Rangkuman Artikel Jurnal Internet Marketing

  1. Karakteristik Produk yang Sesuai di Pasarkan Melalui Internet di Indonesia (Lana Sularto/2009)

Dalam artikel jurnal ini dibahas produk yang sesuai dengan segmen pasar di Indonesia melalui media internet. Peneliti menjabarkan bahwa umumnya pengguna internet adalah kalangan menengah ke atas. Sehingga ini menjadi salah satu indikator bahwa produk yang dapat dijual di internet adalah produk yang berharga atau bisa dibilang mahal. Peneliti juga menjabarkan karakteristik pengguna internet adalah orang yang memiliki wawasan luas atau orang-orang yang mengerti teknologi. Hal ini juga menjadi indikator bahwa produk yang dijual bisa berupa barang teknologi atau gadget. Selain itu ditemukan fakta juga bahwa umumnya pengguna internet adalah konsumen yang membutuhkan produk dari luar geografisnya, dan produk tersebut memiliki perkembangan yang cepat. Dari hasil penelitian kemudian ditemukan bahwa handphone, PC, dan perlengkapan komputer lainnya merupakan produk yang paling dicari di internet. Hal ini memunculkan hasil penelitian mengenai karakteristik produk yang sesuai dipasarkan melalui internet yang karakteristiknya yaitu produk elektronik, produk yang berkaitan dengan internet, produk otomotif, maupun surat kabar.

 

  1. Role of E-Commerce in Economic Growth (Dr.Mohammad Talha, Mr.Ramaiyer Subramaniam)

Dalam penelitiannya mereka menjabarkan banyak pengertian tentang internet marketing serta pengenalannya. Mereka juga menyebutkan bahwa E-commerce termasuk pembelian barang, jasa dan transaksi keuangan lainnya dimana proses interaksi dimediasi oleh informasi atau teknologi digital, dimana keduanya terpisahkan oleh tempat dan saling bersimpangan. Internet marketing atau E-Commerce memiliki peran yang penting dalam pengembangan dan pertumbuhan perekonomian. Melalui internet, penjual dapat secara langsung berhubungan dengan pembeli tanpa perantara. Penjualan melalui internet juga dapat memotong proses dan prosedur biasa yang umumnya memakan waktu lama. Dalam internet marketing perusahaan dapat lebih efisien dalam segi biaya dan waktu. Selain itu pembayaran juga lebih aman karena langsung menggunakan proses transfer atau pun pay pal dimana seluruh konsumen dari seluruh dunia bisa langsung membayar tanpa perlu menukarkan dengan mata uang yang sama. Ini artinya bahwa internet marketing telah menghilangkan keterbatasan segmen pasar yang kita tuju. Sehingga perekonomian akan lebih cepat tumbuh dengan adanya internet marketing. Namun dari adanya berbagai keuntungan tentu ada kelemahan. Yaitu adanya kegiatan ilegal dalam internet yang dapat menggangu proses seperti pencurian uang melalui internet, hacker, dan penyusupan virus ke dalam web yang dapat berakibat fatal.

  1. E-brands: The Decisive Factors in Creating a Winning Brand in the Net (Ioannis S. Tsiames, George J. Siomkos)

Secara umum dalam membangun merek dagang, ada 3 hal yang perlu dilakukan yaitu persiapan dan pengembangan sebuah proposisi yang kuat. Kemudian penjual harus mempengaruhi pembeli untuk mencoba merek tersebut bisa melalui promosi. Dan yang ketiga adalah menciptakan komunikasi atas merek yang memberikan informasi kepada pembeli agar membeli kembali. Namun dalam internet marketing tentunya ada sedikit perbedaan. Ada beberapa hal tambahan yang harus dilakukan.

