7 Manfaat yang Bisa Didapatkan Dari Belajar Coding

Selalu ada persepsi tentang pemrograman sebagai sesuatu yang hanya bisa dilakukan oleh orang pintar saja – contohnya seperti mereka yang dapat mengetikkan 100 kata per menit sambil melihat layar teks yang bergulir tanpa henti.

Namun, itu tidak lagi benar. Mempelajari coding telah benar dan benar-benar membuatnya menjadi mainstream, yang berarti bahwa siapa pun dapat belajar – Anda hanya perlu konsentrasi, kesabaran, dan ketekunan. Saya melakukannya, dan Anda juga bisa.

Dalam artikel ini, saya akan melihat 7 cara belajar coding dapat berdampak positif pada bagian lain dari hidup Anda, dengan cara yang tidak akan Anda harapkan!

1. Menjadi lebih pintar

Telah ditunjukkan bahwa belajar coding dapat membantu Anda melakukan lebih baik dalam mata pelajaran lain yang Anda pelajari atau pelajari. Dalam pemrograman, Anda belajar bagaimana memecah masalah menjadi langkah-langkah individu dan menggunakan bahasa yang dimengerti komputer untuk secara logis membuat program kerja.

Dengan demikian, Anda mengembangkan pola pikir tertentu dalam mendekati masalah dan memproses sejumlah besar informasi yang diperlukan dengan menaklukkan topik baru. Dengan kata lain, Anda belajar untuk melihat masalah dari gambaran yang lebih besar dan beradaptasi untuk mengatasi frustrasi dinding bata untuk memecahkan masalah.

Dikatakan bahwa penting untuk belajar cara berpikir terlebih dahulu, sebelum benar-benar mempelajari apa. Mempelajari coding adalah lebih dari sekadar mempelajari bahasa komputer – ini tentang menciptakan pola pikir yang efektif dan produktif menuju pemecahan masalah yang akan berdampak positif pada setiap upaya intelektual baru yang Anda lakukan.

2. Latihan lebih banyak

Mempelajari coding tampaknya meludah di hadapan kesejahteraan fisik – Anda membungkuk di depan komputer selama berjam-jam tanpa henti, memelototi layar teks yang bersinar. Tetapi, ini bukan kasusnya (juga tidak disarankan!) Dan merupakan salah tafsir tentang bagaimana pengcodingan memengaruhi kehidupan Anda secara fisik.

Bagi banyak orang, mempertahankan latihan fisik dan nutrisi adalah masalah memiliki ketekunan dan kemauan untuk berkomitmen terhadap rencana tindakan apa pun. Mempelajari coding jelas bermanfaat dalam hal ini. Anda belajar keterampilan untuk menulis program Anda sendiri agar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pribadi Anda.

Ketika Anda melihat bagaimana belajar untuk coding positif mempengaruhi bidang lain dalam hidup Anda, Anda juga akan mengembangkan lebih banyak energi untuk mengatasi kesejahteraan fisik Anda, juga!

3. Buat dampak positif pada karir Anda

Area kunci dalam hidup Anda yang penting dalam pertumbuhan adalah karier yang sukses. Mempelajari coding membantu mencapai hal itu melalui banyak peluang dan peluang. Salah satu pilihan adalah melalui program yang sukses dan mentoring seperti Codecademy, yang dapat memberi Anda keahlian yang diperlukan untuk mengejar karir penuh waktu dalam pengembangan web. Ada permintaan yang tinggi untuk pengembang yang memahami bahasa front-end seperti HTML, CSS, Javascript dan bahasa back-end seperti Ruby dan Ruby on Rails.

Membuat perubahan karier apa pun dapat menjadi menakutkan karena Anda tidak yakin apakah Anda akan stabil secara finansial dan dapat melakukan pekerjaan dengan sukses. Mempelajari coding membantu menghilangkan banyak kekhawatiran itu, dengan potensi gaji dan prospek pertumbuhan pekerjaannya.

Jika mengambil lompatan karir itu bukan bagian dari pandangan Anda atau tujuan Anda, Anda dapat mempertimbangkan lepas dengan keterampilan baru Anda. Ada banyak perusahaan dan individu yang mencari untuk menyewa pengembang hanya untuk satu proyek. Bagian terbaik dari peluang ini adalah fleksibilitas dalam penjadwalan Anda, karena Anda dapat bekerja di sekitar pekerjaan harian Anda atau komitmen lainnya.

Bahkan jika Anda tidak memiliki kesempatan untuk menjadi freelance di samping, Anda pasti dapat memasukkan apa yang Anda pelajari ke dalam karir atau tanggung jawab Anda saat ini. Anda dapat menulis program sederhana untuk meningkatkan produktivitas atau memecahkan masalah yang sedang dihadapi oleh perusahaan Anda. Banyak orang menemukan cara untuk menggabungkan keterampilan pengcodingan mereka ke dalam kehidupan sehari-hari mereka karena mereka melihat seberapa banyak pemahaman tentang pemrograman dapat dicapai.

Jadi jangan khawatir, belajar membuat coding tidak membatasi Anda untuk hidup sebagai pengembang. Sebaliknya, ia membuka lebih banyak pintu untuk mencapai karier yang sukses dan bermanfaat.

