Termometer Bola Basah dan Bola Kering

bola kering bola basahDefinisi : Alat ini berfungsi untuk mengukur temperatur udara. Thermometer Bola Basah adalah Thermometer biasa (Bola Kering) dengan bolanya terbungkus dalam kain yang selalu basah oleh air murni.

Dry Bulb temperature (Temperatur bola kering)
Yaitu skala suhu yang ditunjukkan oleh thermometer bulb biasa dengan bulb dalam keadaan kering. Satuan untuk suhu ini biasanya dalam celcius atau fahrenheit. Seperti yang sudah diketahui, bahwa thermometer menggunakan prinsip dasar pemuaian zat cair (alkohol atau air raksa) yang terdapat didalam thermometer. Jika kita ingin mengukur suhu udara dengan thermometer biasa maka terjadi perpindahan kalor dari udara ke bulb (kantong zat cair yang terdapat di ujung termometer). Karena mendapatkan kalor maka zat cair yang ada di dalam thermometer mengalami pemuaian sehingga tinggi air raksa tersebut naik. Kenaikan ketinggian cairan ini yang di konversikan dengan satuan suhu (celcius,Fahrenheit,dll).

Wet Bulb Temperature  (Temperatur bola basah)
Yaitu suhu bola basah. Sesuai dengan namanya “wet bulb”, suhu ini diukur dengan menggunakan thermometer yang bulbnya dilapisi dengan kain yang telah basah kemudian dialiri udara yang ingin diukur suhunya. Perpindahan kalor terjadi dari udara ke kain basah tersebut. Kalor dari udara akan digunakan untuk menguapkan air pada kain basah tersebut, setelah itu baru digunakan untuk memuaikan cairan yang ada dalam thermometer.

Kelemahan thermometer bola basah yaitu  :

a.      Air raksa harganya mahal

b.      Air raksa tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu yang sangat rendah.

c.      Air raksa temasuk zat beracun sehingga berbahaya  apabila tabungnya pecah.

Nilai suhu yang terukur dari thermometer suhu bola basah ini adalah bagian dari nilai kelembaban. Nilai Selisih suhu bola kering dengan suhu bola basah serta suhu bola kering jika dikonversikan akan mendaatkan nilai kelembaban relatif (dalam satuan %). Nilai kelembaban relatif ini terbaca pada alat pengukur kelembaban yang kita kenal dengan nama Higrometer.

Sumber:

staff.unila.ac.id/atusi/files/2013/…/Temperatur-Bola-Basah-dan-Kering.

http://www.pesonaunggas.com/2013/03/memahami-termometer-bola-kering-dan.html

Leave a Reply

  

  

  

CAPTCHA Image

*

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>