Android keluarga linux

android-plus-linux-equals-lindroid-edirts

Banyak system operasi komputer modern saat ini menggunakan Linux sebagai program inti (kernel), meskipun tidak dipopulerkan sebagai Linux. Contoh sistem operasi fenomenal dan sukses adalah Android, yang pada akhir 2012 telah menguasai lebih dari 70% pasar sistem operasi komputer seluruh dunia, khususnya untuk smartphone dan tablet PC. Kesuksesan Android itu tidak bisa lepas dari peran Linux dan cara pengembangan Open Source.

Sebelum kita membahas hubungan antara android dengan linux terlebih dahulu kita harus mengetahui  definisi dari Linux dan android itu sendiri.  Linux merupakan salah satu komponen (penting) dari sekian banyak komponen yang membentuk sistem operasi GNU/Linux. Linux bukan sistem operasi, melainkan nama dari kernel sistem operasi. Sistem operasi yang seutuhnya adalah GNU, dan karena Linus Torvalds juga telah bekerja keras membuat kernel Linux yang digunakan GNU, maka sebutan yang pantas untuk sistem operasi adalah GNU/Linux.

linux_android_iphone

Android adalah sistem operasi yang digunakan sebagai pengelola sumberdaya perangkat keras, baik untuk ponsel, smartphone dan juga  tablet PC yang awalnya dikembangkan oleh perusahaan Android Inc. Pada bulan Juli tahun 2005, Google bersama Android Inc membentuk suatu hubungan kerjasama. Diperusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat  seluler yang didukung oleh kernel Linux yang dimodifikasi. Secara umum Android adalah platform yang terbuka (Open Source) bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh berbagai piranti bergerak. Kebanyakan pengguna sAndroid tidak kesulitan menggunakan, memainkan, bahkan meng-custom smartphone mereka karena Android adalah sistem operasi yang user friendly. Namun kebanyakan dari mereka tidak tahu bahwa bahwa Android itu berbasis Linux.

android-linux

Lalu apakah android keluarga linux? Jika Android merupakan sebuah sistem operasi, maka Linux digunakan sebagai kernel-nya. Kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Google mengibaratkan Android sebagai tumpukan software. Dan linux ini menjadi dasar tumpukan tersebut, Linux kernel.

Demikianlah hubungan antara android dan Linux. Namun kita tidak bisa mengatakan android sama dengan Linux. Itu dikarenakan Linux “hanya” sebagai kernel-nya saja. Maka kesimpulannya adalah android merupakan keluarga linux.

sumber rujukan:

http://apenk.com/77/android-itu-linux/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>