KOMUNIKASI BISNIS KELOMPOK 10

April 10th, 2019

http://@nanangsuryadi.lecture.ub.ac.id/

264636_MACAM MACAM JENIS SURAT (1)

Laporan Bisnis

April 4th, 2019

http://@nanangsuryadi.lecture.ub.ac.id/

MAKALAH KOMUNIKASI BISNS kel.10

 

 

Komunikasi Bisnis: PERBEDAAN BUDAYA BISNIS ANTAR NEGARA

March 8th, 2019

Nama : Rica afriani Jawak
NIM : 185020201111043
Mata Kuliah : Komunikasi Bisnis
Kelas : BB

@nanangsuryadi.lecture.ub.ac.id

PERBEDAAN BUDAYA BISNIS ANTAR NEGARA

-Jepang
*Nilai-Nilai Sosial*
menjunjung tinggi kedisiplinan waktu dan kerja keras
*Peran dan Status*
Senioritas
*Bahasa Tubuh*
Orang Jepang menggunakan bahasa tubuh seperti mengangguk sebagai isyarat percakapan untuk memberi tahu orang lain bahwa mereka sedang mendengarkan. Anda mungkin heran karena sering mereka gunakan. Ketika berbicara kepada orang-orang yang tidak akrab dengan bahasa Jepang, isyarat ini digunakan untuk mengisyaratkan bahwa mereka sepenuhnya memahami makna percakapan.
*Konteks Budaya*
Jepang terkenal memiliki etos dan etika kerja yang sangat baik. Mereka berhasil memadukan unsur modern dan tradisional dalam berbisnis. Modernitas diterapkan dalam sarana dan prasarana, sedangkan tradisionalitas diterapkan dalam etika.
*Budaya Perusahaan*
Budaya perusahaan-perusahaan asal Jepang dipengaruhi oleh kultur yang hidup di masyarakat Jepang.
Budaya Umum Perusahaan-perusahaan Jepang Seperti halnya di Indonesia dan masyarakat timur umumnya, orang-orang Jepang sangat menjunjung tinggi ikatan keluarga. Orang Jepang senang mengekspresikan dirinya dengan huruf wa: washoku, washiki, washitsu, dan sebagainya. Wa artinya keharmonisan, kedamaian, dan ketiadaan konflik, dan ketiadaan perbedaan.
-China
*Nilai-Nilai Sosial*
Salah satu caracteristic yang sangat penting dari budaya Cina yaitu Praktis Kebijaksanaan (Practical Wisdom).
*Peran dan Status*
Status dan peran wanita dalam keluarga dan masyarakat China memiliki kedudukan yang berbeda dengan laki-laki. Sejak dulu, laki-laki selalu dianggap sebagai inti dari keluarga dalam masyarakat China, oleh karena itu keluarga China bersistem patriakhal.
*Bahasa Tubuh*
Di China, jika ada seseorang yang melakukan bahasa tubuh melingkarkan jari kelingkingnya, berarti mereka sedang berjanji akan sebuah hubungan yang serius.
*Konteks Budaya*
Budaya China selalu mengedepankan etika, tetapi etika tidak bisa begitu saja membangun hubungan yang baik. Diperlukan harmonisasi antara etika dan kemampuan berkomunikasi.
*Budaya Perusahaan*
kekuatan perusahaan China yang telah mengakar hingga saat ini, penting bagi para pebisnis untuk memahami business culture China.
“Sayangnya masih sedikit dari kita yang memahami bagaimana cara meningkatkan engagement dengan perusahaan China. Padahal China memegang banyak peran di era yang bisa dikatakan uncertainty ini.

 

-Indonesia
*Nilai-nilai Sosial*
Sebagai totalitas nilai, tata sosial, dan tata laku manusia Indonesia harus mampu mewujudkan pandangan hidup dan falsafah negara Pancasila ke dalam segala segi kehidupan berbangsa dan bernegara. mengangkat tinggi nilai-nilai baik dari budaya asli indonesia. untuk menyelamatkan negara kita.
*Peran dan Status*
Peran sosial ini sangat melekat pada setiap orang yang memiliki status sosial yang dipandang tinggi atau baik oleh masyarakat seperti pejabat, kepala desa, pelajar, mahasiswa, gutu, dan lainnya.
*Bahasa Tubuh*
bersalaman sebagai ucapan selamat dating
*Konteks Budaya*
Berorientasi kepada hasil
*Budaya Perusahan*
sistem hierarki yang terlihat dari sebagian besar lingkungan bisnisnya.

