Microsoft Word shortcut keys

shortcut dan Fungsi Icon pada Microsoft Word

Shortcut Keys Description
Ctrl + 0 Adds or removes 6pts of spacing before a paragraph.
Ctrl + A Select all contents of the page.
Ctrl + B Bold highlighted selection.
Ctrl + C Copy selected text.
Ctrl + E Aligns the line or selected text to the center of the screen.
Ctrl + F Open find box.
Ctrl + I Italic highlighted selection.
Ctrl + J Aligns the selected text or line to justify the screen.
Ctrl + K Insert link.
Ctrl + L Aligns the line or selected text to the left of the screen.
Ctrl + M Indent the paragraph.
Ctrl + P Open the print window.
Ctrl + R Aligns the line or selected text to the right of the screen.
Ctrl + T Create a hanging indent.
Ctrl + U Underline highlighted selection.
Ctrl + V Paste.
Ctrl + X Cut selected text.
Ctrl + Y Redo the last action performed.
Ctrl + Z Undo last action.
Ctrl + Shift + L Quickly create a bullet point.
Ctrl + Shift + F Change the font.
Ctrl + Shift + > Increase selected font +1pts up to 12pt and then increases font +2pts.
Ctrl + ] Increase selected font +1pts.
Ctrl + Shift + < Decrease selected font -1pts if 12pt or lower, if above 12 decreases font by +2pt.
Ctrl + [ Decrease selected font -1pts.
Ctrl + / + c Insert a cent sign (¢).
Ctrl + ‘ + <char> Insert a character with an accent (grave) mark, where <char> is the character you want. For example, if you wanted an accented è you would use Ctrl + ‘ + e as your shortcut key. To reverse the accent mark use the opposite accent mark, often on the tilde key.
Ctrl + Shift + * View or hide non printing characters.
Ctrl + <left arrow> Moves one word to the left.
Ctrl + <right arrow> Moves one word to the right.
Ctrl + <up arrow> Moves to the beginning of the line or paragraph.
Ctrl + <down arrow> Moves to the end of the paragraph.
Ctrl + Del Deletes word to right of cursor.
Ctrl + Backspace Deletes word to left of cursor.
Ctrl + End Moves the cursor to the end of the document.
Ctrl + Home Moves the cursor to the beginning of the document.
Ctrl + Spacebar Reset highlighted text to the default font.
Ctrl + 1 Single-space lines.
Ctrl + 2 Double-space lines.
Ctrl + 5 1.5-line spacing.
Ctrl + Alt + 1 Changes text to heading 1.
Ctrl + Alt + 2 Changes text to heading 2.
Ctrl + Alt + 3 Changes text to heading 3.
Alt + Ctrl + F2 Open new document.
Ctrl + F1 Open the Task Pane.
Ctrl + F2 Display the print preview.
Ctrl + Shift + > Increases the highlighted text size by one.
Ctrl + Shift + < Decreases the highlighted text size by one.
Ctrl + Shift + F6 Opens to another open Microsoft Word document.
Ctrl + Shift + F12 Prints the document.
F1 Open Help.
F4 Repeat the last action performed (Word 2000+)
F5 Open the find, replace, and go to window in Microsoft Word.
F7 Spellcheck and grammar check selected text or document.
F12 Save as.
Shift + F3 Change the text in Microsoft Word from uppercase to lowercase or a capital letter at the beginning of every word.
Shift + F7 Runs a Thesaurus check on the word highlighted.
Shift + F12 Save.
Shift + Enter Create a soft break instead of a new paragraph.
Shift + Insert Paste.
Shift + Alt + D Insert the current date.
Shift + Alt + T Insert the current time.

In addition to the above shortcut keys users can also use their mouse as a method of quickly do something commonly performed. Below some are examples of mouse shortcuts.

 

Fungsi Icon Tab Home pada Microsoft Word:

  1. 1.      Fungsi Icon di Group Clipboard
    1. Paste                      : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
    2. Cut                                    : untuk memotong teks/objek terpilih.
    3. Copy                     : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
    4. Format Painter      : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.

