Era Perdagangan bebas vs tehnologi informasi dan komunikasi

July 3rd, 2010

AFTA adalah organisasi untuk Negara – Negara pengikut perdagangan bebas. Pada tahun 2010 ini Indonesia telah memasuki era perdagangan bebas. Perdagangan bebas dimana barang – barang yang masuk pasar Indonesia yang berasal dari  luar negeri tidak mendapat cukai. Apa yang terjadi bila suatu barang tanpa mendapat cukai?yang terjadi adalah barang tersebut menjadi  murah dan dapat dijangkau masyarakat.

Di Indonesia sendiri memang pasar bebas belum begitu marak atau terlalu besar  proses pasar bebas ini terjadi seperti Negara China yang lebih dulu menerapkan pasar bebas di negaranya. Pasar bebas atau dalam bahasa inggris adalah free trade merupakan salah satu bagian dari hubungan internasional. Dimana untuk mengadakannya dibutuhkan proses bilateral dengan Negara lain. Pasar bebas sendiri memiliki organisasi internasional yang mengurusi segala urusan, aturan dan hokum mengenai pasar bebas.

Indonesia sangat bangga karena meskipun masih tergolong Negara berkembang,tetapi sudah diberi kesempatan untuk mengadakan pasar bebas. Kita sebagai warga Negara Indonesia patut bersyukur atas kesempatan ini.

Proses pasar bebas di Indonesia dimulai ketika banyak barang – barang elektronik murah mulai masuk ke Negara kita seperti handphone, laptop dan alat komunikasi lainnya. Yang paling menonjol adalah dimana banyak produk – produk handphone China menembus pasar Indonesia seperti merk nexian, mitu , dan sebagainya yang sangat murah. Dengan fasilitas menyaingi produk – produk dari pasar Eropa yang selama ini mendominasi pasar di Indonesia. Apa kontribusi mereka dalam mempengaruhi tehnologi informasi? Jelas ada. Yaitu adalah dimana harga handphone yang fasilitasnya sudah sangat modern dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Masyarakat Indonesia yang dulunya menganggap bahwa handphone yang canggih yang bentuknya qwerty dan lain sebagainya hanya bias dijangkau oleh orang kaya saja. Padahal dalam perkembangannya tidak seperti itu. Sehingga masyarakat yang dulunya masih terselubungi oleh ekonomi yang rendah dapat mebuka cakrawala mereka melalui tehnologi informasi dan komunikasi yang lebih maju tanpa harus tertutup oleh dana yang minim dan kesulitan dalam mencari barang – barang tersebut. Begitu pula dengan laptop yang sekarang bukan lagi barang mewahmelainkan sudah menjadi semacam kebutuhan bagi seluruh masyarakat di Indonesia khususnya. Bahkan anak sekolah dasar pun sudah banyak yang diwajibkan oleh sekolahannya untuk membawa laptop guna mambantu proses belajar mereka.

Pasar bebas mengubah suatu perekonomian suatu Negara yang berimbas pada kemajuan tehnologi informasi dan komunikasi. Dalam suatu ilmu hubungan internasional Negara kita yang memiliki paham sustem politik bebas aktif turut mempengaruhi. Dimana bebas aktif artinya tidak memihak bok manaoun, tetapi masih dalam ikut serta dalam suatu organisasi internasional seperti AFTA ini contohnya. Bayangkan saja bila Negara kita berpaham sosialis atau marxisme mereka menutup diri terhadap perkembangan luar negeri menjadi semekin terperosok kemajuan tehnologi informasi dan komunikasi. Tidak mungkin bila kita berpaham marxisme atau sosialis pasti Negara kita bisa mengadakan pasar bebas seperti ini.

jenis – jenis virus komputer

May 21st, 2010

Jenis-jenis Virus komputer :

1. Virus Compiler, virus yang sudah di compile sehingga dapat dieksekusi langsung. Ini adalah virus yang pertama kali muncul di dunia komputer, dan mengalami perkembangan pesat sekarang. Virs pertama ini sangatlah sulit dibasmi karena dibuat dengan bahasa rendah, assembler. Memang bahasa ini cocok untuk membuat virus namun sangatlah susah menggunakannya. Keunggulan dari virus ini adalah mampu melakukan hampir seluruh manipulasi yang mana hal ini tidak selalu dapat dilakukan oleh virus jenis lain karena lebih terbatas.

