Strategi Pemasaran UKM

2010
06.19

Usaha Kecil Menengah atau UKM adalah industry dengan jumlah karyawan kurang lebih 100 orang. Sektor inilah yang bertahan ketika Indonesia diserang krisis ekonomi tahun 1998. berikut adalah alasan kenapa UKM bisa bertahan:

  1. Modal tidak tergantung pada pinjaman bank sehingga tidak terpengaruh dengan suku bunga pinjaman yang naik
  2. Pemasarannya masih di dalam negeri sehingga tidak dibingungkan dengan nilai tukar mata uang yang tidak stabil

Mengingat begitu vitalnya UKM sebagai salah satu pilar ekonomi Indonesia, para pelaku usaha UKM masih memiliki kendala dalam memasarkan produknya.

Berikut ini beberapa poin penting yang perlu diperhatikan oleh para pelaku UKM agar strategi pemasaran  yang digunakan berhasil memikat para konsumen:

  1. Mulailah Dengan Riset Pasar 
  2. Menciptakan produk unik
  3. Promosi
  4. Pemeliharaan loyalitas pelanggan

Poin yang terakhir adalah hal yang paling sulit karena loyalitas di bentuk oleh faktor-faktor tertentu. Untuk media promosi, yang sedang tren sekarang adalah menggunakan jejaring social atau beriklan lewat internet.

Sumber:

www.sciencedirect.com

www.bisnisukm.com

One Response to “Strategi Pemasaran UKM”

  1. Student Blog says:

    Selamat datang. Ini adalah contoh komentar!

Your Reply

You must be logged in to post a comment.