Hiyokoya Shop (Jilid 1)

coverhiyokoya1

Judul: Hiyokoya Shop (Jilid 1)

Judul Asli: Ikai Hanjouki Hiyokoya Shouten

Komikus: Suda Yuriko

Penerjemah: Wulung Pambuko

Penerbit: m&c!

Jumlah Halaman: 176 halaman

Terbit Perdana: Juli 2008

Kepemilikan: Cetakan Pertama, Juli 2008

ISBN: 9789792318951

cooltext1660180343

Riku Fukugawa, anak SMP kelas 3 yang hidup sendirian. Dia amnesia, ingatannya sampai umur 10 tahun seakan tidak ada. Namun dia menjalani kehidupan yang damai.

Suatu hari muncul anak-anak aneh tapi lucu di depannya dan menyebutnya “saudara”! Riku pun diminta kerja sambilan di “Hiyokoya Shop” yang dikelola mereka di dunia lain!?

cooltext1660176395

Suatu hal yang ajaib dan tak bisa diterima akal sehat bukanlah halangan dalam dunia komik. Segala macam imajinasi, selama hal itu bisa digambar, rasanya sah-sah aja. Mau itu aneh banget, bikin dahi berkerut, tidak logis, ya silakan semau komikus aja. Termasuk Hiyokoya Shop ini.

Cerita bermula dari seorang anak SMP bernama Riku Fukugawa yang amnesia sejak usia 10 tahun dan tinggal di asrama. Karena sangat menyukai kucing liar di depan asrama, ia berniat untuk merawat kucing tersebut dengan membelikan makanan. Untuk mendapatkan uang, ia berjualan soal perkiraan ujian mid semester kepada teman sekelasnya.

1 mata pelajaran 300 yen. Prakiraan soal ujian mid semester hari ke-3. (hal. 11)

Saat pulang sekolah bersama Mizuno, gadis yang menyukainya, serta kedua sahabat Riku, mereka melewati taman yang kebetulan ada free market (semacam bazaar kali yah). Riku yang belum pernah tahu hal itu, setuju saja ketika diajak kawan-kawannya untuk melihat-lihat. Di pasar tersebut, ada penjual yang menjual ikan mas aneh.

Masa ikan punya kaki dan tangan. Mau makan anak lagi! Apa sih ini? (hal. 22)

Terjadi keanehan saat RIku dan sang penjual berdebat. Karena penjual tersebut mengetahui mata kiri Riku yang aneh dan “tidak biasa”. Belum sempat Riku membalas ocehan si penjual bernama Satsuki itu, ia sudah diminta pulang kerumah oleh Satsuki. Tentu saja Riku heran, ia tidak mengenalnya sama sekali.

Batu roh anak kelima “Hiyokoya” bercahaya. Jadi kau… penghubung yang mereka cari-cari. (hal 28)

Belum hilang rasa heran dan panik, Riku sudah diculik oleh penjual ikan mas tadi (bernama Satsuki, Shii, dan Futaba) melalui pintu aneh di tengah kolam. Saat tersadar, Riku sudah berada di sebuah daerah lain. Ia berada di desa Genroku, dunia Yamato. Ternyata Satsuki cs membawanya ke toko keluarga Hiyokoya.

Rumah Riku… “Hiyokoya” ini. Toko serba ada 3 generasi di desa Genroku. Toko ini diurus oleh kami, suku Hina. (hal 44)

Ternyata eh ternyata, mereka menjelaskan bahwa Riku sesungguhnya berasal dari Genroku dan telah menghilang selama lima tahun lamanya. Kemudian mereka semua berusaha menjemput Riku dan membawanya ke rumahnya sendiri. Riku yang masih belum bisa mengerti, akhirnya memutuskan magang (kerja sambilan) di Hiyokoya satu minggu sekali sambil sekolah di dunia yang “asli”. Bagaimana kelanjutan ceritanya? Siapakah Riku sebenarnya?

Sebenarnya ide ceritanya cukup menarik. Tentang seorang anak yang amnesia dan kembali dijemput keluarga yang telah hilang dari hidupnya. Ditambah ternyata keluarga tersebut menjalankan sebuah toko yang dikelola seluruh anggota keluarga. Meskipun barang yang dijual aneh-aneh, rasanya saya senang sekali membayangkan kehangatan keluarga mereka saat berada di toko.

Kekurangan yang cukup mengganggu adalah banyaknya tulisan di tiap panel. Sampe ada yang nyempil-nyempil. Sebenernya sih gak penting-penting amat. Tapi mata saya terlanjur kepo pengen baca semuanya. Sebagai jilid pertama, terlalu banyak tokoh yang dimunculkan. Jadi kesannya rombongan tokoh bejubel di satu komik. Saya jadi sering lupa namanya siapa aja. Sehingga terkadang ada yang kemunculannya hanya tempelan belaka.

Penilaian Akhir:

★★★

goodreads-badge-add-plus

Post navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*