2. Virus File, adalah virus yang memanfaatkan file yang dapat diijalankan/dieksekusi secara langsung. Biasanya file *.EXE atau *.COM. Tapi bisa juga menginfeksi file *.SYS, *.DRV, *.BIN, *.OVL dan *.OVY. Jenis Virus ini dapat berpindah dari satu media ke semua jenis media penyimpanan dan menyebar dalam sebuah jaringan.

3. Virus Sistem, atau lebih dikenal sebagai virus Boot. Kenapa begitu karena virus ini memanfaatkan file-file yang dipakai untuk membuat suatu sistem komputer. Sering terdapat di disket/tempat penyimpanan tanpa sepengetahuan kita. Saat akan menggunakan komputer(restart), maka virus ini akan menginfeksi Master Boot Sector dan System Boot Sector jika disket yang terinfeksi ada di drive disket/tempat penyimpanan.

4. Virus Boot Sector, virus yang memanfaatkan hubungan antar komputer dan tempat penyimpanan untuk penyebaran virus.Apabila pada boot sector terdapat suatu program yang mampu menyebarkan diri dan mampu tinggal di memory selama komputer bekerja, maka program tersebut dapat disebut virus. Virus boot sector terbagi dua yaitu virus yang menyerang disket dan virus yang menyerang disket dan tabel partisi.

5. Virus Dropper, suatu program yang dimodifikasi untuk menginstal sebuah virus komputer yang menjadi target serangan. setelah terinstal, maka virus akan menyebar tetapi Dropper tidak ikut menyebar. Dropper bisa berupa nama file seperti Readme.exe atau melalui Command.com yang menjadi aktif ketika program berjalan. Satu program Dropper bisa terdapat beberapa jenis Virus.

6. Virus Script/Batch, awalnya virus ini terkenal dengan nama virus batch seperti yang dulu terdapat di file batch yang ada di DOS.Virus script biasanya sering didapat dari Internet karena kelebihannya yang fleksibel dan bisa berjalan pada saat kita bermain internet, virus jenis ini biasanya menumpang pada file HTML (Hype Text Markup Language) dibuat dengan menggunakan fasilitas script seperti Javascript, VBscript,4 maupun gabungan antara script yang mengaktifkan program Active-X dari Microsoft Internet Explorer.

7. Virus Macro, virus yang dibuat dengan memanfaatkan fasilitas pemrograman modular pada suatu program aplikasi seperti Ms Word, Ms Excel, Corel WordPerfect dan sebagainya. Walaupun virus ini terdapat didalam aplikasi tertentu tetapi bahaya yang ditimbulkan tidak kalah berbahanya dari virus-virus yang lain.

8. Virus Polymorphic, dapat dikatakan virus cerdas karena virus dapat mengubah strukturnya setelah melaksanakan tugas sehingga sulit dideteksi oleh Antivirus.

9. Virus Stealth, virus ini menggunakan cara cerdik, yakni dengan memodifikasi struktur file untuk meyembunyikan kode program tambahan di dalamnya. Kode ini memungkinkan virus ini dapat menyembunyika diri. Semua jenis virus lain juga memanfaatkan kode ini. Ukuran-ukuran file tidak berubah setelah virus menginfeksi file.

10. Virus Companion, virus jenis ini mencari file *.EXE untuk membuat sebuah file *.COM dan menyalin untuk meletakkan virus. Alasannya, file *.COM berjalan sebelum file *.EXE.

11. Worm, ini adalah sebuah program yang bersifat parasit karena dapat menduplikasi diri. Akan tetapi, worm tidak menyerupai virus karena tidak menginfeksi program komputer lainnya. Oleh karena itu, Worm tidak digolongkan ke dalam virus. Mainframe adalah jenis komputer yang sering diserang Worm. Penyebarannya pada komputer lainnya melalui jaringan. Dalam perkembangannya Worm mengalami “mutasi genetik” sehingga selain membuat suatu file baru, ia pun akan berusaha menempelkan dirinya sendiri ke suatu file, ini biasa disebut virus Hybrid.

12. Virus Hybrid, virus ini merupakan virus yang mempunyai dua kemampuan biasanya dapat masuk ke boot sector dan juga dapat masuk ke file. Salah satu contoh virus ini adalah virus Mystic yang dibuat di Indonesia.