4. Dapatkan penghasilan tambahan

Kesuksesan finansial adalah tujuan penting bagi banyak orang, dan belajar untuk membuat coding dapat memiliki dampak yang signifikan di sana. Tidak peduli apa karir, profesi, atau latar belakang Anda; keterampilan pemrograman berguna. Peluang karir dari pengcodingan pembelajaran dibahas di bagian sebelumnya, dan ada peluang tanpa akhir untuk memanfaatkan peluang ini secara finansial.

Serta mendapatkan di depan kerja, keterampilan pengcodingan juga dapat sangat membantu jika Anda ingin terbang solo. Ada banyak pengembang yang menerapkan kemampuan pengcodingan mereka untuk memulai bisnis mereka sendiri, membuat situs web untuk orang lain. Lainnya menggunakan keterampilan mereka untuk membawa ide bisnis mereka sendiri ke kehidupan. Sebagai contoh, banyak pendiri startup yang sukses saat ini memiliki setidaknya beberapa keterampilan pengcodingan.

5. Tingkatkan kehidupan sosial Anda

Mempelajari coding memengaruhi kehidupan sosial Anda secara positif, karena dapat memberikan jalan keluar bagi Anda untuk berinteraksi dengan seluruh dunia, serta orang-orang yang dekat dengan Anda. Anda mengembangkan kemampuan untuk membuat aplikasi dan situs web untuk hal-hal yang Anda sukai dan ingin Anda bagikan.

Anda menjadi bersenjata dengan alat untuk membuat platform yang dapat digunakan oleh semua orang yang berbagi minat atau keyakinan Anda, apakah itu didasarkan pada produk, layanan, atau ide.

Fleksibilitas dengan belajar coding juga memecah batas-batas harus bekerja jadwal kantor yang ketat. Ada banyak orang yang menjadi freelancer yang sukses dan melakukan perjalanan dunia – semua sambil bekerja dari laptop mereka.

6. Realisasikan ide Anda

Semua dari kita memiliki ide tentang bagaimana membuat perbaikan kehidupan – apakah itu di dalam kehidupan pribadi kita, lingkungan kerja kita, atau dari sudut pandang global. Lebih sering daripada tidak, kami tidak memiliki alat teknologi untuk secara akurat mentransformasikan ide-ide itu menjadi proyek nyata yang dapat dieksekusi.

Mempelajari coding memberi kita kemampuan untuk secara pribadi mengembangkan proyek-proyek yang akan cocok dengan visi kita, tanpa kehilangan terjemahan ketika kita berkomunikasi dengan pengembang lain.

Banyak ide kami adalah mimpi liar yang tidak ditindaklanjuti karena kami tidak memahami batasan atau kemampuan alat yang tersedia bagi kami. Memahami cara membangun situs web atau mengembangkan program berjalan jauh untuk mencapai impian tersebut.

7. Menjadi lebih percaya diri

Salah satu perasaan terbaik di dunia adalah mengetahui bahwa Anda mencapai sesuatu yang hebat atau bahwa Anda memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu yang sangat kompleks. Belajar coding memberi Anda kegembiraan dan pemberdayaan!

Anda mendapatkan banyak kepuasan mengetahui Anda tidak lagi harus bergantung pada template cookie-cutter statis ketika Anda ingin membuat situs web untuk menjual produk atau layanan. Atau, Anda tidak lagi harus menunggu orang lain untuk mengembangkan program untuk membantu meningkatkan alur kerja Anda di pekerjaan Anda.

Anda mengembangkan lebih percaya diri dalam menggunakan komputer Anda dan berinteraksi dengan internet, karena Anda memahami cara kerjanya dan bagaimana semuanya bersatu di balik layar. Pada akhirnya, kepercayaan diri Anda meningkat karena kemampuan Anda untuk mengatasi masalah teknologi apa pun menjadi tingkat superhero.

 

Referensi:

https://www.codecademy.com/

Posted in Tech | Tagged | Comments Off on 7 Manfaat yang Bisa Didapatkan Dari Belajar Coding

8 Keuntungan Point of Sale untuk Pelaku Bisnis Kecil

Sistem point of sale atau POS yang diterapkan dengan tepat dan baik akan memberikan banyak manfaat bagi pegiat bisnis kecil. Pasalnya, sistem tersebut tak hanya membantu transaksi harian dan inventaris, tetapi juga mengembangkan usaha dengan loyalitas dan software khusus pemasaran.

POS yang mencakup kasir dan mesin transaksi akan memberikan setidaknya delapan manfaat bagi para pelaku bisnis kecil, antara lain:

1. Lebih efisien saat mengurus administrasi

Efektivitas yang diberikan sistem POS atau aplikasi kasir dianggap mampu menyediakan laporan-laporan relevan. Hal ini secara tak langsung membantu Anda menentukan pilihan yang menguntungkan tanpa membuang-buang waktu.

Wajar saja mengingat program tersebut mudah diinstal, bekerja cepat, dan mudah dikuasai para pemula. Tak hanya itu, biaya yang digunakan untuk mengurus administrasi juga akan berkurang.

2. Meningkatkan keuntungan bisnis

Point of sale dipercaya sebagai solusi untuk meningkatkan keuntungan bisnis. Tujuan ini dapat dicapai dengan efektivitas pengelolaan inventaris yang selaras dengan pemahaman akan perilaku konsumen.

