Comments Off on TIGA TOKO SATU MINIMARKET

TIGA TOKO SATU MINIMARKET

2011
12.28

Komunikasi adalah cara kita menjelaskan atau mengabarkan sesuatu kepada seseorang. Bentuk komunikasi sendiri ada dua, yaitu komunikasi langsung dan tidak langsung. Contoh komunikasi langsung adalah kita berbicara langsung dengan orang yang ingin kita beritahu, sedangkan komunikasi tidak langsung contohnya adalah Lyle, yang tinggal di Malang, mengirimkan surat kepada Neil yang tinggal di Surabaya.
Dalam dunia retail, komunikasi digunakan untuk mengembangkan imej suatu merek dan membangun loyalitas konsumen. Merek mengidentifikasikan produk atau servis yang ditawarkan oleh penjual dan membedakan produk dan servis dari yang ditawarkan oleh kompetitor. Membeli shampo di toko kelontong tentu akan berbeda ‘rasanya’ jika dibandingkan membelinya di alfamart. Rasa inilah yang merupakan salah satu wujud dari perbedaan yang ditawarkan oleh penjual.
Dari tempat kos saya ke kampus, saya menemui beberapa toko retail. Ada empat yang besar, yaitu Toko Maju Jaya, Toko Nayla, Toko Cahaya, dan Minimarket Rahma. Toko Cahaya adalah toko yang luasnya paling kecil. Minimarket Raham cukup terkenal di kalangan mahasiswa karena harga yang ditawarkan lebih murah dengan kualitas barang yang sama.
Keempat retailer ini sama-sama menggunakan tata letak model jaringan, dimana kasir terletak di dekat pintu. Selain Minimarket Rahma, penjaga kasir adalah pemilik sendiri atau anaknya.
Toko Nayla adalah toko yang penataanya paling tidak rapi, di beberapa rak ada barang yang berdebu, barang yang hampir dekat masa kadaluwarsa tetap dijual, dan letak barang banyak yang acak-acakan. Terkadang lantai juga sedikit kotor.
Toko Maju Jaya, dari luar penataannya terlihat rapi. Showcase yang berisi minuman ringan diletakkan dekat dengan pintu keluar. Begitu masuk yang kita lihat adalah makanan ringan. Di depan toko, ada spanduk nama toko, yang di cetak dengan iklan suatu produk rokok.
Toko Cahaya, karena luasnya yang mungkin sekitar 5 kali 4 meter, maka untuk beberapa barang tertentu kita mesti bilang kepada penjaga untuk mengambilkan barang tersebut. Merchandise yang dijual tidak sebanyak toko Nayla atau Toko Maju Jaya. Perbedaan yang terlihat adalah di toko ini tidak dijual eskrim.
Minimarket Rahma menjual beberapa barang yang tidak dijual di ketiga toko di atas, seperti aneka kertas warna-warni, aneka peralatan tulis dan kantor, perabot dari plastic, dan aksesoris wanita. Variasi dan kedalaman barang yang dijual cukup lengkap. Contohnya sabun mandi batangan tersedia mulai harga seribuan sampai tiga ribuan.
Toko Nayla, Toko Cahya, dan Minimarket Rahma menggunakan neon box sebagai salah satu bentuk komunikasi keberadaan toko mereka kepada konsumen. Toko Maju Jaya menggunakan spanduk. Ketiga toko tidak melakukan promosi dalam bentuk potongan harga atau bundling barang. Minimarket rahma terkadang melakukan promosi untuk barang-barang yang baru masuk/tersedia, misalnya beli 1 parfum ukuran 200ml gratis 1 ukuran 50ml.
Jika dibandingkan dengan toko retail lain seperti Indomaret dan Alfamart yang ada di daerah ketawanggede, Minimarket Rahma bisa bersaing. Promosi yang minim akan tetapi pengunjung yang datang lebih banyak jika dibandingkan dengan denga kedua toko retail di atas.

Comments Off on Internet Marketing Menggunakan Social Media

Internet Marketing Menggunakan Social Media

2011
12.26

Kehidupan sehari-hari kita tak bisa dilepaskan dari internet. Entah itu untuk mengerjakan tugas kuliah, berdagang secara online, membuka social media, atau hanya sekedar untuk bermain game online.

Kalau dulu kita mesti mempunyai web sendiri supaya bisa memasarkan produk, sekarang kita bisa menggunakan Facebook, Twitter, atau web yang khusus menyediakan jasa sebagai tempat jual beli seperti Forum Jual Beli Kaskus atau tokobagus.com. Tentu ada rule  untuk bisa memanfaatkan situs seperti itu, apalagi kalau bukan mesti mendaftar alias sign up terlebih dulu. Beberapa situs jaringan sosial juga menyediakan space tersendiri untuk beriklan, yang ini gak gratis, ada fee tertentu.