13. Trojan horse, disebut juga kuda troya. Trojan Horse tidak menyebar seperti yang lain. Karena itu, Trojan Horse tidak tergolong virus walaupun karakteristiknya sama. Trojan menginfeksi komputer melalui file yang kelihatannya tidak berbahaya dan biasanya justru tampaknya melakukan sesuatu yang berguna. Namun akhirnya virus menjadi berbahaya, misalnya melakukan format hardisk.

pengalaman menggunakan blog

May 4th, 2010

Memiliki sebuah blog memiliki satu pengalaman tersendiri. Bagi saya blog merupakan sarana untuk mempublikasikan informasi penting dan pengalaman pribadi juga. Bisa dibilang blog adalah sebuah diary elektronik. Blog juga bisa sebagai sarana untuk berbisnis gratis. Mengapa demikian? Misal, kita berbisnis tas, sepatu atau baju bisa kita publikasikan melalui blog yang kita punya. Kita tidak akan terkena pajak dan biaya sewa tempat. Cukup kita pasang harga dan gambar barang yang kita jual, kita bisa meraih untung. Karena akan ada pembeli atau konsumen yang datang pada kita untuk membeli barang yang kita jual. Konsumen pun lebih banyak tertarik dengan bisnis online yang ditawarkan karena harganya lebih miring. Hal ini disebabkan oleh barang yang bebas pajak, bebas biaya reklame dan sewa tempat.
Blog dapat pula menjadi diary elektronik karena kita dapat memposting semua kehidupan pribadi kita di internet melalui blog. Tetapi jujur secara pribadi untuk fungsi yang satu ini saya tidak begitu setuju. Karena saya orang yang sangat menghargai privasi saya dan orang lain. Bayangkan saja jika kita sedang kesal terhadap seseorang, kita bisa saja memposting sebuah kalimat yang menyinggung perasaan orang yang kita benci. Hasilnya si orang merasa tersinggung dan pada akhirnya berakhir ke kepolisian seperti kasus yang terjadi di sebuah sma di luar pulau Jawa. Karena kesal terhadap seorang guru mereka memposting kekesalan mereka melalui internet. Salah satunya dengan media facebook. Walaupun bukan melalui blog tapi melalui facebook, tetap saja menurut saya sama saja, hanya dalam kemasan yang berbeda. Karena keduanya juga dapat dilihat oleh masyarakat umum bila di posting. Bahkan blog lebih parah menurut saya, karena untuk melihat postingan dari orang – orang, kita tidak perlu menjadi kawan mereka. Lebih bebas dan terbuka lagi.
Namun, ada juga postingan kehidupan pribadi menjadi hal yang menyenangkan dan tidak menimbulkan SARA. Contoh blog ini adalah blog milik Raditya Dika. Bahkan Raditya Dika bisa mendapatkan uang dari blognya. Tentunya bukan dengan dia berbisnis sepatu, baju, dll melalui blognya. Tapi dari cerita yang diposting melalui blognya. Begitu hebat dan menabjubkannya fungsi blog ini. Mulai dari cinta Brontosaurus, Kambing Jantan, Radikus Makan Kakus dan Babi Ngesot semuanya menjadi salah satu buku best seller di Indonesia. Bahkan yang lebih gila lagi, buku serinya yang berjudul Kambing Jantan berhasil difilmkan. Raditya Dika juga menjadi pembicara aktif di seminar – seminar dan bedah buku di seluruh Indonesia.
Blog juga bisa menjadi sarana edukasi seperti informasi mengenai materi kuliah, makalah – makalah, jurnal bahkan karya ilmiah pun bisa diposting disini. Saya sering melihat ada blog yang menampilkan beberapa bagian skripsi dan tesis. Tentunya bukan sebagai sarana plagiatisme, tetapi sebagai sarana referensi untuk menunjang kuliah kita. Kita bisa memposting materi kuliah kita. Seperti blog yang saya miliki saat ini, isinya berisi postingan tugas-tugas kuliah, informasi mengenai jurusan saya dan materi – materi kuliah saya.
Saya baru memiliki blog sekitar dua bulan ini. Jujur sebelumnya saya tidak mengerti apa yang dimaksud blog. Maksudnya secara fungsinya bukan apa itu blog. Jadi saya belum memiliki banyak postingan. Blog saya hanya berisikan bahan – bahan kuliah dan seputar jurusan saya saja. Belum terlalu bervariatif isinya.
Pengalaman saya menggunakan blog, saya bisa berbagi informasi penting dengan teman – teman dan masyarakat dunia mengenai informasi yang mereka butuhkan. Sangat menyenangkan bisa berbagi ilmu dengan orang – orang di seluruh dunia. Begitupun mereka, saya rasa karena bisa terbantu melalui blog saya dalam memecahkan masalah mereka. Saya memiliki dua buah blog yaitu blog ub dan blogspot. Isi kedua blog ini sama – sama berisi tentang mata kuliah hubungan internasional. Tentang tugas – tugas yang diberikan dosen saya, saya masukan ke dalam blog saya. Selain tugas kuliah, saya juga memasukan informasi tentang wisata kuliner dari kota tempat saya berasal. Karena saya adalah penggemar kuliner, maka saya membagi info kuliner bagi para penggemar kuliner melalui blog saya ini.
Blog memiliki sisi positif dan negatif. Sisi positifnya adalah kita bisa mendadapat dan bertukar informasi penting mengenai perkembangan IPTEK ,dsb, kita juga bisa mengembangkan bisnis kita, berbagi informasi mengenai pengalaman – pengalaman unik dalam hidup kita, sebagai sarana edukatif bagi masyarakat dunia, blog juga dapat membuat kita semakin pintar dengan berbagai informasi yang didapat di dalamnya.
Blog juga memiliki sisi negatif. Terlalu banyak memposting kehidupan pribadi membuat privasi terganggu dan kita juga bisa mengetahui kehidupan pribadi seseorang terlalu dalam, bila postingan terlalu memojokan pihak – pihak tertentu membuat pertikaian pada akhirnya.

