New Author Reading Challenge 2015

Setelah ketinggalan berpartisipasi dalam challenge ini tahun lalu, akhirnya saya bisa ikut meramaikan salah satu reading challenge blogger buku. New Author Reading Challenge 2015 ini dipersembahkan oleh Mbak Ren pemilik blog Ren’s Little Corner. Tahun lalu saya hanya bisa manyun karena baru pertengahan tahun tahu challenge ini.

Inti dari tantangan ini sih sebenarnya sederhana, yaitu membaca buku dari penulis baru. Yang dimaksud “baru” disini bukan saja berarti benar-benar penulis yang muncul di tahun 2015, tetapi juga penulis yang karyanya baru kita baca. Saya mau ambil level Easy dulu deh, dengan menyelesaikan 1 hingga 15 buku penulis yang baru saya baca karyanya.

Untuk kategori tambahan, saya pass dulu. Mungkin nanti kalau saya mengetahui saya bisa mencapai kategori tambahan, baru akan saya ambil hehehe. Oh iya kalau mau ikutan, langsung cek di postingan ini ya. Mari lahap karya orang baru, karena siapa tahu muncul pengetahuan baru!

Dalam dunia literasi, peran penulis sangatlah penting. Ia bagaikan komunikator yang memberikan sesuatu kepada pembaca sebagai komunikan melalui tulisan. Banyak orang yang sudah piawai merangkai kata dengan indah sehingga dinobatkan sebagai penulis terkenal. Penulis seperti ini akhirnya menjadi selebriti di dunia perbukuan, baik nasional ataupun mancanegara. Seperti halnya dunia entertainment, banyak pula pendatang baru dalam profesi yang serupa, yaitu menjadi penulis dengan karyanya masing-masing. Penulis-penulis baru ini memiliki kesempatan menjadi selebriti seperti halnya penulis terkenal yang lebih dahulu berkecimpung dalam dunia literasi.

Sebagai pembaca, terkadang ada istilah cocok-cocokan dengan karya penulis tertentu. Ada yang sudah merasa klop dan kurang berkenan mencoba hasil karya penulis lain yang belum pernah ia cicipi. Alasan klasik takut kecewa dan tidak puas selayaknya penulis yang ia sukai sering diucapkan pembaca seperti ini *uhuk. Oleh karena itu, Renanda Puspita, salah seorang anggota Blogger Buku Indonesia, mengajak para pembaca untuk mencoba mencicipi karya penulis baru melalui New Author Reading Challenge 2015.

Istilah “baru” yang dimaksud dalam tantangan baca ini bukan hanya penulis yang baru pertama kali menelurkan karya secara massal, namun juga pada karya penulis yang belum pernah dibaca bukunya oleh pembaca. Dengan demikian, bukan tidak mungkin akan muncul penulis favorit lain yang disukai serta pengetahuan dan pemahaman menikmati berbagai macam karya yang berbeda gaya akan semakin terasah. Saya mengikuti tantangan ini pada bulan Januari, Februari, Maret, November, dan Desember. Jumlah buku yang dapat saya serahkan pada tantangan ini adalah sepuluh buku saja, yang artinya masuk dalam level EASY. Langsung saja silakan klik judul bukunya untuk menuju halaman resensinya.

  1. Abdul Mun’im Idries – Indonesia X-Files
  2. Adhitya Mulya – Jomblo
  3. Eve Shi – Unforgiven
  4. Herry Nurdi – Why Not? Fiqih Itu Asyik
  5. Jacob of @divapress01 – Miminlicious
  6. Josephine Winda – Croissant
  7. Kezia Evi Wiadji – Sweet Winter
  8. Kim Curran – Shift
  9. Titoley Yubilate Tako – Men’s Guide to Style
  10. Trinity – The Naked Traveler