Monika dan Kawan-Kawan (Jilid 28)

covermonika28

Judul: Monika dan Kawan-Kawan (Jilid 28)

Judul Asli: Monica and Friends

Komikus: Mauricio de Sousa

Penerjemah: Anni Pramudito

Penerbit: m&c!

Jumlah Halaman: 192 halaman

cooltext1660180343

Semakin nakal & menggemaskan! Jangan dilewatkan untuk dikoleksi!

cooltext1660176395

Jika berbicara tentang komik, pada umumnya kita akan mengingat negara Jepang sebagai produsen paling banyak dalam menghasilkan komik. Berbagai judul baru terbit tiap tahunnya demi memuaskan dahaga para penikmat komik. Meski beberapa negara lain juga telah mampu menghasilkan komik sendiri, saya rasa belum ada yang bisa mengalahkan dominasi Jepang dalam dunia perkomikan.

Jika Jepang mewakili benua Asia, maka tentu kita ingat komik superhero dari benua Amerika yang berulang kali diangkat menjadi film layar lebar dengan berbagai visual effect canggih. Rata-rata komik seperti itu berasal dari negara Amerika Serikat. Lantas, bagaimana dengan negara lain misalnya pada bagian Amerika Selatan?

Negara Brasil adalah salah satu negara yang menghasilkan sebuah komik berjudul Monica and Friends. Komik ini ditulis oleh Mauricio de Sousa. Beruntung komik ini telah didapatkan hak terjemahannya di Indonesia oleh m&c! sehingga bisa memperluas penikmat komik ini.

Komik Monika dan Kawan-Kawan (terjemahan di Indonesia) menceritakan tentang seorang gadis kecil bernama Monika (iya pake “k”, bukan “c” seperti versi aslinya) dan teman-temannya di sekitar rumah. Ada saja kelucuan yang sanggup diceritakan oleh Mauricio perihal kehidupan Monika ini. Salah satunya tentang kawan Monika bernama Jimmy Lima dan Dekil yang selalu jahil mengganggu Monika.

Setiap kali kamu membaca sebuah buku, kamu pasti membuat rencana. Lalu kamu minta tolong aku … yang berakhir pemukulan dari Monika! (hal. 2)

Ya benar, Jimmy dan Dekil idak jera mengganggu Monika meskipun mereka berdua sering sekali mendapatkan pembalasan dari Monika (dalam hal ini adalah pukulan). Iya ceritanya Monika ini sangat kuat meskipun perempuan. Lantas, apakah Jimmy dan Dekil sanggup mengerjai Monika lagi kali ini?

Selain Monika dan teman sepermainannya, ada tokoh lain di komik ini yaitu tokoh-tokoh dalam dunia horor. Salah satunya tentang Dewi Kematian yang bertanggungjawab menghidupkan kembali hantu-hantu pada suatu waktu tertentu. Alih-alih menulis pada secarik kertas, ia menggunakan komputer modern agar memudahkan pekerjaan. Namun ternyata hal itu berakibat buruk.

Tahu, nggak? Teknologi canggih dapat sangat berguna jika kita tahu cara menggunakannya. (hal. 48)

Ada lagi salah satu kawan Monika yang jenius bernama Franklin. Ia frustasi ingin menciptakan sebuah permainan baru pada sebuah taman hiburan agar pengunjung lebih betah di taman bermain bernama Taman Bermain Monika. Ia meminta bantuan Meggi, anak yang gemar makan untuk memberinya inspirasi. Namun bukannya mendapat ide, ia malah semakin tertekan.

Whuaaaa! Aku tidak dapat menciptakan apa-apa! Bahkan aku bicara dengan perut! (hal. 153)

Apakah akhirnya Franklin sanggup menciptakan wahana permainan baru? Baca sendiri deh ya hehehe. Ada lagi cerita tentang Marina dan Rachel. Ceritanya, mereka berdua ini sahabat karib. Nah, si Rachel sedang cemas karena suatu hal yang sangat mengganggunya. Namun Marina menganggap hal itu tidak patut untuk dipikirkan karena mereka masih kecil.

Umurku hampir delapan tahun dan aku belum punya pacar! (hal. 171)

See? Gemes sekali rasanya usia delapan tahun udah ribut masalah pacar. Saya aja yang udah usia segini belum punya kok *halah curcol*. Ternyata pucuk dicinta ulam tiba. Rachel mendapatkan yang diimpikannya meskipun harus melakukan sebuah cara yang agak “cerdik”.

Komik Monika ini adalah salah satu komik dari benua Amerika yang saya kenal, dan salah satu komik yang tidak menggunakan tokoh superhero didalamnya. Maklum rata-rata kan komik Amrik berkutat pada kekuatan super. Sedangkan komik Monika ini berkutat pada dunia anak-anak (sebagian besar sih, meski ada tokoh orang dewasa juga) yang sarat akan masalah-masalah khas anak-anak.

Hasil terjemahannya bagus dan tidak kaku membuat saya menikmati dan seolah-olah setting dan tokohnya ada di Indonesia (atau gara-gara semua nama tokohnya telah diterjemahkan juga kali yah) sehingga tidak membosankan. Pesan moral yang disuguhkan juga mudah sekali untuk dimengerti. Saya rasa anak-anak juga bisa membacanya tanpa membuat orang tua khawatir.

Kekurangannya, mungkin bukan mengenai isi, melainkan identitas buku. Karena di halaman pertama, sudah langsung komik. Tidak ada pendahuluan siapa yang terlibat dalam proses penerjemahan komik ini. Hanya judul asli, penulis, penerjemah, penerbit, artistik, dan penulis teks. Udah. Itu aja. Bahkan ISBN pun tidak ada. Padahal penerbitnya adalah m&c! yang serumpun dengan Gramedia lho. Saya pun jadi tidak bisa mengidentifikasi kapankah terbitnya buku komik ini.

NB: karena saya tidak bisa menemukan waktu terbitnya komik kepunyaan saya ini kapan, saya menggunakan asumsi. Saya tahu bahwa pada bulan Oktober 2005 terbit komik Monika jilid 79. Jadi kemungkinan komik ini terbit beberapa tahun sebelumnya (saya males ngitung bulan persisnya kapan hehe)

Penilaian Akhir:

★★★★

goodreads-badge-add-plus

1 comment for “Monika dan Kawan-Kawan (Jilid 28)

  1. September 3, 2014 at 12:25 PM

    Hehe, suka baca Monica juga rupanya. :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*