Dalam internet marketing, penjual harus dapat membangun sebuah identitas serta memaksimalkan kekhasan. Tujuannya adalah menciptakan brand image dan awareness atau kesadaran. Inovasi melalui marketing mix bisa menjadi salah satu cara untuk mencapainya. Dalam internet marketing, penjual juga diharuskan mampu membangun komunikasi dan hubungan yang baik dengan pelanggan yang tentunya juga membutuhkan inovasi. Jika kita telah berhasil membangun kepercayaan dan hubungan yang baik dengan pelanggan melalui internet, tentunya kita harus mempertahankan popularitas tersebut. Selain itu, ada 2 hal yang dapat menjadi pembeda dari pebisnis lain adalah efektifitas web dan alat tambahan dalam web yang dapat menghibur pelanggan Anda. Sehingga mereka senang berada dalam web penjualan Anda.

Ada beberapa indikator yang harus diperhitungkan untuk membangun merek online yang efektif. Pertama ialah strategi komunikasi merek online. Kedua, karakter yang khas. Ketiga, pengalaman online. Keempat, strategi aliansi. Kelima, hubungan eksternal. Keenam, fokus pada pelanggan dan menjaga kepercayaan serta janji. Ketujuh, komitmen terhadap inovasi dan konten isi. Ke delapan yaitu menarik nilai proposisi.

  1. Sucessful E-Marketing : A Small Business Prespective (Tracy Tsang, Mark Durkin, John Garvin)

Artikel ini membahas cara untuk meraih kesuksesan internet marketing pada bisnis kecil. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pengusaha kecil dapat meraih kesuksesan dalam internet marketing. Pertama adalah pengembangan web site dimana ini tujuannya adalah agar kita memiliki web site yang profesional, aman, dan mudah untuk diakses. Kedua, pengusaha harus mempertimbangkan integrasi dengan bisnis yang sudah ada. Integrasi ini diperlukan agar usaha tersebut dapat berjalan searah. Ketiga, pemasaran. Kita harus menciptakan sebuah sarana pemasaran yang baik yang dapat mengenalkan merek kita dengan baik. Kita juga harus mengadakan analisis pasar dengan membuat perhitungan pengunjung dan penjualan langsung. Keempat, buatlah strategi untuk mengatasi ancaman. Kelima, mengevaluasi sukses tidaknya website. Keenam, berusahalah untuk meraih penghargaan perusahaan yang tujuannya tentu untuk meningkatkan semangat untuk meraih kesuksesan. Dari keenam hal tersebut dapat kita simpulkan bahwa perusahaan yang menggunakan internet marketing harus dapat mengintegrasikan antara antara teori pada pasar riil dengan pasar online. Dan integrasi tersebut harus disusun secara sistematis.

  1. Brand eExtensions: Modern Source of Competitive Advantage (Dr. Irini Rigopoulou)

Artikel ini berfokus pada implementasi strategi dan konsekuensi dari keputusan perluasan merek, yang hubungannya dengan penggunaan internet. Pada artikel ini dibahas mengenai perkembangan alami dari internet marketing. Disebutkan bahwa pada tahun 1998 telah diramalkan bahwa internet akan menjadi media pemasaran yang paling banyak digunakan. Dan nyatanya terjadi pada masa globalisasi ini. Internet telah digunakan untuk mengeksploitasi yang lebih efisien. Hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk menerapkan strategi agar memiliki kapabilitas yang baik untuk konsekuensi tersebut.

Strategi harus diterapkan bukan hanya untuk eksploitasi yang efisien. Namun strategi juga dibutuhkan untuk memutuskan perluasan merek tersebut. Karena keputusan yang dibuat akan menimbulkan konsekuensi tersendiri. Keputusan tersebut melahirkan konsekuensi karena pelanggan akan menilai keberadaan merek kita sebagai 3 hal yaitu pelengkap, pengganti, maupun transferability. Prospek dan tantangan dari internet marketing juga dibahas dalam artikel ini. Disebutkan bahwa internet telah menjadi media pemasaran yang lebih dinamis. Melalui internet pula merek menjadi tidak stagnan dan lebih efisien.

