Magic Kaito (Jilid 1)

coverkaito1

Judul: Magic Kaito (Jilid 1)

Judul Asli: Majikku Kaito

Komikus: Aoyama Gosho

Penerjemah: Yuli Restianti

Penerbit: Elex Media Komputindo

Jumlah Halaman: 186 halaman

Terbit Perdana: 2005

Kepemilikan: Cetakan Pertama, 2005

ISBN: 9789792078992

cooltext1660180343

Kaito Kid selalu datang dan hilang di kegelapan demi mendapatkan barang berharga. Targetnya malam ini, mencuri batu bulan senilai 400 juta yen. Menghadapi ulah Kaito ini, para polisi dan detektif terkenal dibuat sibuk…

cooltext1660176395

Apa jadinya jika seorang pencuri menggunakan sulap untuk mencuri barang buruannya? Sepertinya sangat menarik. Hal inilah yang diangkat oleh Aoyama Gosho dala komiknya berjudul Magic Kaito. Jadi ceritanya, ada seorang pencuri ulung yang tak pernah gagal mencuri buruannya. Bahkan polisi dibuat kelabakan. Namun entah kenapa, pencuri tersebut menghilang selama delapan tahun. Di sisi lain, terdapat seorang remaja SMA bernama Kaito Kuroba yang juga menggemari sulap.

Jadi panel ini terbuka setelah 8 tahun… sulap terakhir Touichi Kuroba. (hal. 22)

Yak benar. Ternyata ayah Kaito, Touichi adalah sang pencuri ulung bernama Kaito Kid yang telah menghilang tadi. Oleh karena itu, Kaito berinisiatif menjadi pengganti sang ayah untuk mencuri Batu Mata Bulan senilai 400 juta yen. Berhasilkan Kaito sebagai Kaito Kid junior?

Di hari yang lain, seorang putri dari negara Sabrina mengunjungi Jepang. Ia memakai batu berharga terbesar di Eropa bernama Full Sun in Paris. Tentu saja Kaito Kid bermaksud mencurinya. Yang jadi masalah, ada seorang detektif bernama Delon yang turut melindungi sang Putri, termasuk dari sasaran pencurian.

Kau lengah Kaito Kid!! Kau tidak tahu kalau batu itu akan bersinar dalam kegelapan.. (hal. 59)

Pada kisah selanjutnya, ada sebuah robot yang berhasil menculik Kaito dan meng-copy ingatannya. Akibatnya, mulai dari sekolah, pekerjaan rumah, hingga menjadi Kaito Kid berhasil dilakukan sang robot. Seolah hal itu adalah kebanggan tersendiri bagi sang robot.

Apa kau sudah lupa? Semua gerak-gerikmu sudah ada dalam programku! Pendek kata, aku bisa memprediksi gerakanmu dengan cepat… (hal. 83)

Cerita paling unik adalah yang berjudul “Kaito Kids’s Busy Holiday” karena pada cerita ini Kaito hampir terbongkar identitasnya saat mencoba mencuri mahkota bidadari. Tak tanggung-tanggung, Aoko sebagai anak perempuan Detektif Nakamori lah yang menjadi saksi mata untuk membuktikan kebenarannya.

Kena kau, Kaito Kid!! Sekarang akan kubongkar identitasmu!! (hal. 108)

Cerita terakhir sebagai penutup komik ini berlangsung pada hari Valentine. Aoko yang malu-malu memberi cokelat pada Kaito ternyata tidak sempat memberikannya. Hampir semua anak laki-laki di kelas terpesona pada anak baru, Akako Koizumi. Ternyata, ia adalah seorang penyihir dan bermaksud menggunakan sihir untuk merebut hati Kaito Kid.

Lagipula, memaksa mendapatkan hati orang dengan sihir hanya akan membuatmu kesepian. (hal. 178)

Secara keseluruhan, komik ini asyik untuk diikuti. Jarang-jarang seorang pencuri menggunakan sulap dan kecerdasan otak untuk mencuri barang buruan. Meskipun pola ceritanya cenderung sama yaitu kirim pemberitahuan-polisi siaga-Kaito Kid mencuri-polisi terkecoh-barang berharga berhasil lenyap. Namun selalu ada sesuatu yang berbeda yang Aoyama berikan. Mulai tehnik mencuri, cara penyamaran, hingga sulap yang dilakukan.

Kekurangannya adalah, karena saya udah baca Detektif Conan duluan, komik ini jadi sedikit membosankan. Mulai dari tokoh yang hampir mirip (Kaito Kuroba = Shinichi Kudo, Aoko Nakamori = Ran Mouri, Detektif Nakamori = Kogoro Mouri, dan lainnya). Memang sih mereka semua juga berperan dalam beberapa kisah Conan, tapi rasanya jadi membosankan meskipun spin-off.

Tapi cukup menarik apabila ingin menikmati goresan gaya Aoyama Gosho yang apik itu. Apalagi tehnik sulap yang disuguhkan dalam komik ini sangat menarik dan memukau (meskipun terlalu ajaib dan mustahil dilakukan). By the way, agak terganggu dengan kebodohan polisi (dan masyarakat) yang tidak ngeh dengan nama “Kaito Kid” dan “Kaito Kuroba”. Padahal kan bisa melakukan investigasi khusus untuk membuktikan kebenarannya.

Penilaian Akhir:

★★★

goodreads-badge-add-plus

3 comments for “Magic Kaito (Jilid 1)

  1. evizaid
    December 22, 2014 at 6:04 PM

    Wah, dapat komiknya dimana? Ini kan komik lama.. XD
    Ternyata nggak seluruhnya mirip versi anime, ya. ^^

  2. January 17, 2016 at 11:56 AM

    Wah jilid pertamanya udah lama banget ya ._. saya malah punya yang jilid keempat XD komiknya ini belum ada lanjutannya :/

    • January 17, 2016 at 1:25 PM

      Yang terakhir terbit volume 4 itupun udah lama banget. Kata Aoyama-sensei, butuh 13 tahun buat nerbitin volume ke 4 -__-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*