tengkleng

March 23rd, 2010

Tengkleng khas solo

March 23rd, 2010

Tengkleng adalah salah satu makanan khas kota Solo selain nasi liwet. Sekilas, makanan ini mirip dengan gulai. Bedanya, jika kuah gulai mengandung santan dan pekat, kuah tengkleng dibuat tanpa santan sehingga lebih encer dan segar.

Biasanya, tengkleng berisi tulang kambing yang masih ada dagingnya, kepala kambing, dan juga jeroan. Salah satu tengkleng yang kelezatannya jarang ditandingi di Solo adalah warung Bu Edi di Pasar Klewer yang sudah berjualan sejak 1971.

Lalu bagaimana di Jakarta? Saya menemukan tengkleng yang sedap di Cengkeh, di daerah Jakarta Pusat. Terletak di jajaran toko-toko tua di Jalan Ir H Juanda III, restoran dengan nuansa Indonesia ini menjadi tujuan tersendiri bagi pencinta kuliner Tanah Air.

Hadir dengan konsep art deco yang didominasi warna coklat dan putih di seluruh ruangan, resto ini memberikan rasa nyaman dan homi kepada pengunjungnya. Cengkeh yang sudah berdiri sejak empat tahun lalu memang menyajikan modern Indonesian cuisine. Menu-menu tradisional Indonesia dimodifikasi sehingga mampu memberikan sentuhan lain dalam setiap makanannya.

Salah satunya adalah yang saya sebut tadi, Tengkleng Soloensis. Ada yang spesial dalam menu yang satu ini. Jika umumnya bahan yang digunakan adalah kambing, tidak dengan yang satu ini. Dengan alasan lebih sehat, posisi kambing digantikan dengan sapi. So, lebih rendah kolestrol.

“Kami memakai daging sapi, bukan kambing, soalnya banyak yang agak ‘takut’ makan kambing. Ini menu favorit lho Mbak,” tutur salah seorang pramusaji Cengkeh.

Selain itu, masih ada beberapa menu-menu Indonesia lain yang menarik untuk dicoba. Pilihan saya selanjutnya jatuh pada Sego khas Cengkeh, Nasi Liwet Bedoyo dan Es Kawis Cao.

Sego khas Cengkeh hadir pertama di meja saya. Menu ini terdiri dari nasi merah, timun bumbu acar, kering tempe, potongan-potongan kecil ayam, empal dengan serundeng, peyek kacang, dan juga sambal. Semuanya ditata apik dalam piring kaca segi empat.

Karena beras merah yang dipakai adalah jenis organik, maka nasi merah yang dihasilkan tidak pera, tetapi hampir mendekati nasi putih yang pulen. Empal serundengnya empuk dan gurih.