 

  1. 2.      Fungsi Icon di Group Font
    1. Font                       : untuk memilih jenis huruf
    2. Font Size               : untuk mengatur ukuran huruf
    3. Grow Font            : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
    4. Shrink Font           : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
    5. Change Case         : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
    6. Clear Formatting   : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
    7. Bold                      : untuk menebalkan teks terpilih
    8. Italic                      : untuk memiringkan Teks terpilih
    9. Underline              : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
    10. Strikethrough        : memberikan tanda coret padateks terpilih
    11. Subscript               : untuk mengetik karakter pemangkatan
    12. Superscript            : untuk mengetik karakter pemangkatan
    13. Text Effect            : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
    14. Text Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
    15. Font Color             : untuk mengatur warna teks terpilih

 

  1. 3.      Fungsi Icon di Group Paragraph
    1. Bullets                   : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
    2. Numbering            : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
    3. Decrease Indent    : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
    4.  Increase Indent    : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
    5. Left-to-Right        : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
    6.  Right-to-Left       : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
    7.  Sort                      : untuk menyortir data
    8. Show Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
    9. Align Text Left     : untuk mengatur teks rata kiri
    10. Center                   : untuk mengatur teks rata tengah
    11. Align Text Right   : untuk mengatur teks rata kanan
    12. Justify                   : untuk mengatur teks rata kanan-kiri
    13. Line Spacing         : untuk mengatur jarak antar baris teks
    14. Shading                 : untuk mengatur warna latar teks terpilih
    15. Border                   : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.

 

  1. 4.       Fungsi Icon di Group Styles
    1. Heading Styles      : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
    2. Change Styles       : berisi pilihan pengaturan tema paragraf

 

  1. 5.      Fungsi Icon di Group Editing
    1. Find                      : untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
    2. Replace                : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti    dengan kata tertentu dalam suatu file
    3. Select                   : digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file

 

Fungsi Icon Tab Page Layout pada Microsoft Word:

  1. 1.      Tabel Perintah di Icon Theme
    1. Themes digunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya.
    2. Color digunakan untuk mengatur warna tema halaman.
    3. Fonts digunakan untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif.
    4. Effect digunakan untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen.

 

  1. 2.      Tabel Perintah di icon Page Setup
    1. Margins digunakan untuk mengatur batas teks di halaman dokumen.
    2. Orientation digunakan untuk mengatur posisi kertas.
    3. Size digunakan untuk mengatur ukuran halaman.
    4. Columns digunakan untuk mengatur jumlah kolom teks.
    5. Breaks digunakan untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks.
    6. Line Numbers digunakan untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks.
    7. Hypenation digunakan untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis.

 

  1. 3.      Tabel Perintah di Icon Page Background
    1. Watermark digunakan untuk memberikan efek tanda air di belakang teks.
    2. Page Color digunakan untuk mengatur warna latar halaman.
    3. Page Borders digunakan untuk mengatur garis tepi halaman.

 

  1. 4.      Tabel Perintah di Icon Paragraph
    1. Indent digunakan untuk mengatur batas teks;
    2. Spacing digunakan untuk mengatur jarak antar paragraf.

 

  1. 5.       Tabel Perintah di Icon Arrange
    1. Position digunakan untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman
    2. Wrap text digunakan untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks c
    3. Bring Forward digunakan untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya d
    4. Send Backward digunakan untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
    5. Selection Pane menampilkan panel navigasi objek
    6. Align digunakan untuk mengatur posisi objek lepas
    7. Group digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu gru
    8. Rotate digunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih

Fungsi Icon Refences pada Microsoft Word

  1. 1.      Table Perintah pada Icon Table of Content
    1. Menu Table of Contens digunakan untuk pengelolaan daftar isi.
    2. Add Text digunakan untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat.
    3. Update Table berfungsi untuk sinkronisasi antara daftar isi dengan perubahan terkini dalam dokumen.