Nantinya, hal tersebut akan memfasilitasi kampanye pemasaran yang ditargetkan pelaku usaha. Malah tak menutup kemungkinan sistem POS akan mendongkrak profit lebih fleksibel di kemudian hari.

3. Berperan sebagai sistem kontrol stok

Sistem POS profesional biasanya sudah dilengkapi software pengelolaan inventaris yang merupakan hal esensial bagi pebisnis kecil agar mereka bisa memastikan jumlah stok dengan tepat.

Sistem pengelolaan ini juga akan memungkinkan Anda menciptakan keputusan-keputusan cerdas yang bukan hanya bakal mempengaruhi ketersediaan stok, melainkan juga perilaku pelanggan dan data historis.

4. Membangun kepercayaan dari konsumen

Penggunaan sistem POS yang tepat semestinya dapat membangun program-program terbaik untuk para pelanggan yang loyal. Kegiatan semacam ini telah terbukti menumbuhkan bisnis-bisnis kecil dari point of sale, dengan cara menarik konsumen-konsumen baru, hingga meningkatkan penjualan.

Voucher dan poin loyalitas adalah salah dua contoh produk yang dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

5. Membantu kampanye pemasaran

Strategi pemasaran berpengaruh terhadap imej bisnis kecil, terutama yang baru dirintis. Dalam hal ini, sistem POS menjadi salah satu kunci yang dapat membantu Anda merancang kampanye yang sesuai sasaran untuk mempromosikan usaha tersebut.

Manfaatkan informasi-informasi yang diperoleh dari POS untuk menciptakan kampanye pemasaran relevan yang nantinya mengundang profit besar.

6. Mengurangi peluang terjadinya kesalahan

Sebelum point of sale banyak digunakan seperti sekarang, pelaku usaha harus menghitung stok produk secara manual. Selain melelahkan, metode tersebut sering kali menimbulkan berbagai kesalahan fatal, salah satunya overselling.

Akan tetap, POS akan membantu Anda menyesuaikan ketersediaan barang di daftar stok dengan transaksi harian secara otomatis dan minim kekeliruan.

7. Kecerdasan bisnis yang terpercaya

POS, selayaknya program kebanyakan, pastinya mempunyai satu pusat database yang beroperasi secara real time, mudah diakses, dan dilengkapi pembaruan otomatis.

Spesifikasi tersebut seharusnya mampu memberikan Anda laporan-laporan tepercaya dan mendalam. Dengan demikian Anda yang punya bisnis kecil pun dapat mengambil keputusan-keputusan penting yang mempengaruhi usaha.

8. Dapat diakses di mana dan kapan saja

Di zaman serba canggih seperti sekarang, point of sale wajib bisa diakses di mana dan kapan saja. Hal ini akan memudahkan pelaku bisnis memantau perkembangan usahanya meski sedang berada di luar kota atau istirahat di rumah.

Tidak sampai di situ, kemudahan akses yang ditawarkan juga akan membuat Anda lebih cepat membalas feedback dari konsumen mengingat spesifikasinya yang real time.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, Anda dapat simpulkan sendiri daftar benefit yang diberikan sistem POS untuk bisnis kecil menyentuh hampir semua aspek penting, khususnya di era digital seperti sekarang.

Anda tak perlu lagi mengumpulkan modal banyak untuk membangun bisnis besar dan menjangkau jaringan bisnis luas. Hanya berbekal POS dan kecakapan menggunakannya, usaha yang Anda rintis dijamin menarik minat dari konsumen maupun klien yang meyakinkan.

Demikian informasi seputar sistem POS dan manfaat-manfaatnya terhadap pelaku bisnis kecil. Semoga dengan informasi ini Anda dapat memahami cara kerja point of sale semaksimal mungkin supaya bisnis yang dikembangkan bertahan lama dan menghasilkan profit.

Referensi:

https://dash.harvard.edu/bitstream/handle/1/16883011/hal-scott—mastercard-retail-payment-systems.pdf?sequence=1

Posted in Tech | Comments Off on 8 Keuntungan Point of Sale untuk Pelaku Bisnis Kecil

9 Bahasa Pemrograman Jadul Yang Masih Ada

Apakah Anda tahu apa bahasa pemrograman pertama? Bisakah Anda menyebutkan beberapa bahasa yang dibuat pada tahun 1950-an? Fakta utama tentang bahasa pemrograman adalah bahwa mereka pasti sudah ketinggalan jaman, tetapi mereka jarang mati.

Untuk pengembang yang bekerja dengan program lama, menggunakan bahasa “kuno”, itu bisa menjadi pilihan yang jauh lebih baik daripada menulis ulang semuanya. Bloomberg memutuskan untuk mengingat bahasa pengkodean yang dibuat jauh sebelumnya tetapi masih cukup berguna.

9 Bahasa Pemrograman Jadul Yang Masih Digunakan

Semua bahasa pemrograman yang tercantum di atas muncul pada tahun 1950-an. Juga sejumlah bahasa asing dipilih untuk menjadi bahasa yang setara dengan bahasa pengkodean lama.

1) ALGOL

Ini dibuat pada tahun 1958. ALGOL adalah singkatan dari “Algorithmic Language” dan banyak digunakan pada tahun 1958-1959. Bahasa pemrograman ini ditemukan oleh sekelompok ilmuwan komputer Eropa dan Amerika.