Rasa yang sama juga keluar dari potongan-potongan daging ayam. Ditambah dengan bumbu acar yang segar dan kering tempe yang tidak begitu manis, menjadikan kolaborasi yang seimbang diantara bagian-bagian menu tersebut.

Beralih ke menu kedua, nasi liwet lengkap dengan lauk-pauknya, telur, kering tempe, sayur labu, tahu putih, ati ampela, dan peyek kacang hijau.

Berbeda dengan nasi liwet kebanyakan, nasi yang dipakai dalam menu ini adalah nasi gurih, rasanya mirip nasi uduk. Tetapi, modifkasi ini tidak mengurangi kelezatan menu favorit restoran yang salah satu pemiliknya adalah kerabat RA Kartini.

Akhirnya, makanan terakhir yang saya santap adalah tengkleng sapi. Biasanya, tengkleng disajikan lengkap dengan lontong, emping dan acar. Tetapi, saya memesan tanpa lontong karena perut sudah cukup kenyang dengan nasi merah dan nasi liwet.

Wow, kuah tanpa santan dengan aroma daun jeruk yang kuat itu yang benar-benar segar, gurih dan sedap. Daging yang sebagian masih melekat erat dengan tulang sapi juga sudah empuk. Jadi, memberikan keasyikan tersendiri ketika menggerogoti tulang-tulang sapi itu.

Bagi saya inilah puncak kenikmatan dari semua makanan yang saya cicipi tadi. Tengkleng Soloensis-nya benar-benar nendang.

Sebagai penutup, saya mencicipi Es Kawis Cao yang unik. Disajikan dengan sirup buah Kawista, dengan serutan blewah, kelapa muda dan cincau.

Kawista adalah buah langka yang berwarna hitam kecoklatan. Buah yang masih bisa ditemukan di Subang dan Rembang ini juga dibikin dodol. Kali pertama saya meneguk minuman ini, saya menduga terdapat rum dalam racikannya. Ada rasa ‘greng’ sampai ke hidung saya. Tetapi, ternyata saya salah. Tak ada alkohol sama sekali dalam Es Kawis Cao. Aroma rum yang keluar dari minuman itu berasal dari sirup Kawista. Benar-benar buah yang menarik.

Kalau mau menjajal minuman istimewa lainnya, cobalah Cengkeh Ice Tea. Disajikan dengan teh rasa mangga dengan tambahan aneka potongan buah di dalamnya, apel hijau, apel merah, jeruk sunkist, dan belimbing. Hmmm…apa ya rasanya?

March 19th, 2010

gudeg Bu KASNo

Menu lain : Bubur Gudeg dan cakar ayam
Bahan: Nangka muda, krecek (kulit sapi pedas), telur, daging ayam dan cakar ayam
Lokasi : Jl. Monginsidi (depan GKJ Margoyudan)
Buka : Setiap hari jam 01.30 WIB – 07.00 WIB
Harga : Rp. 12.000 – Rp. 24.000

Nasi Gudeg Cakar Bu Kasno lebih dikenal dengan Gudeg Margoyudan. Jika ingin menikmati cakar ayamnya yang spesial, disarankan jangan diatas jam 02.00 WIB terlebih malam minggu, karena cakar ayam adalah menu favorit disini.

March 19th, 2010

Menu lain : sate tempe gembus, sate tempe kedelai
Bahan : Daging dan jeroan sapi (babat, usus besar, usus kecil, genjal, ati/paru, kikil)
Lokasi : Sepanjang perempatan jl. Abdul Muis dan daerah Kepunton
Jl. Urip Sumoharjo – Ledoksari Selatan – Pasar Rejosari – Ledoksari Utara
Pompa Bensin Ledoksari – Depan Stasiun Jebres.
Buka : Setiap hari jam 16.00 WIB – 02.00 WIB
Harga : Rp. 2.500 – Rp. 15.000

Sate Kere Yu Muji sebagai alternatif makan malam anda bila sedang berkunjung ke Solo. Dengan rasa yang didominasi manis dari bahan sambel kacang seperti sambel pecel cuma kacang yang ditumbuk tidak sehalus sambel pecel. Jika anda menghendaki, tambahkan lontong sebagai tambahan menu melengkapi sate kere ini. Selamat mencoba.

March 19th, 2010

Apa itu World Wide Web ?