  1. Virtual Store Atmosphere In Non-Store Retailing (Adam P. Vrechopoulos and George J. Siomkos)

Atmosfer toko yang dimaksud dalam artikel ini adalah desain ruang dan fisik toko yang dapat mempengaruhi pelanggan. Mempengaruhi dalam artikel ini adalah membuat mereka merasa senang dan nyaman sehingga mau untuk kembali dan membeli produk di toko tersebut. Dalam toko virtual, atmosfer tersebut dibangun dengan desain, gambar, maupun kemudahan dalam penggunaan website yang tujuannya adalah memberikan pengalaman berbelanja yang menarik. Ada tiga hal yang perlu diperhatikan yaitu store image yang terdiri dari kesan internal dan kesan eksternal. Yang kedua adalah atmofer toko yang bisa diciptakan melalui bunyi, rasa, sentuhan, pandangan, dan bau. Yang ketiga ruang toko yang dapat dipresentasikan melalui tema dan even toko.

Dimensi tersebut digunakan untuk menciptakan kenyamanan pengguna agar mau mengunjungi website penjualan kita bukan hanya untuk mencari barang atau membeli, namun agar mereka senang mengunjungi website tersebut dan secara tidak langsung mau mempromosikannya. Efek ruang toko virtual dapat dibangun dengan animasi, kata-kata, dan tata atur menu. Display produk pun dapat dengan mudah dibentuk dan diubah karena kita memiliki banyak alternatif. Atmosfer ini juga dapat mempresentasikan persepsi dan emosi pelanggan melalui pengamatan kebiasaan pembelian mereka pada toko virtual tersebut. Selain itu, kita juga harus menciptakan kemudahan bagi pelanggan. Biasanya dilakukan dengan memunculkan produk yang paling laku atau paling dicari pada halaman pertama website lengkap dengan informasinya.

  1. Marketing on the Internet – Providing Consumer Satisfaction (Joe Abramson and Craig Hollingshead)

Pada dasarnya internet marketing tetap mengaplikasikan prinsip marketing tradisional. Beberapa hal tetap menjadi acuan yang dapat diaplikasikan dalam internet marketing ini. Konsumen dalam internet marketing tetap menjadi sebuah perspektif utama yang harus diperhatikan mengenai kepuasan mereka ketika berbelanja. Ada beberapa hal dalam prinsip marketing tradisional yang perlu diaplikasikan juga dalam internet marketing. Prinsip tersebut mengacu pada marketing mix.

Marketing mix dalam internet marketing terdiri dari beberapa hal. Namun sebelum menentukan marketing mix ada hal penting yaitu yang adalah target pasar. Kita mengetahui bahwa tidak semua orang menggunakan internet. Dan pengguna internet yang dapat kita jadikan target pun terbagi menjadi 2 tipe yaitu surfers dan shoppers. Marketing mix yang pertama berhubungan dengan produk. Produk harus diklasifikasikan, ada 3 tipe produk yaitu shopping good, specialty good, atau convenience good. Marketing mix kedua adalah price atau harga. Harga pada internet marketing biasanya murah karena biaya overhead untuk operasional website relatif lebih murah dari pada real shop. Namun yang menjadi masalah biasanya adalah masalah keamanan. Konsumen menuntut kita untuk menyediakan transaksi yang aman dengan alat transaksi yang dapat mereka gunakan. Tidak terbatas dengan itu kita juga menghadapi resiko adanya kesalahan teknologi. Marketing mix ketiga yaitu promosi. Kita akan menerapkan promosi yang berbeda dan harus komunikatif karena kita menggunakan media internet. Marketing mix ketiga adalah tempat. Keuntungan dari internet marketing yaitu kita bisa melakukanny dimanapun bahkan dirumah.

Dari bahasan tersebut kita dapat mengetahui bahwa internet marketing memiliki banyak keuntungan seperti kenyamanan, kemudahan, murah, akses yang tidak terbatas, serta pengalaman pembelian yang menyenangkan. Namun dari keuntungan tersebut ada kekurangan yaitu sulit memprediksi waktu pengiriman, adanya resiko teknologi, tidak ada sample produk, dan sulit memastikan kemungkinan penipuan.

