Tahuchi Mister

covertahuchi

Judul: Tahuchi Mister

Komikus: DS Group

Penerbit: Elex Media Komputindo

Jumlah Halaman: 180 halaman

Terbit Perdana: 1996

Kepemilikan: Cetakan Pertama, 1996

ISBN: 9796630249

cooltext1660176395

Komik khas Indonesia, baik cerita, tokoh, atau bahkan penulisnya sendiri sangat jarang ditemukan. Kalaupun ada, jumlahnya sedikit. Setahu saya, kebanyakan pemilik bakat komikus hanya menghiasi ilustrasi-ilustrasi buku non komik ataupun banting setir ke format buku yang lain. Hal ini salah satunya disebabkan oleh anggapan umum masyarakat bahwa komik yang bagus (baik cerita ataupun tokohnya) adalah komik dari negeri sakura.

Sekitar 18 tahun yang lalu, (sepertinya) Dwianto Setyawan bermaksud untuk kembali mengangkat kehidupan komik Indonesia. Secara kebetulan, pada tahun tersebut, Indonesia didera euphoria komik bejudul Kungfu Boy hasil karya Takeshi Maekawa. Sehingga Dwianto membentuk tim bernama DS Group untuk menggarap sebuah komik asli Indonesia dengan mengadaptasi tema yang seupa. Kemudian lahirlah Tahuchi Mister.

Cerita bermula dari seorang ahli silat di perkampungan pabik tahu yang sedang berlatih. Ia bernama Tahuchi. Ternyata menjadi seorang ahli silat atau kungfu itu tidak mudah. Benar saja, ia mendapat serangan dari penjahat bernama Jagoan Bengong yang merupakan seorang murid dari makhluk luar angkasa. Ealah tenyata Tahuchi malah sukses menghajar Jagoan Bengong.

Kamu memang bodoh!! Ke mana jurus Jupiter, Mars, Saturnusnya? Tendangan pinalti! Cakar ayam dan bogem mentah! (hal. 23)

Setelah behasil mengalahkan Jagoian Bengong, Tahuchi berhadapan dengan Tombak Sakti. Meeka bertarung di Bukit Sansan. Apakah Tombak Sakti menang? Ehm, ternyata dia kalah sodara-sodara hahahaha. Bahkan sang Tombak memanggil bala bantuan untuk bisa melawan Tahuchi.

Siapa dulu dong orangnya? Tahuchi Mister! Jago dari segala jago taichi! (hal. 47)

Kemudian setelah membereskan musuhnya, Tahuchi pergi ke Bukit Barisan untuk bertemu dengan Pangeran Ling-Lung, seorang tuan tanah yang kejam. Kayaknya sih Tahuchi ingin membereskan segala macam ketidakadilan di dunia ini *ahelah. Tak disangka-sangka, ia malah bertemu dengan seorang gadis cantik bernama Lilin. Bahkan  sempat terjadi kesalah pahaman disini.

Datang-datang kamu langsung menyerang! Apa salahku suaaayaaank! (hal. 23)

Saling bahu-membahu, mereka berdua pergi untuk melawan sang Pangeran. Apakah mereka berhasil dalam menggempur istana dan bertemu pangeran kejam? Silakan ikuti dalam komik one shot asli Indonesia berjudul Tahuchi Mister.

Disaat komik Indonesia mengalami mati suri (cmiiw) pada tahun tersebut, saya rasa Tahuchi mampu memberi sebuah nuansa komedi segar dalam bentuk komik. Apalagi latar belakang Tahuchi sebagai juragan tahu sepertinya terasa Indonesia banget (meski di Jepang juga ada sih). Kemudian nama-nama tokohnya juga sangat Indonesia dan tidak sok-sok pakai bahasa asing agar terlihat keren.

Dari segi cerita, saya rasa cukup bagus. Meskipun mengadaptasi (atau terinspirasi?) dari Kungfu Boy, Tahuchi tidak disebutkan sedang mempelajari kungfu. Melainkan silat sebagai budaya Indonesia. Dan segala macam tempat tidak ada yang menggunakan bahasa asing (bahsa Inggris) sih, kecuali emang sebuah tempat tertentu (misalnya Bukit Sansan). Jadi kental banget bahasa Indonesianya.

Kekurangannya bagaimana? Sayang sekali, ide dan tujuan terpuji untuk membangkitkan perkomikan Indonesia tidak diimbangi dengan eksekusi yang sempurna. Alur cerita berjalan sangat cepat dan tidak jelas asal-usulnya. Maksudnya, dalam 180 halaman menampung banyak cerita dan puluhan tokoh yang tidak jelas juga. Saya tidak bisa mengerti apa alasannya.

Karena ini komik humor, saya justru menyayangkan humor yang terlalu banyak dan ditempatkan pada bagian yang tidak pas. Jadi membuat saya sering berkata “apa sih ini??” berkali-kali. Tahuchi sebagai tokoh utama malah tidak terlalu lucu. Dan apa ya, humornya itu terasa sangat garing.

Saya rasa alangkah lebih baik jika emang berminat membuat komik one shot, tidak usah terlalu banyak konflik. Lebih baik sedikit namun mendalam daripada terlalu banyak malah kemana-mana. Kalau niat banyak konflik, buat berseri saja lebih cocok. Sangat disayangkan sih padahal sebagai komik asli Indonesia seharusnya patut mendapatkan apresiasi yang baik.

Penilaian Akhir:

★★

goodreads-badge-add-plus