ALGOL kebanyakan digunakan untuk komputasi ilmiah. Itu sebenarnya adalah upaya pertama untuk membuat bahasa pemrograman yang akan dapat bekerja pada mesin yang berbeda. Ternyata lebih cocok untuk praktikum daripada untuk aplikasi komersial karena tidak memiliki protokol input-output. Hari ini hampir tidak digunakan, tetapi “DNA” -nya terletak pada banyak bahasa pemrograman yang digunakan saat ini.

2) COBOL

Ini dibuat pada tahun 1959 oleh salah satu ilmuwan komputer perintis Grace Hopper, yang juga terkenal karena menciptakan istilah “bug”. COBOL adalah singkatan dari Common Business-Oriented Language dan secara luas digunakan selama 1960-an hingga 1980-an untuk sistem bisnis skala besar.

Sebenarnya bahasa pemrograman ini masih diajarkan di sekolah. Pada tahun 2000, organisasi keuangan harus merekrut pengembang COBOL dari masa pensiun untuk menggali kode lama mereka dan memperbaiki masalah yang ada. Belum lama ini, Computerworld melaporkan bahwa programmer muda, yang mengerti COBOL,mendapatkan tawaran gaji yang sangat besar.

3) PL / I

Itu dibuat pada tahun 1964 tetapi dirilis pada tahun 1969. Kepanjangan PL/I yaitu Programming Language One dan diciptakan oleh sekelompok ahli yang diselenggarakan oleh IBM. Puncak kejayaannya adalah pada awal 1970-an.

Bahasa pemrograman ini digunakan untuk mainframe IBM System / 360, yang berfungsi untuk semuanya mulai dari pembukuan hingga astrofisika. PL / I dimaksudkan untuk menggantikan COBOL, FORTRAN dan bahasa pemrograman lainnya pada waktu itu. Bahasa pemrograman ini digunakan lebih luas di Uni Soviet daripada di negara-negara Barat. PL / I hampir tidak berguna saat ini karena bahasa ini menghabiskan banyak sumber daya dan terlalu rumit. Namun pembaruan terakhirnya dirilis sebulan lalu.

4) PASCAL

Ini diciptakan pada tahun 1968 oleh ilmuwan Swiss Niklaus Wirth dan dinamai Mathematician Blaise Pascal. PASCAL adalah salah satu keturunan ALGOL yang paling populer, secara luas digunakan untuk pengajaran dan pengembangan perangkat lunak untuk komputer Apple. Versi paling populer dari bahasa ini disebut Turbo Pascal yang dirilis pada tahun 1983. Saat ini masih digunakan untuk mengajar pemrograman berorientasi objek.

5) LISP

Ini dibuat pada tahun 1958 oleh John McCarthy dan LISP singkatan dari “List Processing”. Bahasa pemrograman ini paling banyak digunakan pada tahun 1960 untuk kecerdasan buatan, sistem pertahanan udara dan blackjack komputer. Itu menarik bahwa itu masih salah satu bahasa dominan dalam pekerjaan AI.

6) APL

Ini dibuat pada tahun 1962 dan namanya adalah singkatan dari “A Programming Language”. Penulisnya, Ken Iverson, menerima Turing Award untuk bahasa pemrograman ini. APL cukup populer pada tahun 1960 dan sebagian besar digunakan untuk matematika terapan. Ini dikenal karena kesederhanaan dan kejelasan sintaksis. Tetapi itu juga memiliki beberapa kerugian, seperti huruf Yunani yang diperlukan dan simbol yang tidak jelas, dan dengan demikian keyboard khusus. Juga dibaca dari kanan ke kiri, seperti bahasa Ibrani.

7) FORTRAN

Diciptakan pada tahun penerbangan pertama satelit buatan Bumi. Penciptanya, John Backus, bekerja untuk IBM, dan Fortran adalah singkatan dari “Formula Translator”. Bahasa pemrograman ini sebagian besar digunakan untuk komputasi ilmiah yang sulit dan masih dalam penggunaan yang cukup luas di kalangan fisikawan dan insinyur.

8) LOGO

Namanya berasal dari Bahasa Yunani (Logos), yang berarti “Word” atau “thought”. Ini dibuat oleh Seymour Papert, Wally Feurzeig dan kelompok yang bekerja dengan Papert di MIT Artificial Intelligence Laboratory. Pertama kali Logo dikembangkan untuk mengajar anak-anak kecil mengenal apa itu program.

9) ADA

Ini diciptakan pada tahun 1980 oleh Jean Ichbiah dan dinamakan untuk proto-programmer Ada Lovelace pada abad ke-19. Ada yang paling banyak digunakan pada tahun 1980 untuk kontrol lalu lintas militer dan udara. Dan itu adalah fakta bahwa itu masih menjadi pusat kendali lalu lintas udara, dan akan tetap ada di masa depan karena keamanan dan keselamatannya.