  1. Creating and Maintaining Effective E-commerce Websites (Dr. Allan C. Reddy)

Membuat dan melakukan perawatan yang efektif terhadap website sangatlah penting dalam internet marketing. Hal ini dikarenakan desain dan efektifitas tersebut menjadi sebuah lingkungan dimana kita melakukan pemasaran. Dan pembuatan desain tersebut juga dapat mempengaruhi biaya yang kita keluarkan. Sehingga perlu perhatian yang lebih agar kita dapat menciptakan sebuah website yang efektif.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam sebuah website agar menjadi efektif yaitu kecepatan, website harus sesimple mungkin, software yang digunakan, pelayanan terhadap pengakses, keamanan website baik akses keluar maupun kedalam, gaya atau bisa disebut model website, kemanan dalam berbisnis online, jumlah konten yang ada dalam website, kualitas konten yang dimuat dalam website tersebut, kerapian website secara keseluruhan. Semuanya harus diatur sedemikian rupa agar website tersebut menjadi efektif, berbiaya rendah, aman, serta mudah digunakan.

  1. Impact of Online/Internet Marketing on Computer Industry in Malaysia in Enhancing Consumer Experience (Hamed Armesh, Habibollah Salarzehi, Noor Mohammad Yaghoobi, Alireza heydari, Davoud Nikbin)

Artikel jurnal ini memuat hasil yang signifikan dan korelasi diantara jumlah produk, kualitas pelayanan internet marketing, biaya efektif, pelayanan pelanggan, keragaman produk, penggunaan, desain website, dan kepuasan pelanggan. Artikel jurnal ini juga mengungkapkan bahwa ada korelasi yang signifikan diantara loyalitas dalam internet marketing dan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan tersebut tidak dapat timbul dalam waktu yang sekejap. Kepuasan tersebut timbul dari hubungan yang memuaskan selama periode yang lama. Dalam internet marketing biasanya konsumen memperlihatkan kepuasannya apabila informasi produk tersebut jelas, desain website yang baik dan navigasinya yang menyenangkan.

Dalam artikel jurnal ini peneliti mencoba menggunakan data untuk mengetahui dampak dari internet marketing. Peneliti memperoleh data melaui kuisioner dan diskusi. Dan dari penelitian tersebut membuktikan bahwa ada korelasi yang signifikan diantara banyak faktor tersebut khususnya dalam internet marketing. Hasil penelitian tersebut juga menunjukkan adanya korelasi antara loyalitas konsumen dengan kepuasan pelanggan. Ketika kita dapat menciptakan website yang mampu memnuhi hal-hal tersebut maka internet marketing tersebut akan menjadi sebuah media pemasaran yang sangat baik dan berimbas positif bagi usaha. Namun dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa masih banyak pengguna internet yang kurang memperhatikan dampak dari penggunaan internet marketing. Hanya beberapa sektor saja yang telah memanfaatkannya dengan baik. Karena ada kesulitan dalam menjamin keamanan.

  1. Internet Marketing: Konsep dan Persoalan Baru di Dunia Pemasaran (Bertha Silvia Sutejo)

Artikel ini menyinggung mengenai efek internet marketing pada marketing mix dan dasar pembangunan paradigma baru pemasaran. Didasarkan pada literatur yang ada, beberapa hal yang dapat kita pelajari adalah sebagai berikut: pertama, penggunaan internet mengubah beberapa elemen pendekatan marketing mix tradisional. Kunci sukses strategi pemasaran melalui internet adalah strategi interaktif. Kedua, internet memberikan lingkungan dan pendekatan berbeda untuk pemasaran internasional. Internet membuat pergantian fundamental dari mass marketing menjadi personalized marketing. Marketing mix untuk internet marketing 5P, yaitu product, price, personalization, promotion, dan place. Internet marketing memungkinkan transformasi aktivitas perdagangan tradisional dari non-electronic menjadi electronic plat form.

