Permasalah budidaya udang vaname

Posted: 23rd May 2014 by Rani Rehulina Tarigan in Kesehatan Ikan

Udang Vaname merupakan salah satu komoditas perikanan unggulan yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Permintaan udang vaname (Litopenaeus vannamei) sangat besar baik pasar lokal maupun internasional, karena memiliki keunggulan nilai gizi yang sangat tinggi yang menyebabkan pesatnya budidaya Udang ini. Permintaan udang yang semakin meningkat dapat dilihat dari volume ekspor udang Indonesia pada tahun 2010 yang mencapai 63,3% dari total nilai ekspor hasil perikanan Indonesia sebesar USD 2,34 miliar. Kegiatan budidaya diharapkan mampu untuk mencapai target produksi udang sebesar 540.000 ton. Melalui manajemen budidaya yang lebih baik ditargetkan produksinya dapat meningkat sebesar 17,38% per tahun, yaitu: 275 ribu ton pada tahun 2010 menjadi 500 ribu ton tahun 2014 (PSDKP Kendari, 2010 dalam Wibisono, 2011).
Namun pada kenyataannya kegiatan budidaya mengalami banyak kendala dan masalah. Masalah yang paling sering dianggap menjadi penghambat budidaya ikan terbesar adalah munculnya serangan penyakit. Karena serangan penyakit dapat menyebabkan berbagai dampak negatif terhadap ikan seperti kekerdilan pada tubuh ikan, dan bahkan dapat menyebabkan kematian.
Penyakit ikan adalah segala sesuatu yang dapat menimbulkan gangguan pada ikan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Gangguan terhadap ikan dapat disebabkan oleh organisme lain, pakan maupun kondisi lingkungan yang kurang menunjang kehidupan ikan. Dengan demikian, timbulnya serangan penyakit ikan di kolam merupakan hasil interaksi yang tidak serasi antara ikan, kondisi lingkungan dan organisme penyakit. Interaksi yang tidak serasi ini telah menyebabkan stres pada ikan sehingga mekanisme pertahanan diri yang dimilikinya menjadi lemah dan akhirnya mudah diserang penyakit (Sachlan, 1972). Ancaman penyakit tidak hanya pada ikan tetapi juga berlaku bagi udang. Oleh karena itu perlu dilakukan teknik pengidentifikasian pada udang sehingga dapat memberikan penangan yang tepat sesuai dengan penyakit yang ada pada Udang Vaname (L. vannamei).