Referensi bacaan:

https://en.wikipedia.org/wiki/ALGOL
https://en.wikipedia.org/wiki/COBOL
https://en.wikipedia.org/wiki/PL/I
https://en.wikipedia.org/wiki/Pascal_(programming_language)
https://en.wikipedia.org/wiki/Lisp_(programming_language)
https://tryapl.org/
https://medium.com/elp-2018/apl-a-programming-language-519a402bd041

Posted in Tech | Tagged | Comments Off on 9 Bahasa Pemrograman Jadul Yang Masih Ada

Asal Mula Kantor dari Perusahaan IT Besar

Orang-orang yang kita kenal sebagai miliarder saat ini, sebenarnya adalah orang biasa. Yang membedakan mereka dari yang lain adalah dorongan dan motivasi mereka untuk membangun sesuatu yang besar. Bahkan jika itu berarti memulai dari yang kecil. Dalam daftar ini, kami melihat beberapa perusahaan terbesar di dunia yang sebenarnya dimulai dari garasi.

1. Amazon

Jeff Bezos memulai perusahaan dari garasi miliknya.

Pasar online terbesar di dunia dimulai sebagai toko buku online. Didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994, Amazon memulai operasinya dari garasi rumah Bezos di Bellevue, Washington.

Meskipun butuh hampir satu tahun penuh bagi Amazon untuk menjual buku pertama mereka, bisnis ini segera mulai tumbuh secara eksponensial dan sekarang menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia, bernilai hampir $ 300 miliar.

2. Microsoft

Inilah raksasa teknologi lain yang memiliki awal yang kecil. Ketika Bill Gates dan Paul Allen memulai Microsoft, mereka memiliki garasi kecil dan sumber daya yang sangat sedikit untuk bekerja. Namun, nilai lebih dari mereka adalah keterampilan pemrograman mereka yang handal, dengan menggunakan kemampuan mereka membangun sistem operasi pertama mereka dan melisensikannya seharga $ 80.000.

Beberapa tahun kemudian, Windows lahir, dan kita tahu bagaimana hasilnya. Micrsoft, senilai lebih dari $ 400 miliar, telah menguasai pasar PC selama lebih dari dua dekade, menjadikan Bill Gates orang terkaya di planet ini.

3. Disney

Raksasa media yang dimiliki perusahaan Walt Disney saat ini, memiliki permulaan yang sangat sederhana. Walt Disney dan saudaranya Roy mulai membuat film Alice Comedies, bagian dari Alice’s Wonderland, di garasi milik paman mereka di Los Angeles pada tahun 1923.

Mereka tidak akan tahu itu, tetapi perusahaan mereka, senilai lebih dari $ 150 miliar, sekarang menjadi konglomerat multimedia terbesar di seluruh dunia.

4. Apple

Kantor pertama Apple adalah garasi miliki orang tua Steve Jobs.

Apple dimulai pada tahun 1976 ketika Steve dan Wozniak mendesain Apple I Computer pertama seharga $ 500. Ketika pembeli lokal membuat permintaan untuk 50 komputer, Steve Jobs dan Wozniak mendapatkan semua bagian dan mengumpulkan 50 komputer dalam 30 hari. Mereka melakukannya di garasi orangtua Jobs di Cupertino, California.

Saat ini, dengan kantor yang megah di Cupertino disebut Infinite Loop, Apple adalah pemimpin dunia dalam teknologi dan bernilai lebih dari $ 550 miliar.

5. Google

Google memulai di garasi Susan Wojcicki, yang merupakan CEO YouTube saat ini.

Mungkin yang paling terkenal dari semua perusahaan yang memulai usaha dari garasi, Larry Page dan Sergey Brin memulai Google di garasi YouTube CEO Susan Wojcicki pada bulan September 1998. Awalnya hanya sebuah proyek perguruan tinggi lain di Stanford, Google adalah raksasa internet terbesar saat ini.

Page dan Brin mencoba menjual perusahaan untuk Excite sebesar $ 1 juta, namun Excite menolaknya. Dan mereka pasti menyesalinya, sekarang Google bernilai lebih dari $ 500 miliar.

Sumber: https://www.americanexpress.com/en-us/business/trends-and-insights/articles/6-incredible-companies-that-started-in-a-garage/

Posted in Tech | Tagged | Comments Off on Asal Mula Kantor dari Perusahaan IT Besar

7 Aplikasi iPhone Gratis yang Wajib di Install

Sebagai salah seorang pengguna setia gadget, Anda pastinya tidak akan pernah bisa dilepaskan dari dukungan aplikasi yang ada di dalamnya. Khususnya buat Anda para pengguna perangkat iPhone, Anda pasti saja tidak mungkin hanya andalkan aplikasi bawaan smartphone saja, kan?

Tetapi demikian, sebelum Anda mengunduh dan menginstall aplikasi tambahan, atau aplikasi pihak ketiga, biasanya Anda akan mempertimbangkan baik – baik aplikasi apa saja yang bisa diunduh secara langsung. Ini artinya, aplikasi yang Anda unduh tersebut gratis. Dari sekian banyaknya aplikasi yang ada di AppStore, berikut ini daftar aplikasi iPhone gratis yang harus banget Anda download.

7 Aplikasi iPhone Gratis yang Wajib di Install

Aplikasi YouTube

Guna mengakomodasi kebutuhan menonton yang tak ketinggalan oleh zaman, maka aplikasi satu ini wajib banget ada di iPhone kesayanganmu. YouTube memang menjadi pionir aplikasi streaming paling terkenal, sehingga tidak heran jika pada akhirnya aplikasi tersebut menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Tidak hanya akomodasi fungsi media sosialnya saja, tetapi aplikasi tersebut juga bisa menjadi sumber pendapatan.