Oleh karena itu, muncul paradigma baru pemasaran untuk menjelaskan pemasaran internasional dalam era elektronik. Banyak peneliti sebelumnya menggambarkan bahwa internet dan WWW memiliki karakteristik unik yang membuat mereka mendapatkan competitive advantage. Paradigma baru pemasaran (lihat gambar 4.) dibangun berdasarkan 7 (tujuh) dimensi yang membedakan traditional marketingdan internet marketing, yaitu perspektif waktu (time perspective), fungsi pemasaran pendominasi (dominating marketing function), cara komunikasi (communication mode), penciptaan nilai (value creation), dasar kompetisi (competition base), kondisi pasar (market nature), dan pemikiran ekonomi (economic thinking).

  1. A Network Based Intelligent Training System of Internet Marketing for SMEs (Lihua Zhou, Xiaoxiao Feng)

Artikel jurnal ini membahas pengetahuan dan pembuatan keputusan yang mendukung SMEs (Small and Medium size Enterprises) dalam internet marketing. Intelligent Training System membuat alat evaluasi pribadi bagi pengguna untuk membuat sebuah test online. Pelatihan ini mencangkup dua tingkatan yaitu theory training and case study, dan training materials yang sangat berhubungan dengan pengenalan dan menjalankan aktifitas internet marketing. Melalui training dan test ini diharapkan pelaku internet marketing benar-benar mengerti kapasitas dan kemampuannya dalam pengelolaan dan penggunaan internet marketing. Melalui sistem ini pengguna akan diperkenalkan lebih jauh agar mengerti langkah-langkah prosedural untuk menggunakan internet marketing.

  1. E-Commerce as an Alternative Strategy In Recovery From The Recession (Mesut Savrul, Cüneyt Kılıç)

Pada artikel ini dibahas tentang strategi untuk mengatasi resesi dengan menggunakan Internet Marketing. Peneliti mengungkapkan fakta salah satunya saat terjadi krisis keuangan global pada 2008, banyak pengusaha yang dapat mengentaskan diri dari kebangkrutan dan resesi tersebut menggunakan internet marketing. Hal ini dikarenakan efek negatif secara langsung dari internet marketing lebih kecil dari tipe penjualan yang lain dalam krisis. Disamping efek langsung dari internet marketing, juga ada efek secara tidak langsung yang dapat berkontribusi untuk mengeliminasi efek negatif dari krisis. Hal itu dikarenakan internet marketing mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi, dan itu adalah strategi yang memungkinkan untuk digunakan dalam keadaan krisis. Internet marketing juga meningkatkan daya saing dari perusahaan dalam penjualan dan pembelian online.

Di samping memotong biaya dan meningkatkan produktifitas, internet marketing juga memiliki keuntungan yang signifikan melebihi cara penjualan tradisional khususnya dalam masa krisis. Internet marketing juga mengizinkan pembeli dan perusahaan untuk mencapai kendali pasar dengan mudah, dimana hasilnya berupa volume penjualan dan keuntungan dari sisi permintaan dan penawaran. Dan dalam sudut pandang ekonomi makro, internet marketing dapat menambah volume penjualan yang berkontribusi terhadap negara untuk menghilangkan efek krisis.

  1. The Impact of E-commerce on International Trade and Employment (Nuray Terzi)

Internet memiliki dampak yang sangat baik bagi perdagangan khususnya perdagangan internasional. Internet terbukti dapat meningkatkan perdagangan internasional dibangdingkan dengan cara yang lain. Melalui internet ini volume perdagangan internasional meningkat sehingga terjadi proses impor dan ekspor yang memiliki keuntungan ekonomi yang tinggi bagi sebuah negara. Internet marketing atau E-commerce juga memiliki dampak yang besar dalam jasa perdagangan. Secara tidak langsung, adanya internet marketing dapat meningkatkan jumlah pekerjaan baru. Dengan adanya lowongan pekerjaan yang baru dihasilkan dalam sektor informasi dan teknologi, secara tidak langsung akan meningkatkan permintaan dan produktifitas. Karena dengan adanya internet marketing maka akan muncul permintaan akan skill tertentu untuk dipekerjakan.

Dari beberapa data yang ada menunjukkan bahwa banyak negara yang permintaan akan tenaga kerjanya meningkat seiring dengan bertambahnya perusahaan yang menggunakan internet marketing. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan kreatifitas dan skill semakin meningkat. Tidak hanya itu, produktifitas pun cenderung meningkat diakibatkan oleh semakin terbukanya hubungan antara penjual dengan pasar yang luas. Dan realitas ini tentunya mengakibatkan sebuah negara mengalami keuntungan perekonomian yang signifikan.

