Polka Dot Fabric

coverpolka

Judul: Polka Dot Fabric

Judul Asli: Mizutama Fabric

Komikus: Hayashi Mikase

Penerjemah: Ine Martiana

Penerbit: m&c!

Jumlah Halaman: 188 halaman

Terbit Perdana: November 2007

Kepemilikan: Cetakan Pertama, November 2007

ISBN: 9789792314939

cooltext1660180343

Yori Fukakawa bertubuh jangkung, tapi dia suka baju-baju cantik. Suatu hari, ketika para murid diperolehkan memakai baju bebas, cowok yang ia sukai bilang kalau Yori enggak pantas pakai baju seperti itu. Yori pun jadi trauma memakai baju cantik. Namun ternyata Yori malah direkrut pemilik Hollyhock untuk jadi model!

cooltext1660176395

Tak dapat dipungkiri, genre romance masih menjadi daya tarik untuk diangkat sebagai tema komik. Apalagi komik hasil karya orang-orang Jepang. Entahlah, sepertinya para mangaka (sebutan komikus Jepang) tidak kehabisan ide untuk membuat komik.

Pada komik Polka Dot Fabric ini, terdapat 4 buah cerita pendek. Cerita ini awalnya dimuat pada majalah komik mingguan. Namun kemudian dijadikan satu dalam sebuah buku tersendiri. Cerita pertama yang juga menjadi judul komik ini bercerita tentang Yori Fukakawa. Gara-gara disebut tidak pantas memakai baju cantik oleh gebetannya, ia trauma mengenakan baju seperti itu.

Ini baju khusus untukmu. Nggak ada yang lebih pantas memakainya selain kamu. (hal. 15-16)

Karena tak sengaja memecahkan dagangan di sebuah toko Hollyhock, Yori harus menjadi model busana toko yang digawangi oleh Toya Asagi, Tetsuda Yazawa, dan Hayato Higuchi itu. Berhasilkah dia?

Cerita kedua berjudul “Love Story In Somagi Family” berkisah pada seorang gadis SMA bernama Kujira Umino. Karena kabur dari rumah, ia melamar menjadi pembantu pada sebuah keluarga Somagi (yang ternyata hanya terdiri atas saudara “kembar” Arata Somagi dan Takumi Somagi). Cerita ini saya rasa jauh lebih bagus daripada Yori di kisah pertama. Lebih menyentuh aja gitu.

Lebih baik kita tahu kesukaan masing-masing. Kemarin Takumi bilang begitu, kan? Biar kita lebih akrab. (hal. 57)

Cerita ketiga berjudul “Guiding Angel”. Satu-satunya cerita fantasi yang unik. Berkisah tentang dunia roh, dengan tokoh penuntun roh yang disebut shisha (kenapa saya keinget sisha khas Arab itu yah ehehehe). Hotaru sebagai shisha yang magang menjadi penuntun roh, menjalani tugas pertama untuk menuntun roh Otoha Koizumi yang meninggal karena kecelakaan.

Untuk roh yang baru terpisah dari tubuhnya, ada dua pintu berbeda. Satu pintu untuk kembali ke tubuhnya, satu lagi ke akhirat. (hal. 95)

Sedangkan kisah terakhir tentang sepasang muda-mudi bernama Momiji Konno dan Kiwa Hiiragi. Mereka berdua menyukai bintang-bintang dan hal-hal astronomi. Bahkan pertemuan mereka terjadi di planetarium yang menjelang gulung tikar. Jujur, pada kisah ini buanyak yang saya skip gara-gara nggak paham tentang penjelasan segala hal astronominya. Saya justru bingung karena penjelasannya terlalu ilmiah.

Kau tahu orion? Di kiri atas konstelasi orion adalah betelgeuse, bintang dari kelas magnitud pertamai. Lalu bintang procyon di konstelasi canis minor. (hal. 142)

Secara umum, artwork Hayashi-san cukup bagus. Yah namanya juga shoujo manga pasti ya gitu deh. Ceweknya cantik-cantik, cowoknya juga cantik. Nggak ada deh yang buruk rupa. Semua hidup dengan rupa good looking tanpa cela hahaha.

Minusnya apa ya, mungkin karena 4 cerita dijadikan dalam satu buku, jadi tidak maksimal penggalian karakter dan plot cerita. Tapi secara umum bisa menghibur lah. Bagaimana kikuknya Yori, sedihnya Kujira, bingungnya Otoha, dan kerinduannya Konno. Masing-masing menghadirkan cerita yang berbeda namun tetap dengan penyelesaian yang masuk akal.

Penilaian Akhir:

★★★

goodreads-badge-add-plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*