Aplikasi Snapchat

Aplikasi selanjutnya yang harus banget didownload di iPhone kesayangan Anda adalah Snapchat. Mungkin saja aplikasi tersebut sudah pernah Anda download dan install di gadget Anda, akan tetapi sekarang tidak lagi. Hal ini memang masih sangat relatif sebab di Indonesia fitur Snapchat lebih cenderung tergantikan dengan Instagram Story. Walaupun demikian, penggunaan aplikasi tersebut masih jadi salah satu aplikasi gratis terbaik yang banyak digunakan pengguna iPhone.

Aplikasi Messenger

Kepopularitasan aplikasi Facebook sepertinya masih menjadi salah satu alasan kenapa aplikasi Messenger ini masuk ke dalam daftar aplikasi terbaik. Guna hubungkan penggunanya, aplikasi Messenger biasanya memang memiliki fungsi cukup banyak yang tentu saja bisa banget Anda andalkan. Belum lagi, daftar teman Anda mungkin saja banyak terekam melalui aplikasi Facebook.

Aplikasi Facebook

Bahkan sampai saat ini, aplikasi Facebook masih memiliki pengguna cukup banyak dibandingkan aplikasi untuk bersosial media lainnya. Sebab, aplikasi tersebut memberikan performa aplikasi yang ramah bagi penggunanya. Sehingga tidak diherankan jika pada akhirnya Facebook menjadi aplikasi terbaik, bahkan mungkin tak hanya di iPhone saja, tetapi di smartphone berbasis Android lainnya.

Aplikasi Bitmoji

Memilih karakter kartun untuk menjadi avatar sticker di iPhone kesayangan memang bisa banget membuat interaksi Anda lebih menyenangkan. Anda bisa optimalkan fungsi dari sticker hasil kreatifitas Anda untuk kemudian digunakan pada berbagai aplikasi yang kompatibel. Menariknya lagi, juga ada berbagai aplikasi di iPhone yang bisa mengadaptasikan fungsi Bitmoji secara optimal. Sekarang Anda sudah bisa berinteraksi dengan cara yang lebih unik dan pastinya juga tidak membosankan.

Aplikasi Netflix

Ini merupakan aplikasi terbaik yang menawarkan layanan menonton film yang lebih eksklusif. Untuk urusan menonton film, layanan yang ditawarkan aplikasi ini memang tidak bisa terlepas dari daftar layanan terbaik yang bisa digunakan. Apalagi dengan adanya pembaharuan pada aplikasi ini yang terus dilakukan untuk akomodasi fitur yang kompatibel bagi pengguna iPhone.

Aplikasi Google Maps

Aplikasi iPhone gratis terbaik yang harus didownload terakhir adalah Google Maps. Aplikasi tersebut pada dasarnya memiliki fitur terbaik yang bisa akomodasi panduan perjalanan lebih lengkap bagi penggunanya. Walaupun Anda menggunakan perangkat iPhone, kompatibilitas dari aplikasi Google Maps ini memiliki performa yang dapat diandalkan setiap saat, khususnya pada saat Anda tersesat.

 

Posted in Gawai | Comments Off on 7 Aplikasi iPhone Gratis yang Wajib di Install

Fitur WhatsApp yang Terabaikan Tapi Sebenarnya Berguna

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting terbaik dan terpopuler, yang saat ini sudah memiliki pengguna aktif sangat banyak sekali. Pada awalnya, aplikasi WhatsApp ini memang dibuat secara khusus sebagai layanan pesan instan, akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, developer mulai menaruh perhatian lebih dari sekadar platform pesan instan. Banyak sekali fitur menarik yang ditambahkan dalam aplikasi WhatsApp tersebut.

Walaupun demikian, kadang kalanya pengguna hanya menggunakan aplikasi ini untuk sekadar berkirim pesan. Hal tersebut tentu tidak ada salahnya, mengingat kodrat utama aplikasi WhatsApp ini adalah sebagai alat berkirim pesan. Tetapi demikian, jika Anda perhatikan dengan seksama, ada banyak sekali fitur menarik yang jarang disentuh. Apa saja itu?

Ini Fitur WhatsApp yang Terabaikan Tapi Ternyata Sangat Berguna

Pin Chat

Fitur yang pertama ini sebetulnya merupakan fitur yang sangat sederhana sekali. Dengan fitur tersebut, maka Anda akan bisa memaku kira – kira percakapan mana saja yang akan Anda letakkan di deretan paling atas. Mungkin saja Anda memiliki percakapan penting dan tak ingin tenggelam dengan percakapan lainnya, sehingga Anda bisa menggunakan fitur satu ini. Cara penggunaannya mudah sekali, Anda hanya perlu menekan dan menahan yang lama percakapan yang ingin digantung di posisi paling atas.

Share Live Location

Untuk fitur selanjutnya ini memang bukan termasuk fitur baru. Fitur tersebut justru sudah ada di berbagai platform pesan instan lainnya. Tetapi aplikasi WhatsApp baru memberikan pembaharuan pada fitur berbagi lokasi, yakni dengan mengirim lokasi secara live. Kegunaan dari fitur tersebut pastinya ada banyak sekali, salah satunya adalah untuk memastikan teman maupun pacar Anda tidak berbohong. Hal tersebut karena kini sudah ada banyak sekali aplikasi fake GPS dan lain sebagainya.