Berikut beberapa manfaat social media sebagai tempat berdagang yang saya kumpulkan dari berbagai sumber:

1. Membangun brand dan menumbuhkan minat calon pembeli.

Bagi usaha yang baru berdiri, apalagi produk yang dijual merupakan barang yang sudah ada di pasaran, tentu agak sulit menjaring pelanggan. Membangun brand di dunia maya bisa menjadi salah satu strategi memperkenalkan brand kita ke pasar di luar daerah. Beberapa konsumen ada yang menanyakan alamat toko kita, ini bisa menjadi tempat beriklan yang gratis

2. Mengintai kekuatan pesaing

Kok bisa? kita bisa melihat ‘toko’ pesaing dan menganalisa strategi yang digunakan oleh pesaing. Beberapa mungkin menggunakan strategi yang sama.

3. Menempatkan produk dalam posisi lebih manusiawi dan interaktif dengan calon pembeli.

Toko online ibarat paduan toko retail modern dan konvensional. Kita tak hanya memasang harga pas tapi juga melayani konsumen secara langsung. Konsumen bisa melihat-lihat produk kita layaknya di retail modern dan mendapatkan pelayanan seperti di toko tradisional.

Comments Off on Buzz marketing

Buzz marketing

2011
12.21

Buzz dalam bahasa Indonesia adalah dengung. Tujuan melakukan Buzz Marketing adalah mengenalkan produk atau jasa ke publik dengan menggunakan konsumen itu sendiri. Tehniknya berlangsung dari mulut ke mulut (word of mouth). Dengung tersebut diharapkan dibicarakan oleh sebanyak mungkin kalangan, yang hasilnya adalah terangkatnya brand dari produk atau perusahaan yang melakukannya (brand awareness).

Menurut Wikipedia, Marketing buzz or simply buzz — a term used in word-of-mouth marketing — is the interaction of consumers and users of a product or service which serves to amplify the original marketing message.
Buzz marketing adalah salah satu teknik dari viral marketing.Viral marketing merupakan teknik-teknik marketing dimana sebuah perusahaan mengirimkan pesan ke orang lain dan kemudian si penerima pesan akan meneruskan ke orang lain juga. Begitu seterusnya sehingga terjadi pertumbuhan yang bersifat eksponensial (www.kayakiye.com)

Contoh penerapan Buzz Marketing adalah kasus pengiriman undangan dengan menggunakan peti mati oleh Sumardy Ma, pakar marketing dari Buzz & Co. Beberapa kalangan ramai mengomentari tindakan nyeleneh yang di lakukan oleh Mr. Sum. Mulai dari para ahli marketing sampai dengan masyarakat biasa. Dengan menjadi bahan pembicaraan banyak kalangan, imej dari Mr. Sum terangkat dengan sendirinya. Orang jadi ingin tahu tentang Mr. Sum dan perusahaannya. Satu teknik saja cukup untk mengangkat nama Mr. Sum dan perusahaanya ke permukaan.

Strategi Pemasaran UKM

2010
06.19

Usaha Kecil Menengah atau UKM adalah industry dengan jumlah karyawan kurang lebih 100 orang. Sektor inilah yang bertahan ketika Indonesia diserang krisis ekonomi tahun 1998. berikut adalah alasan kenapa UKM bisa bertahan:

  1. Modal tidak tergantung pada pinjaman bank sehingga tidak terpengaruh dengan suku bunga pinjaman yang naik
  2. Pemasarannya masih di dalam negeri sehingga tidak dibingungkan dengan nilai tukar mata uang yang tidak stabil

Mengingat begitu vitalnya UKM sebagai salah satu pilar ekonomi Indonesia, para pelaku usaha UKM masih memiliki kendala dalam memasarkan produknya.

Berikut ini beberapa poin penting yang perlu diperhatikan oleh para pelaku UKM agar strategi pemasaran  yang digunakan berhasil memikat para konsumen:

  1. Mulailah Dengan Riset Pasar 
  2. Menciptakan produk unik
  3. Promosi
  4. Pemeliharaan loyalitas pelanggan

Poin yang terakhir adalah hal yang paling sulit karena loyalitas di bentuk oleh faktor-faktor tertentu. Untuk media promosi, yang sedang tren sekarang adalah menggunakan jejaring social atau beriklan lewat internet.

Sumber:

www.sciencedirect.com

www.bisnisukm.com