Bleach (Jilid 1)

coverbleach1

Judul: Bleach (Jilid 1)

Tagline: The Death and The Strawberry

Komikus: Kubo Tite

Penerjemah: Lenny

Penerbit: m&c!

Jumlah Halaman: 187 halaman

Terbit Perdana: Oktober 2007

Kepemilikan: Cetakan Pertama, Oktober 2007

ISBN: 9789792314960

cooltext1660180343

Ichigo Kurosaki (15 tahun) bisa melihat hantu. Ichigo menjalani hari-hari yang damai dengan kemampuan khususnya itu. Tiba-tiba dia bertemu dengan gadis yang menamakan dirinya Shinigami dan diserang roh jahat yang disebut “Hollow”. Dimulailah pertarungan panjang Ichigo.

cooltext1660176395

Dunia supranatural sepertinya cukup memukau jika diangkat menjadi sebuah komik. Bukan hantu berseliweran dengan wajah rusak dan mengagetkan jantung, melainkan dikemas dengan gaya yang modern dan shounen banget. Tite Kubo sepertinya sukses menjalankan imajinasinya tersebut melalui komik ini.

Kurosaki Ichigo sebagai anak seorang dokter, memiliki kemampuan melihat dan berkomunikasi dengan hantu. Mulai hantu anak-anak hingga kakek-kakek. Tak terkecuali adik-adiknya, Karin dan Yuzu. Satu-satunya orang di dalam rumahnya yang tak memiliki kemampuan tersebut hanyalah sang ayah. Oh iya, ibu mereka sudah lama tiada.

Suatu malam, ada seorang gadis yang bernama Kuchiki Rukia, yang menamakan dirinya shinigami. Tugasnya membasmi roh jahat atau disebut hollow dari muka bumi. Seharusnya Rukia tidak bisa dilihat oleh manusia. Namun Ichigo bisa melihatnya. Di sisi lain, kemampuan Rukia mendeteksi hollow tidak bekerja saat di kamar Ichigo.

Entah kenapa, barusan, aku tidak bisa merasakan hawa kehadirannya… (hal. 23)

Akibat hal tersebut, keluarga Ichigo terluka parah. Sok pahlawan, Ichigo berniat membunuh hollow tersebut. Rukia yang merasa kasihan, akhirnya meminjamkan separuh kekuatan shinigaminya untuk dipakai Ichigo membunuh hollow. Naas, bukannya separuh, malah hampir semua kekuatan Rukia disedot oleh Ichigo. Akibatnya, Rukia tidak bisa kembali ke Soul Society (dunia roh) dan meminta Ichigo menggantikan tugasnya sampai kekuatannya kembali.

Aku tidak bisa bertarung dengan monster seperti gitu demi orang yang tidak dikenal! Aku bukan manusia sebaik itu! (hal. 72)

Suatu hari, teman Ichigo, Inoue Orihime, yang berkali-kali mengalami kecelakaan, ternyata ada hollow yang ingin merebut nyawanya. Sebenarnya Rukia lah yang harus menyelamatkan Orihime. Namun karena tenaganya tidak mencukupi, akibatnya Ichigo yang mau tidak mau harus bekerja. Dan ternyata, Rukia diam-diam menumpang di lemari kamar Ichigo alih-alih menyewa penginapan.

Uwaaa!? Ka… Ka… Ka… Ka… Kau! Sejak kapan disitu!? (hal. 99)

Ketika sampai di rumah Orihime, hollow tersebut telah sukses melukai Orihime dan sahabatnya, Tatsuki. Mereka berdua yang tidak bisa merasakan kehadiran hantu, merasa ketakutan dengan segala luka yang mereka terima. Apalagi siapa yang melukaipun mereka juga tidak tahu.

Hollow bukan memakan jiwa karena lapar… Tapi, memakan jiwa untuk lari dari penderitaan. (hal. 116)

Huwaah! Dari jilid pertama aja udah seru banget. Actionnya dapet, horrornya kerasa, humornya lucu, dan ceritanya juga asik. Interaksi antara Ichigo dan tokoh yang lain juga pas. Dalam artian tidak terlalu lebay dan deramah-deramah. Terjemahannya juga nyaman banget dibaca. Pada jilid ini, pembaca juga diperkenalkan pelan-pelan mengenai hollow, shinigami, soul society, dan lain sebaginya. Penjelasannya juga tidak rumit sehingga mudah dimengerti. Karena pemahaman ini harus terpatri karena istilah-istilah itu akan muncul pada jilid-jilid berikutnya.

Tidak heran sih komik ini sampai dibikin anime dan sampai sekarang belum tamat. Karena ide ceritanya emang unik. Seorang bocah usia 15 tahun menjadi pembasmi roh jahat. Kalau dilihat-lihat sih, agak enggak masuk akal usia segitu udah bisa menghunus pedang dan lari-larian di atap (pakai kimono lagi!) tanpa kesulitan. But, it’s cool! Abis baca jilid 1 ini, saya emang penasaran jilid selanjutnya. Tapi udah males ngumpulin sisanya hahaha.

Penilaian Akhir:

★★★★★

goodreads-badge-add-plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*