  1. Design and Promotion Strategy of Marketing Platform of Aquatic Auction based on Internet (Jianliang Peng)

Perdagangan secara online tentunya berhubungan dengan jaringan diantara permintaan dan penawaran. Elemen desain akan berkaitan erat dengan lokasi customer service, serta fungsi dasar dari usaha termasuk pembelian, pemesanan, dan cara pembayaran. Ada banyak media online yang dapat kita gunakan untuk internet marketing seperti blog, email, maupun media sosial. Semua media tersebut dapat kita desain sesuai kebutuhan dan dengan cara yang berbeda-beda. Namun untuk mengoperasionalkannya kita harus memperhatikan letak website kita dalam mesin penelusuran. Ada yang disebut search engine marketing biasanya berupa SEO marketing dan PPC markets. Ada juga yang disebut BBS marketing yaitu dengan menciptakan forum.

Dalam memasarkan secara online ada beberapa cara marketing yang dapat kita gunakan. Misalnya memasang iklan pada blog atau pada website milik orang lain tentu dengan biaya tertentu. Kemudian kita dapat menggunakan free trial agar mereka tertarik mencoba. Langkah yang bisa kita gunakan terakhir yaitu pembedaan harga sehingga mereka tertarik. Untuk promosi dan perdagangan melalui internet kita harus menghubungkan antara material yang kita miliki dengan dengan jaringan diantara permintaan dan penawaran. Desain konten serta efektifitas strategi promosi atas internet marketing akan terlihat dampaknya sehingga kita harus mampu menciptakan keunggulan dengan memanfaatkan sebaik mungkin keuntungan dari penggunaan media internet tersebut. Karena internet marketing memiliki keunggulan dari cara pembayaran, waktu pembelian, kemudahan akses, serta kontribusi yang langsung pada pelanggan.

  1. Revisiting the Impact of Integrated Internet Marketing on Firms Online Performance: European Evidences (Maria Teresa Tiago, Flavio Tiago)

Dalam artikel ini kita dapat mengetahui integrasi internet marketing, mengidentifikasi hubungan antara implementasi integrasi internet marketing dan performa dari bisnis online, serta menentukan dampak penggunaan aktifitas internet marketing. Dari hasil penelitian ternyata ditemukan bahwa tidak ada hubungan yang bisa ditemukan antara praktek perusahaan dan negaranya. Hasil analisis juga menunjukan bahwa dilingkungan digital, manajemen hubungan pelanggan dan supply chain management memiliki dampak yang lebih baik pada internet marketing daripada aktifitas manajemen biasa.

Kita dalam proses internet marketing ini perlu mempertimbangkan dan membandingkan hasil dari penjualan secara online dan dengan cara tradisional. Hal itu digunakan agar kita mengetahui seberapa besar dampak penggunaan internet dalam pemasaran. Melalui penelitian ini juga ditemukan bahwa kedepannya pekerjaan benar-benar memutuhkan adanya elemen yang baru seperti dukungan manajemen dalam rintisan internet marketing. Selain itu juga dibutuhkan analisis dengan banyak tingkatan atas proses bisnis secara online.

  1. Analisis Implikasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Perilaku Pasca Pembelian Melalui Testimoni dam Situs Pemasaran Internet

Sebelum kita menganalisis dampak kepuasan pelanggan tersebut sebelumnya kita perlu memperhatikan beberapa hal dalam pemasaran melalui internet kita. Ada dua hal yang perlua diperhatikan yaitu kualitas produk dan kualitas pelayanan. Tentunya untuk memenangkan persaingan pada pasar kita harus memiliki keduanya. Baru setelah memperhatikan kedua hal tersebut kita dapat berlanjut untuk melakukan pengamatan terhadap perilaku pembelian konsumen dalam internet marketing kita.

