataupun e-book tidak masalah, yang penting bukan scanlation dari website gratis di internet. Karena saya masih belum mendata jumlah komik yang saya punya dan belum bisa menentukan akan membaca dan mereview berapa banyak, maka saya pilih kategori Rookie dulu dengan indikator 18 hingga 50 komik.

Jadi, bagi kamu penggemar komik atau yang punya banyak komik di timbunan, kenapa tidak ikut challenge ini saja? Syarat dan ketentuannya tidak sulit kok. Untuk info lebih lanjut bisa langsung meluncur ke sini. See you next year!

Buku tidak hanya novel, ada juga komik. Yah meskipun didominasi gambar dan minim tulisan, setidaknya komik membantu dalam tumbuh kembang minat baca, khususnya anak-anak, khususnya saya pribadi. Sejak kecil, selain baca majalah Bobo, Mentari, dan Bona Kreatif, saya merupakan pecinta komik garis keras. Kalau tidak salah komik pertama saya adalah Doraemon yang saat itu saya masih belum bisa membaca sekitar usia 4 tahun. Kemudian semakin lama semakin bertambah koleksi timbunan komik saya hingga saat ini.

Kegemaran saya yang suka membaca dan menimbun komik membuat banyak sekali yang belum saya baca. Kebanyakan orang berkata tidak membutuhkan waktu lama untuk membaca sebuah komik. Namun saking banyaknya, saya jadi males duluan untuk memulai. Untunglah, salah satu anggota BBi bernama Shen Mei Leng mengadakan tantangan bertajuk Comic Reading Challenge 2015. Tentu saja saya mengikuti tantangan ini. Hitung-hitung mengurangi timbunan (yang akhirnya tercatat urun setoran pada bulan Januari, Februari, Maret, April, dan Oktober saja). Jumlah komik yang dapat saya serahkan pada tantangan ini adalah 28 komik, yang artinya masuk dalam level ROOKIE. Silakan klik judul komiknya untuk menuju halaman resensinya.

  1. CLAMP – Tsubasa. Reservoir Chronicle (Jilid 1)
  2. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan (Jilid 1)
  3. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan (Jilid 2)
  4. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan (Jilid 3)
  5. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan (Jilid 4)
  6. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan (Jilid 5)
  7. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan (Jilid 6)
  8. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan (Jilid 7)
  9. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan (Jilid 8)
  10. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan (Jilid 9)
  11. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan (Jilid 10)
  12. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan (Jilid 11)
  13. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan (Jilid 12)
  14. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan (Jilid 13)
  15. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan (Jilid 14)
  16. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan (Jilid 15)
  17. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan (Jilid 16)
  18. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan (Jilid 17)
  19. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan Desuyo! (Jilid 18)
  20. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan (Jilid 19)
  21. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan (Jilid 20)
  22. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan (Jilid 21)
  23. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan (Jilid 22)
  24. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan (Jilid 23)
  25. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan (Jilid 24)
  26. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan (Jilid 25)
  27. Hashiguchi Takashi – Yakitate!! Ja-Pan (Jilid 26)
  28. Kazama Hiroko – Silver Amulet (Jilid 1)