Starred Messages

Lalu untuk fitur berikut ini mirip sekali dengan pin chat. Tapi yang membedakan, jika pada fitur pin chat akan memaku percakapan seseorang secara keseluruhan, lain halnya pada fitur Starred Messages ini yang akan menyimpan salah satu percakapan yang mungkin berkesan atau pun penting bagi Anda. Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu tap di salah satu bubble percakapan yang diinginkan, kemudian tap ikon bintang.

My Status

Ini adalah fitur yang mirip sekali seperti Instagram Stories. Alasannya adalah karena WhatsApp dan Instagram memang masih satu induk dengan Facebook. Jadi apa yang sedang ramai di Instagram, akan coba dibawakan di aplikasi WhatsApp. Meksipun kadang kalanya tidak banyak orang yang memanfaatkan fitur tersebut. My Status menjadi fitur utama, Anda bisa mengaksesnya dengan cara menggeser ke kanan diantara menu Chats dan Calls. Kemudian Anda bisa tap Add My Status.

Marks As Unread

“Pesanku kok dibaca saja sih?” Mungkin saja Anda pernah alami situasi yang seperti ini, kan? Ya, biasanya Anda secara tak sengaja menekan salah satu percakapan sehingga pesan tersebut telah terbaca. Padahal sebenarnya Anda sama sekali tidak tahu apa isi dari pesan tersebut, atau pun mungkin saja Anda masih belum mau membalasnya. Mudah sekali, Anda hanya perlu mengguakan fitur Mark As Unread ini. Jadi, nanti pesan tersebut akan terbaca “Read” atau pun sudah terbaca.

Referensi: https://faq.whatsapp.com/

Posted in Tech | Comments Off on Fitur WhatsApp yang Terabaikan Tapi Sebenarnya Berguna

Penggunaan Teknologi pada Usaha Restoran

Sebuah usaha restoran harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik dalam waktu yang singkat, jika ingin berhasil dalam industri ini.

Dengan begitu Anda akan membuat para tamu lebih bahagia, mengisi lebih banyak meja, dan mengurangi pemborosan makanan. Sekarang, dengan bantuan teknologi restoran dapat mewujudkan hal itu.

1. Pemesanan Online

Apakah Anda menawarkan take away? Atau, apakah Anda sebuah restoran cepat saji atau kasual yang tidak ingin pembeli terjebak di antrean panjang?

Permintaan penggunaan aplikasi pesan online makanan tumbuh dengan pesat, karena memiliki banyak manfaat bagi restoran, antara lain:

Penghasilan Lebih Tinggi: Dengan pemesanan online, pelanggan dapat melihat-lihat menu makanan dengan santai alih-alih dengan terburu-buru memesan langsung atau melalui telepon. Karena tidak ada tekanan, pelanggan lebih cenderung untuk memesan barang tambahan, yang mengarah ke penjualan yang lebih tinggi.

Lebih Banyak Pesanan Akurat: Menerima pemesanan via telpon sepertinya sudah ketinggalan jaman, terlebih jika koneksi jaringan sedang buruk dan suara terputus-putus.

Ini bisa menyebabkan pesanan dicatat dengan tidak benar, yang berarti pemborosan makanan dan pendapatan untuk usaha Anda – dan pengalaman buruk bagi pelanggan Anda. Menerima pesanan secara online dapat menjauhkan Anda dari masalah-masalah tersebut.

Pelacakan Data: Jika pesanan dilakukan melalui situs web Anda, Anda dapat melacak informasi. Anda dapat mengetahui siapa pelanggan online reguler Anda, seberapa sering mereka memesan, dan barang apa yang biasanya mereka beli.

Anda dapat bermitra dengan pihak ketiga, seperti penyedia jasa antar makanan atau ojek online, untuk mengembangkan pemesanan online untuk situs web Anda. Sebagian besar program berintegrasi dengan teknologi restoran Anda yang lain untuk layanan yang dapat dilacak dan efisien. Lihat ke Dominos Pizza untuk melihat contoh bagus pemesanan online dalam aksi.

2. Sistem POS Digital

Teknologi restoran dengan POS (point of sale) banyak digunakan dalam industri perhotelan, bahkan 81% restoran menggunakan POS atau Sistem Registrasi Elektronik. Namun, sistem POS semakin canggih. Beberapa sistem POS atau aplikasi kasir online, bahkan sudah terintegrasi dengan tablet meja sehingga pelanggan dapat memilih menu, memesan, dan membayar sendiri.

3. Table Management

Restoran menaikkan game pesanan mereka. Bagaimana? Dengan memberi para tamu kekuatan untuk memesan dari menu digital dan membayar tablet layar sentuh dengan aman.

Faktanya, 37% pemilik restoran percaya bahwa pemesanan pelanggan adalah satu-satunya jenis teknologi terpenting yang harus mereka coba.

Tren teknologi restoran swalayan dimulai dengan QSRs (Restoran Layanan Cepat). QSR seperti Taco Bell memungkinkan pelanggan melakukan pemesanan menggunakan tablet, aplikasi seluler, atau kios.

Taco Bell melaporkan peningkatan 20% dalam penjualan pesanan digital dibanding yang dilakukan secara tradisional dengan kasir manusia.

Teknologi restoran swalayan kini sedang diadaptasi oleh industri kasual dan bahkan santapan.

