I/O MANAGEMENT AND DISK SCHEDULING

  1.        I/O DEVICES

Input Device
Merupakan alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkanmaintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program.
Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu disamping sebagai alat input juga berfungsi sebagai alat output sekaligus. Alat yang demikian disebut sebagai “Terminal” . Terminal dapat dihubungkan ke sistem komputer dengan menggunakan kabel langsung atau lewat alat komunikasi. Terminal dapat digolongkan menjadi non intelligent terminal, smart terminal, dan intelligent terminal.Non intelligent terminal hanya berfungsi sebagai alat memasukkan input dan penampil output, dan tidak bisa diprogram karena tidak mempunyai alat pemroses. Peralatan seperti ini juga disebut sebagai dumb terminal.Smart terminal mempunyai alat pemroses dan memori di dalamnya sehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali. Walaupun demikian, terminal jenis ini tidak dapat diprogram oleh pemakai, kecuali oleh pabrik pembuatnya. Sedangkan intelligent terminal dapat diprogram oleh pemakai.

Peralatan yang hanya berfungsi sebagai alat input dapat digolongkan menjadi :

  1. alat input langsung

Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses, Alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet), scanner (misalnya magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (misalnya digitizing camera), voice recognizer (misalnya microphone).

 

  1. tidak langsung

alat input tidak langsung melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. alat input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan melalui media punched card (kartu plong), key-to-tapeyang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.

Output Device
Merupakan  perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data.

Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu :

  1.  Tulisan (huruf, angka, simbol khusus)
  2.  Image (dalam bentuk grafik atau gambar)
  3.  Suara
  4. Dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.

 

Peralatan output dapat berupa :
• Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film. Sifatnya permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer, plotter, dan alat microfilm.
• Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. Misalnya video display, flat panel, dan speaker.
• Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input menggunakan media magnetic disk misalnya adalah disk drive, dan yang menggunakan mediamagnetic tape adalah tape drive

  1. Piranti I/O (device)
    1. Dapat berupa komponen elektrik maupun mekanik
    2. Contoh: monitor, keyboard, mouse, printer, dan lainnya
  2. Device controller (adapter)
    1. Merupakan sirkuit digital yang berfungsi mengontol kerja komponen mekanik ataupun elektrik lainnya dari piranti I/O
    2. Agar piranti I/O dapat dikontrol atau berkomunikasi dengan sistem komputer
  3. Bus I/O
    1. Terdiri atas bus data, alamat dan kontrol

Organisasi Perangkat Keras  Piranti I/O

Karakteristik Pembeda :

  1. Modus Transfer Data
  2. Metode Akses
  3. Jadwal Transfer
  4. Sharing
  5. Kecepatan Akses
  6. Modus Operasi
1.1.      I/O DevicePerangkat I/O dapat dibedakan berdasarkan :

  1. 1.      Sifat aliran data

Berdasarkan aliran data dibedakan menjadi :

  1. Perangkat berorientasi blok (block-oriented devices)
  2. Perangkat berorientasi karakter (character-oriented devices)
Contohnya : disk, tape, CD ROM, Optical disk

Contohnya : terminals, line printer, punch card, network interfaces, pita kertas, mouseKlasifikasi diatas tidak mutlak, karena ada beberapa perangkat yang tidak termasuk kategori diatas, misalnya : Clock, Memory Mapped Screen, Sensor

  1. 2.      Sasaran komunikasi

Berdasarkan sasaran komunikasi dibedakan menjadi:

  1. Perangkat yang terbaca oleh manusia (human readable device)

Contohnya :  VDT (Video Display Terminal) terdiri dari monitor, keyboard (+mouse)

2. Perangkat yang terbaca oleh mesin (machine readable device)

             Contohnya : disk, tape, sensor, controller

3. Untuk komunikasi

               Contohnya : modem

1.2.      Device Controller Unit I/O berupa :

  1. a.      Komponen elektronik

Device controller / adapter adalah untuk mengaktif-kan perangkat eksternal dan memberitahukan yang perlu dilakukan oleh perangkat / driver.Contoh : unit tape megnetik diinstruksikan kembali ke posisi awal, bergerak ke record berikutnya.

DEVICE EKSTERNAL

Berdasarkan fungsionalistas:

  1. Piranti antarmuka pengguna

interaksi langsung dengan pengguna., misal: keyboard,mouse, monitor, printer

  1. Piranti transmisi

mentransmisikan data ke perangkat komunikasi lainnya.

misal: NIC dan modem

  1. Piranti penyimpanan data

untuk penyimpanan data , misal: hardisk, CD-ROM, flashdisk

                  

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>