Setelah mengamati perilaku pembelian mereka kita juga dapat melakukan pengamatan terhadap tingkat kepuasan mereka dengan cara memperhatikan testimonial mereka dalam website kita. Testimonial itu sangat dibutuhkan agar kita mengetahui seperti apa pandangan pelanggan terhadap bisnis yang kita jalankan secara online tersebut. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pelayanan. Pertama kita harus memperkecil kesenjangan yang terjadi antara pihak manajemen dengan pelanggan. Kedua memberikan kesempatan pada mereka untuk menyampaikan keluhan dan kritik.

Dalam pelayanan pembelian secara online, kecepatan dan ketepatan waktu penerimaan barang merupakan peran yang sangat penting dan berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk pembelian selanjutnya. Melalui testimoni yang mereka berikan kita dapat mengamati psikologi mereka setelah melakukan pembelian pada perusahan online kita. Internet marketing akan sangat bergantung pada kualitas pelayanan yang baik yang hanya dapat kita ketahui dengan mempelajari perilaku dan kebiasaan pembelian konsumen. Khususnya dengan cara mengamati testimonial mereka. Beberapa testimoni mungkin menunjukkan loyalitas mereka, namun beberapa testimoni juga bisa berupa keluhan. Dan itulah yang menjadi indikator kepuasan mereka terhadap pemasaran internet yang kita lakukan.

KESIMPULAN

Saat ini internet marketing telah menjadi realitas baru yang sangat berpengaruh dalam perekonomian. Internet marketing itu sendiri ternyata memiliki perilaku yang sedikit berbeda dengan pasar biasa. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk menciptakan keunggulan bersaing serta kesuksesan dalam internet marketing. Internet marketing memang masih menerapkan prinsip marketing mix, namun perlakuannya berbeda karena dalam internet marketing kita hanya memiliki toko virtual dan kita bertemu langsung dengan konsumen tanpa perantara. Umumnya kita akan dihadapkan dengan permasalahan mengenai desain website yang kita gunakan. Kita sebagai pelakuku internet marketing harus memahami dengan baik cara menciptakan website yang efektif untuk internet marketing.

Pada kenyataanya, internet marketing selalu memiliki kelemahan dalam keamanan. Seringkali konsumen meragukan keamanan transaksi dan pengiriman barang. Karena mereka takut akan bahaya penipuan yang rentan terjadi. Sehingga untuk mendapatkan loyalitas pelanggan kita harus benar-benar dapat meciptakan kepuasan pelanggan yang hanya bisa didapatkan dengan menjaga kepercayaan mereka. Umumnya masalah kemudahan, efektifitas, dan keamanan menjadi tolak ukur mereka.

Internet marketing juga dapat dijadikan sarana yang sangat unggul dalam meraih pangsa pasar yang luas. Karena banyak keuntungan yang akan kita dapat dari menggunakan internet marketing. Salah satunya yaitu biaya overhead yang rendah sehingga harga barang yang kita jual akan lebih murah jika kita menggunakan internet marketing. Selain itu, internet marketing ternyata juga memiliki dampak yang sangat luas bagi perekonomian negara. Internet marketing dapat meningkatkan lapangan kerja. Internet marketing juga dapat meminimalisasi dampak krisis ekonomi sehingga sangat efektif dilakukan untuk menghadapi kondisi krisis.

Melalui banyak artikel jurnal diatas maka dapat disimpulkan bahwa internet marketing adalah metode pemasaran yang sangat baik dan berdampak positif bagi perusahaan. Hal ini dikarenakan internet marketing menghilangkan jarak antara penjual dan pembeli, serta mempermudah proses pemasaran yang biasanya berbiaya mahal.

Daftar Pustaka

(online) (http://abdurrahmanadi.wordpress.com, diakses 17 Oktober 2012)

(online) (http://www.arraydev.com, diakses 17 Oktober 2012)

(online) (http://www.sciencedirect.com, diakses 17 Oktober 2012)

(online) (http://www.ccsenet.org, diakses 17 Oktober 2012)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Proudly powered by WordPress
Theme: Esquire by Matthew Buchanan.