Restoran menggunakan tablet meja yang menampilkan menu digital mereka dan memungkinkan pelanggan untuk menempatkan dan mengirim pesanan mereka langsung ke dapur.

Pesanan keluar lebih cepat daripada jika sebuah meja harus menurunkan server saat terburu-buru makan siang atau makan malam. Itu berarti pergantian meja yang lebih cepat – dan tamu yang lebih bahagia.

Plus, karena pelanggan dapat menggali lebih dalam ke dalam menu untuk menemukan lebih banyak add-on dan tambahan daripada yang bisa dibaca oleh server mana pun, periksa rata-rata meningkat.

Apa yang luar biasa tentang teknologi restoran ini adalah bahwa mereka tidak mengganti layanan pribadi – hanya meningkatkannya. Server dapat menghabiskan lebih banyak waktu terlibat dengan tamu alih-alih memverifikasi pesanan mereka atau menjalankan tagihan bolak-balik.

Referensi: www.restaurant.org/News-Research/Research/Mapping-the-Technology-Landscape

Posted in Tech | Comments Off on Penggunaan Teknologi pada Usaha Restoran

Keunggulan Layanan Streaming Film di Perangkat Android

Layanan streaming saat ini tidak hanya bisa dilakukan di saluran televisi rumah. Melainkan layanan streaming juga bisa dilakukan melalui perangkat android. Anda bisa dapatkan kenyamanan nonton televisi melalui perangkat android dengan menggunakan akses layanan streaming film yang tersedia mulai dari iFlix, Netflix, dan sebagainya.

Bersamanya tentu perangkat android Anda akan jauh lebih multifungsi. Tentu nonton film di perangkat android dengan layanan streaming juga memberikan berbagai macam keunggulan. Berikut apa saja keunggulan layanan streaming film di perangkat android yang Anda harus tahu. Dapatkan keseruan dan kenyamanan nonton film di perangkat android sedari sekarang!

Keunggulan Layanan Streaming Film di Perangkat Android

Dengan layanan streaming film Anda bisa nonton apa saja, dimana saja

Dengan menggunakan layanan streaming film tentu berbagai hal menarik bisa Anda dapatkan. Salah satunya Anda bisa nonton film kapan saja dan dimana saja tanpa batas. Terlebih saat ini sudah ada banyak aplikasi dengan layanan ove the top yang menawarkan keleluasaan untuk nonton film sepuas mungkin lewat perangkat android. Tak hanya film baru, bahkan film – film lama dan berbagai sinetron yang Anda suka semuanya dapat Anda tonton. Namun pastinya film dan sinetron tersebut adalah yang legal karena kalau tidak memiliki izin akan sulit masuk di berbagai layanan streaming.

Anda bisa download film secara aman dan legal di smartphone android

Jika Anda merupakan pecinta download film torrent Anda harus tahu bahayanya. Takutnya malah ada malware jahat yang ikut Anda download. Memang awalnya malware jahat tidak terasa masuk ke smartphone Anda. Akan tetapi kalau dibiarkan terus menerus lama – lama malware tersebut akan merusak fungsi smartphone dan malah bisa jadi membuat smartphone Anda bermasalah.

Jika Anda tak mau smartphone Anda bermasalah hanya karena satu kesalahan yaitu salah download, maka hal tersebut harus Anda hindari. Salah satunya adalah dengan menonton film secara bebas melalui layanan streaming film di perangkat android. Hanya dengan membayar biaya berlangganan Anda bisa menikmatinya. Bahkan beberapa layanan streaming juga ada yang menyediakan film untuk diakses secara gratis.

Download sekarang aplikasi streaming film terbaik di smartphone Anda

Ada banyak aplikasi streaming film yang bisa Anda jadikan pilihan. Beberapa diantaranya adalah iFlix dan HOOQ. Aplikasi streaming iFlix merupakan sebuah aplikasi streaming yang terbesar di Asia dengan menyediakan berbagai macam film dan berbagai serial drama.

Aplikasi iFlix juga legal karena menayangkan berbagai film yang sudah memiliki hak siar. Aplikasi ini termasuk yang terbaik sehingga untuk menikmatinya Anda diperuntukkan biaya untuk berlangganan setiap bulannya. Akan tetapi Anda juga bisa menikmati trial gratis selama satu bulan dan bulan berikutnya dikenai biaya berlangganan.

Yang selanjutnya adalah aplikasi HOOQ. HOOQ merupakan aplikasi streaming yang menjadi saingan iFlix selama ini. Berbagai jenis film dan drama di dalam negeri dan luar negeri dapat Anda temukan disini.

Pada aplikasi HOOQ tersedia film baru, serial tv, film lawas dan berbagai genre yang lain yang tentunya akan membuat Anda puas dan dimanjakan olehnya. Anda bisa memutar film apapun yang Anda inginkan tidak seperti di televisi dimana Anda harus nonton serial yang ditayangkan oleh pihak stasiun televisi yang menyiarkan tayangan tersebut, bukan tayangan yang Anda mau.

Download aplikasi streaming:

https://play.google.com/store/apps/details?id=tv.hooq.android&hl=in

https://play.google.com/store/apps/details?id=iflix.play&hl=in

Posted in Tech | Comments Off on Keunggulan Layanan Streaming Film di Perangkat Android