March 19th, 2010

World Wide Web adalah nama yang diberikan untuk semua bagian Internet yang dapat diakses dengan software web browser. Sampai saat ini ada beberapa software web browser yang sering digunakan antara lain Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla dan Opera. Software-software ini nanti akan dibahas secara detail dalam bagian lain di Mata Kuliah Desain Grafis Web.

World Wide Web atau WWW atau singkatnya web, terdiri dari jutaan situs web (web site) dan setiap web site terdiri banyak halaman web (web page). Halaman-halaman web ini tersebar di seluruh dunia di komputer-komputer server yang terhubung dengan Internet. Situs-situs seperti www.yahoo.com atau www.microsoft.com adalah web site yang sudah lama ada dan menyediakan banyak sekali fasilitas sehingga halaman dalam situs ini juga sangat banyak.
Bayangkanlah sendiri jumlah keseluruhan halaman web di internet….???

Halaman Web adalah halaman yang tampak dari sebuah software web browser. Halaman ini seperti file dokumen word-processing, kecuali didalamnya dapat terkandung text, gambar bahkan animasi. Untuk dapat membuat halaman web ini anda harus memiliki pengetahuan tentang skrip (script) HTML (hyper-text markup language). HTML akan dibahas lebih mendetail dalam bagian lain di mata kuliah ini.

Situs Web terdiri dari beberapa halaman web yang saling terkait (linked) antara yang satu dengan yang lain dengan satu cara tertentu. Kebanyakan orang masih rancu dengan definisi ini sehingga mempersulit pemahaman selanjutnya.

Salah satu keunggulan World Wide Web adalah hyperlink. Hyperlink adalah teks (biasanya) berwarna biru dan (biasanya) bergaris bawah yang dapat di-click dan akan menuju ke halaman web yang lain. Hyperlink ini apat diletakkan di mana saja di dalam halaman web dan boleh diatur untuk menuju ke mana saja di seluruh web. Saat anda mengunjungi sebuah halaman web, anda dapat secara langsung meng-click sebuah hyperlink dan komputer ini akan mengambil (mendownload) situs/halaman yang dilink pada hyperlink tersebut dan menampilkannya di web browser.

Umumnya, perancang situs web meletakkan banyak hyperlink di situs mereka untuk membantu para pengunjung situsnya untuk menemukan situs lain yang terkait dengan situs tersebut. Hyperlink-hyperlink ini dapat menghubungkan dengan situs lain di server lain di seluruh dunia.

[ Top ]

INTERNET: Pengertian, Sejarah, dan Fasilitas-Fasilitasnya

March 19th, 2010

INTERNET: Pengertian, Sejarah, dan Fasilitas-Fasilitasnya

Apakah INTERNET itu?

Istilah INTERNET berasal dari bahasa Latin inter, yang berarti “antara”. Secara kata per kata INTERNET berarti jaringan antara atau penghubung. Memang itulah fungsinya, INTERNET menghubungkan berbagai jaringan yang tidak saling bergantung pada satu sama lain sedemikian rupa, sehingga mereka dapat berkomunikasi. Sistem apa yang digunakan pada masing-masing jaringan tidak menjadi masalah, apakah sistem DOS atau UNIX.

Sementara jaringan lokal biasanya terdiri atas komputer sejenis (misalnya DOS atau UNIX), INTERNET mengatasi perbedaan berbagai sistem operasi dengan menggunakan “bahasa” yang sama oleh semua jaringan dalam pengiriman data. Pada dasarnya inilah yang menyebabkan besarnya dimensi INTERNET.

Dengan demikian, definisi INTERNET ialah “jaringannya jaringan”, dengan menciptakan kemungkinan komunikasi antar jaringan di seluruh dunia tanpa bergantung kepada jenis komputernya.

Kesimpulan:
·Definisi INTERNET : Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP.
·Fungsi : Internet merupakan media komunikasi dan informasi modern.

Sejarah terbentuknya INTERNET

Banyak hal di INTERNET hanya dapat dimengerti dengan mengetahui latar-belakang perkembangannya.

ARPANet
Pada tahun 1969 ARPA (Advanced Research Project Agency), sebuah bagian dalam kementerian Pertahana Amerika Serikat memulai sebuah proyek, yang di satu sisi menciptakan jalur komunikasi yang tak dapat dihancurkan dan disisi lain memudahkan kerjasama antar badan riset diseluruh negeri, seperti juga industri senjata. Maka terbentuklah ARPANet.

