Sejarah Komputer dan Generasinya

Penemu Komputer

Penemu komputer pertma dalah Charles Babbage, dikenal dunia sebagi salah satu penemu sejarah komputer pertama kali. yang telah banyak memberikannya karya julukan bapak komputer,theCharles Babbage Foundation, dia memakai namanya untuk menghargai jasa atas penemuannya terhadap dunia komputer.
1. Generasi Pertama (1946-1959)

Sejarah Komputer

Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat atas kerja sama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar dan mengonsumsi daya sebesar 160 kW.
Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I. Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.
2. Generasi Kedua (1959 – 1964)

Sejarah Komputer

Perubahan dalam Penemuan penting telah terjadi di generasi kedua. Yaiut transistor, alat canggih yang mampu maksimalkan kinerja komputer hanya dengan ukuran yang sangat kecil. Penemuan alat ini, mampu mempengaruhi perkembangan komputer pada generasi kedua, dengan cepat. Pada 1959-1960an, para ilmuwan memulai menggarap komputer generasi kedua.
Mesin pertama yang menggunakan teknologi terbaru ini adalah super komputer. IBM telah membuat super komputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand dan membuat komputer bernama LARC. Pada awal 1960an, mulai bermunculan sejarah komputer generasi yang kedua yang telah sukses meluncur di bidang bisnis, pada universitas dan di pemerintahan. Komputer generasi kedua ini komputer yang sepenuhnya telah menggunakan Transistor.
Mereka juga mempunyai komponen yang dapat digabungkan dengan komputer pada saat ini seperti printer, penyimpanan dalam disket, memory, system operasi, dan program. Pada era komputer generasi kedua, juga menandakan permulaan munculnya minikomputer yang merupakan terbesar kedua dalam keluarga komputer.
Kelebihan dari komputer dizaman ini adalah bentuknya yang efisien yang tidak sebesar sebelumnya, komputer dalam generasi ini juga lebih luas dalam penerapannya kehidupan. Seperti aspek kesehatan, pendidikan, industri dan lain-lain. Sedangkan kelemahan komputer pada masa ini adalah dalam segi transistor yang banyak menghasilkan panas yang cukup besar, yang akan berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer yaitu quartz rock (batu kuarsa).
3. Generasi Ketiga (1964 – 1970)

Sejarah Komputer

Komputer generasi ketiga adalah perkembangan yang melalui tahap yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1964-1970an. Dalam penggunaanya, transistor menjadikan kinerja komputer lebih cepat panas. Sehingga, membuat komputer generasi kedua mulai ditinggalkan. Kemudian salah satu seorang ilmuwan bernama Jack Billy, mencoba kembali melakukan penelitian.
Kemudian pada tahun 1958, dia telah menciptakan komponen yang lebih canggih lagi, dibandingkan dengan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi. Penemuannya Yakni IC atau Integrated Circuit chip kecil yang mampu mengumpulkan dan menampung banyak komponen menjadi satu. Pada generasi ketiga inilah sejarah komputer teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi salah satu ciri utama. Karena mulai familiar dan banyak digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang.
IC dibuat pertama kali oleh seorang bernama, Texas Istruments dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang berisi hanya enam transistor saja. Bisa kita coba bandingkan dengan prosesor saat ini yang kita gunakan telah memiliki jutaan, puluhan, ratusan juta transistor. Bahkan telah didesain prosesor yang memiliki miliaran transistor. Dari sebuah perkembangan yang luar biasa dalam masa kurang dari setengah abad.
4. Generasi Keempat (1979 – 2000an)

Sejarah Komputer

Pada generasi keempat, komputer sudah mulai menggunakan chip IC, kemudian baru mulai dikembangkan lagi. Oleh perusahaan Very Large Scale Integration. Untuk mencoba mengerjakan pengembangan tersebut sejak tahun 1980-an. Walhasil, satu chip tunggal mampu menampung ribuan komponen.
perkembangan komputer terus mengalami kemajuan. Pihak penemu terus membuat teknologi yang lebih halus, ukuran lebih kecil, dan juga hemat listrik. pada tahun 1971,intel membuat chip yang dapat meletakkan semua komponen komputer seperti pusat pemrosesan data, penggunaan memori dan juga kontrol input maupun output kedalam chip yang lebih kecil. Dengan adanya pemadatan IC kedalam sebuah CHIP, yang IC itu merupakan gabungan dari komponen komponen elektronik, hal ini semakin memperkecil ukuran dari sebuah komputer yang ada di generasi ke empat ini. perkembangan komputer yang sedemikian rupa ini, memperngaruhi orang orang semakin banyak yang mulai menggunakan komputer.
Bukan hanya untuk urusan bisnis, pada generasi ke empat ini komputer sudah mulai digunakan masyarakat umum untuk berbagai urusan contahnya sebagai sarana pendidikan dan lain sebagainya. serta pada generasi keempat ini mulai muncul produsen produsen komputer yang menawarkan komputer kepada masyarakat luas. Komputer pada saat ini yang sedang kalian gunakan merupakan komputer pada generasi keempat dengan segala pekembangan-perkembangannya, baik mengenai fisik,fungsi serta efisiensi dibandingkan komputer komputer pada awal mula generasi keempat.
5. Generasi Kelima (Sekarang)

Sejarah Komputer

Generasi kelima ini masih dalam tahap perancangan atau dengan kata lain generasi kelima ini adalah proyeksi komputer dimasa depan. Jepang adalah negara yang paling maju menciptakan komputer generasi kelima ini.
Ada salah satu lembaga khusus yang bernama ICOT (Institute For New Computer Technology) yang dibentuk untuk mewujudkan komputer generasi kelima ini. pada generasi kelima ini , komputer kedepannya diharapkan mampu untuk melakukan interaksi dengan manusia, interaksi yang dimaksud disini adalah berkomunikasi dengan menerima visual dari manusia. mungkin dapat kita artikan komputer pada generasi kelima ini jika kalian lihat pada film iron man atau film film fiksi lain yang menggambarkan komputer komputer yang super super canggih.

 

sumber : https://www.romadecade.org/sejarah-komputer/#!