Era Perdagangan bebas vs tehnologi informasi dan komunikasi

AFTA adalah organisasi untuk Negara – Negara pengikut perdagangan bebas. Pada tahun 2010 ini Indonesia telah memasuki era perdagangan bebas. Perdagangan bebas dimana barang – barang yang masuk pasar Indonesia yang berasal dari  luar negeri tidak mendapat cukai. Apa yang terjadi bila suatu barang tanpa mendapat cukai?yang terjadi adalah barang tersebut menjadi  murah dan dapat dijangkau masyarakat.

Di Indonesia sendiri memang pasar bebas belum begitu marak atau terlalu besar  proses pasar bebas ini terjadi seperti Negara China yang lebih dulu menerapkan pasar bebas di negaranya. Pasar bebas atau dalam bahasa inggris adalah free trade merupakan salah satu bagian dari hubungan internasional. Dimana untuk mengadakannya dibutuhkan proses bilateral dengan Negara lain. Pasar bebas sendiri memiliki organisasi internasional yang mengurusi segala urusan, aturan dan hokum mengenai pasar bebas.

Indonesia sangat bangga karena meskipun masih tergolong Negara berkembang,tetapi sudah diberi kesempatan untuk mengadakan pasar bebas. Kita sebagai warga Negara Indonesia patut bersyukur atas kesempatan ini.

Proses pasar bebas di Indonesia dimulai ketika banyak barang – barang elektronik murah mulai masuk ke Negara kita seperti handphone, laptop dan alat komunikasi lainnya. Yang paling menonjol adalah dimana banyak produk – produk handphone China menembus pasar Indonesia seperti merk nexian, mitu , dan sebagainya yang sangat murah. Dengan fasilitas menyaingi produk – produk dari pasar Eropa yang selama ini mendominasi pasar di Indonesia. Apa kontribusi mereka dalam mempengaruhi tehnologi informasi? Jelas ada. Yaitu adalah dimana harga handphone yang fasilitasnya sudah sangat modern dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Masyarakat Indonesia yang dulunya menganggap bahwa handphone yang canggih yang bentuknya qwerty dan lain sebagainya hanya bias dijangkau oleh orang kaya saja. Padahal dalam perkembangannya tidak seperti itu. Sehingga masyarakat yang dulunya masih terselubungi oleh ekonomi yang rendah dapat mebuka cakrawala mereka melalui tehnologi informasi dan komunikasi yang lebih maju tanpa harus tertutup oleh dana yang minim dan kesulitan dalam mencari barang – barang tersebut. Begitu pula dengan laptop yang sekarang bukan lagi barang mewahmelainkan sudah menjadi semacam kebutuhan bagi seluruh masyarakat di Indonesia khususnya. Bahkan anak sekolah dasar pun sudah banyak yang diwajibkan oleh sekolahannya untuk membawa laptop guna mambantu proses belajar mereka.

Pasar bebas mengubah suatu perekonomian suatu Negara yang berimbas pada kemajuan tehnologi informasi dan komunikasi. Dalam suatu ilmu hubungan internasional Negara kita yang memiliki paham sustem politik bebas aktif turut mempengaruhi. Dimana bebas aktif artinya tidak memihak bok manaoun, tetapi masih dalam ikut serta dalam suatu organisasi internasional seperti AFTA ini contohnya. Bayangkan saja bila Negara kita berpaham sosialis atau marxisme mereka menutup diri terhadap perkembangan luar negeri menjadi semekin terperosok kemajuan tehnologi informasi dan komunikasi. Tidak mungkin bila kita berpaham marxisme atau sosialis pasti Negara kita bisa mengadakan pasar bebas seperti ini.