Bila pada awalnya komputer sejenis yang melakukan pertukaran data, bertambahnya komputer dengan berbagai sistem operasi lain menuntut solusi baru komunikasi yang tak terbatas antar semua badan yang tergabung dalam jaringan.
Internetting Project
Untuk itu dibuat Internetting Project, yang mengembangkan lebih lanjut hasil yang telah dicapai dalam ARPANet, agar media komunikasi baru ini juga dapat dimanfaatkan oleh berbagai sistem komputer yang tergabung. Kemudian vendor-vendor komputer meramaikan lalu lintas jaringa tersebut untuk berbagai kebutuhan sehingga terciptalah INTERNET.

Protokol INTERNET: TCP/IP

Seperti telah disebutkan di atas, INTERNET terbentuk dari jaringan-komputer yang tersebar di seluruh dunia. Masing-masing jaringan-komputer terdiri dari tipe-tipe komputer yang berbeda dengan jaringan yang lainnya. Maka diperlukan sebuah protokol yang mampu mengintegrasikan seluruh jaringan komputer tersebut.

Solusinya adalah sebuah protokol pengiriman data yang tak bergantung pada jenis komputer dan digunakan oleh semua komputer untuk saling bertukar data. Agar data tidak hanya dapat dikirim dan diterima, melainkan juga dapat dimanfaatkan oleh setiap komputer, diperlukan program standar yang mengolah data tersebut pada sistem yang berkaitan.

Protokol pengiriman merupakan sebuah konvensi (kesepakatan) yang menetapkan dengan cara apa data dikirimkan dan bagaimana kesalahan yang terjadi dikenali serta dipecahkan. Secara sederhana prose pengiriman data terdiri atas dua langkah.

Pertama, data yang akan dikrimkan (misalnya sebuah file teks) dibagi ke dalam paket data berukuran data berukuran sama (paket), kemudian dikirimkan satu per satu. Di Internet, protokol ini disebut IP (Internet Protocol).

Kedua, harus dijamin setiap paket data sampai ke alamat yang benar dan semuanya benar diterima. Untuk itu diperlukan protokol lainnya, yaitu Transmission Control Protocol (TCP) mengaitkan sebuah blok data pada paket data IP, yang antara lain mengandung informasi mengenai alamat, jumlah total paket data dan urutan setiap paket yang membentuk paket tersebut. Hanya secara bersamaan kedua protokol membentuk kesatuan yang berfungsi, karena itu biasanya disebut TCP/IP.

Dengan adanya TCP/IP ini, INTERNET memiliki 3 keuntungan :
·Memberi kesempatan INTERNET menggunakan jalur komunikasi yang sama untuk pemakai yang berbeda pada saat yang sama. Karena paket-paket data tidak perlu dikirimkan bersama-sama, jalur komunikasi dapat membawa segala tipe paket data sementara mereka dikirimkan dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Sebagai contoh, bayangkan sebuah jalan raya di mana mobil bergerak sepanjang jalan yang sama walaupun mereka menuju ke tempat-tempat yang berbeda-beda.
·Memberi INTERNET fleksibilitas. Sementara paket-paket data bergerak, mereka bergerak dari satu host ke host lain sampai mencapai tujuan akhir. Jika sebuah jalur komunikasi tidak berfungsi, sistem yang mengontrol aliran data dapat menggunakan jalur alternatif. Maka, paket-paket data dapat bergerak melalui jalur-jalur yang berbeda-beda.
·Meningkatkan kecepatan transmisi data. Sebagai contoh, jika terjadi kesalahan, TCP meminta host asal mengirm kembali hanya paket-paket data yang mengandung kesalahan, bukan semua paket data. Ini berarti meningkatkan kecepatan transmisi data.

Cara akses ke INTERNET

1.Sambungan langsung ke Network
Anda dapat menggunakan sebuah komputer yang secara langsung mempunyai hubungan ke INTERNET. Sebagai contoh, Anda mungkin menggunakan sebuah PC yang merupakan bagian dari sebuah jaringan komputer yang mempunyai hubungan ke INTERNET. Dalam kasus ini, sistem Anda menjadi host INTERNET penuh, yaitu mempunyai alamat elektronik tersendiri.