 

  1. 2.    Table Perintah pada Icon Footnotes
    1. Insert Footnote digunakan untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan yang berada di bagian bawah halaman atau footer).
    2. Endnote digunakan untuk menyisipkan catatan di akhir bab.
    3. Next Footnote berfungsi untuk memantau footnote dan endnote.
    4. Icon Show Notes digunakan untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote maupun endnote.

 

  1. 3.      Table Perintah Pada Icon Citation & Bibliography
    1. Insert Citation digunakan untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif.
    2.  Manage Sources digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen disisipkan tersebut.
    3. Menu Style berfungsi untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan.
    4. Menu Bibliography digunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif.

 

  1. 4.      Table Perintah Pada Icon Captions
    1. Insert Caption digunakan untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan. gambar itu.
    2. Insert Table of Figures digunakan untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen
    3. Icon Insert Table of Figures digunakan untuk melakukan urusan tersebut.
    4. Cross-reference berfungsi untuk menyisipkan referensi silang.

 

  1. 5.      Table Perintah Pada Icon Index
    1. Mark Entry digunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen.
    2. Insert index digunakan untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen.
    3. Update Index digunakan untuk memperbarui daftar indeks terkini.
    4. 6.      Table Perintah Pada Icon Table of Authorities

 

Fungsi Icon Tab Insert pada Microsoft Word:

Tab Insert digunakan untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen yang dikelola. Baik berupa objek gambar, tabel, Shape, dan karakter spesial (Symbols). Bahkan dengan tab Insert tersebut, user bisa menyisipkan link ke file yang berada di luar dokumen, bahkan ke internet.

  1. 1.      Fungsi Icon di Group Page

 

  1. Cover Page digunakan untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul.
  2. Blank Page untuk menyisipkan halaman kosong baru dalam suatu file dokumen
  3. Break Page untuk memisah suatu halaman file dokumen

 

  1. 2.      Fungsi Icon di Group Table
    1. Insert Table  untuk menyisipkan tabel melalui dialog Insert
    2. Table Draw Table untuk menyisipkan tabel dengan cara menggambar di halaman dokumen
    3. Convert Text to Table digunakan untuk menjadikan teks terpilih berada dalam tabel
    4.  Excel Spreadsheet untuk menyisipkan tabel dalam bentuk lembar kerja Excel
    5. Quick Tables untuk menyisipkan tabel instan yang sudah tersedia jenis dan bentuknya di dalam MS. Word 2010

 

  1. 3.      Fungsi Icon di Group Ilustration
    1. Picture digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer
    2.  Clip Art untuk menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library program
    3. Shapes digunakan untuk menyisipkan objek gambar autoshape
    4. SmartArt digunakan untuk menyisipkan gambar dalam bentuk organization
    5. Chart digunakan untuk menyisipkan diagram

 

  1. 4.      Fungsi Icon di Group Links
    1. Hyperlink digunakan untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain
    2. Bookmark digunakan membuat penanda buku
    3. Cross-Reference digunakan untuk membuat referensi antar file

 

  1. 5.       Fungsi Icon di Group Header & Footer
    1. Header digunakan untuk mengatur kepala halaman suatu file b.
    2. Footer digunakan untuk melakukan setting terhadap kaki halaman suatu file
    3. Page Number digunakan untuk melakukan setting terhadap homor halaman

 

  1. 6.      Fungsi Icon di Group Text
    1. Text Box digunakan untuk menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan teks
    2. Quick Parts digunakan untuk mengatur teks otomatis dll
    3. WordArt digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik
    4. Drop Cap digunakan untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf
    5. Signature Line digunakan untuk menyisipkan tanda tangan digital
    6. Date & Time digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini
    7. Object digunakan untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded)

 

  1. 7.      Fungsi Icon di Group Symbols
    1. Equation                : digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang matematika.
    2. Symbol                  : digunakan untuk menyisipkan karakter khusus.