-Amerika Serikat
*Nilai-nilai Sosial*
Amerika Serikat merupakan negara terluas ketiga atau keempat di dunia, dan terbesar ketiga menurut jumlah penduduk. Amerika Serikat adalah salah satu negara yang paling multietnik dan paling multikultural di dunia. Hal tersebut muncul akibat adanya imigrasi besar-besaran dari berbagai penjuru dunia. sebagai Negara Barat, AS memiliki sifat yang bebas.
*Peran dan Status*
Mempunyai skil dan perekonomian termaju di dunia.
*Bahasa Tubuh*
gesture melilitkan jari telunjuk dan jari tengah, menunjukkan bahwa orang Amerika sedang mengucapkan kata semangat “Semoga Berhasil” kepadam.
*Konteks Budaya*
Masyarakat Amerika Serikat mengakui mereka tidak memiliki budaya khusus turun termurun, melainkan menganggap bahwa budaya mereka adalah budaya untuk “berusaha menjadi yang terbaik”. Karena tidak ada faktor kasta, agama, dan budaya yang menghalangi hal ini, masyarakat di negara tersebut mempercayai, seseorang yang berusaha untuk menjadi yang terbaik, akan dapat menjadi yang terbaik.
Budaya Amerika Serikat telah berkembang ke seluruh dunia dalam berbagai bentuk adaptasi dan telah memengaruhi seluruh dunia, khususnya dunia Barat. Musik di Amerika Serikat banyak didengarkan di seluruh dunia, dan tayangan film beserta televisi Amerika Serikat dapat dilihat di manapun. Kini sebagian besar kota di sana memiliki musik klasik dan rakyat; pusat penelitian dan museum, pertunjukan tari, musik dan drama; proyek seni terbuka dan arsitektur penting.
*Budaya Perusahaan*
Amerika yang punya gaya lebih kasual. Menurut Deirdre Clemente, ahli sejarah budaya Amerika, cara berpakaian adalah bentuk kebebasan, nilai yang emang udah dijunjung tinggi para bapak pendiri Amerika. kerja Amerika, meeting adalah waktu yang tepat buat brainstorming dan mendiskusikan suatu proyek atau persoalan. Sanggah-menyanggah pendapat jadi hal yang biasa terjadi, bahkan di antara senior dan junior.
-Jerman
*Nilai-nilai Sosial*
Jerman juga dikenal sebagai negara dengan sistem jaringan pengaman sosial yang baik dan memiliki standar hidup yang sangat tinggi. Jerman dikenal sebagai negara dengan penguasaan ilmu dan teknologi maju di berbagai bidang, baik ilmu-ilmu alamiah maupun sosial dan kemanusiaan.
*Peran dan Status*
Jerman (Barat) adalah negara pendiri Masyarakat Ekonomi Eropa (kelak menjadi Uni Eropa pada tahun 1993). Negara ini juga menjadi anggota zona Schengen dan pengguna mata uang Euro sejak 2002. Sebagai negara penting, Jerman adalah anggota G8, G20, menduduki urutan keempat dalam Produk Domestik Bruto dan urutan kelima dalam Keseimbangan Kemampuan Berbelanja (2009), urutan kedua negara pengekspor dan urutan kedua negara pengimpor barang (2009), dan menduduki urutan kedua di dunia dalam nilai bantuan pembangunan dalam anggaran tahunannya (2008).
*Bahasa Tubuh*
menunjukkan jika wanita Jerman ini sedang menyemangatimu.
*Konteks Budaya*
Jerman tergolong dalam budaya bertipikal konteks-rendah
*Budaya Perusahaan*
Budaya kerja yang tercipta akan sangat identik dengan siapa yang mendirikan bisnis tersebut, di mana bisnis tersebut dioperasikan, apa yang melatarbelakangi berdirinya perusahaan tersebut, atau siapa yang bekerja pada perusahaan tersebut. Salah satu yang menarik untuk dapat dibahas kali ini adalah budaya kerja bangsa Jerman, seperti yang pernah dilansir oleh situs huffingtonpost.