2. Sambungan dengan menggunakan SLIP/PPP
Untuk menggunakan hubungan dial-up telepon, Anda memerlukan sebuah alat untuk mengkonversi sinyal komputer (digital) menjadi sinyal telepon (analog), dan sebaliknya. Alat untuk mengkonversi sinyal digital ke sinyal analog disebut modulator. Sedang, alat untuk mengkonversikan sinyal analog ke sinyal digital disebut demodulator. Untuk mengakses ke INTERNET melalui hubungan telepon, Anda memerlukan sebuah modem (modulator-demodulator). Selain itu diperlukan juga TCP/IP dan software SLIP atau PPP seperti Linux, Warp, dll.

3. Sambungan langsung ke On-line Service seperti BBS, Compuserve.
Untuk menjadi sebuah host INTERNET tanpa harus memiliki hubungan full-time ke INTERNET (yang umumnya sangat mahal), ada sebuah cara mensetup sebuah host INTERNET melalui hubungan telepon. Untuk melakukan hal tersebut, Anda perlu mengadakan perjanjian dengan sebuah host INTERNET yang lain yang bertindak sebagai titik hubungan. Selanjutnya, diperlukan sejumlah program yang disebut sebagai PPP (Point to Point Protocol) dan SLIP (Serial Line Internet Protocol) dalam workstation. Setelah workstation menghubungi host INTERNET melalui jalur telepon, PPP menyediakan kemampuan TCP/IP untuk workstation tersebut.

Domain Name System

Tentunya juga harus ada sebuah metode yang memungkinkan pengiriman kepada masing-masing komputer di INTERNET. Pada awalnya disusun sebuah daftar yang memuat nama semua jaringan yang tergabung dalam INTERNET. Dengan tingkat pertumbuhan INTERNET yang sangat tinggi tidak mungkin lagi menjaga daftar-daftar tetap aktual. Karena Internet menggunakan sebuah sistem alamat yang dapat diolah oleh komputer khusus (disebut Router), yang terdapat antara masing-masing jaringan.

Alamat IP

Sebuah alamat IP terdiri atas sebuah angka biner 32-bit, yang menggambarkan lokasi jaringan hingga komputer dalam jaringan tersebut yang harus dicapai. Dari sanalah Router memilih jalur yang paling menguntungkan.
Artinya, Internet menentukan sendiri jalan “melalui” banyak jaringan yang tergabung antara dua tempat, sehingga hampir tak mungkin merusak media komunikasi ini. Bila misalnya sebuah kabel penghubung rusak oleh pekerjaan galian tanah, INTERNET mengalihkan pengiriman paket ke jalur lain. Hal ini disebut Dynamic Rerouting.

Alamat DNS

Karena angka biner tidak mudah diingat, maka dikembangkan sistem Domain Name System (DNS). Disini alamat disusun dalam sebuah hierarki berbagai wilayah (domain = wilayah), yang mewakili sebuah kelompok host
tertentu. Host adalah komputer dalam jaringan lokal (LAN) atau Wide Area Network (WAN), yang diakses oleh komputer lain dalam jaringan tersebut.

Agar penyampaian otomatis oleh Router tetap berfungsi, angka biner tetap digunakan. Bila Anda memberikan sebuah alamat DNS, pertama-tama data dikirimkan ke sebuah Server dan diubah menjadi alamat Ip yang dapat dibaca oleh Komputer.

Contoh berikut ini akan menjelaskan sistem alamat DNS. Seperti pada alamat IP, alamat tersebut juga mengandung informasi yang dibutuhkan untuk identifikasi komputer yang diingikan. Setiap bagian alamat DNS harus dipisahkan dengan sebuah titik.

Gopher.bppt.id

Gopher adalah nama sebuah komputer dalam jaringan “bppt”
dalam domain “id”, yang berarti Indonesia. Seperti Anda lihat pada contoh di atas, mula-mula ditulis nama host yang diinginkan, disusul oleh bagian-bagian yang semakin besar hingga tingkat tertinggi, yaitu domain.

Untuk mencapai komputer tersebut, alamat dibaca dari kanan ke kiri. Mula-mula jaringan tempat Anda mengakses INTERNET menciptakan hubungan dengan Router tertinggi yang mengelola semua alamat dalam domain “id”.

Domain diatas mewakili sebuah wilayah geografis, singkatan “id” berarti Indonesia. Selain itu terdapat pula berbagai domain tematik, yang dikenali pada singakatan paling kanan dalam alamat DNS.