Home » MATERI KULIAH » TEKNO “KOMPAS TV” 16 NOVEMBER 2013

TEKNO “KOMPAS TV” 16 NOVEMBER 2013

28 November 2013

Tekno flash

Sistem operasi terbaru android kitkat dari google baru saja diluncurkan, memiliki fitur baru yang menjadi semakin menarik. Salah satunya adalah aplikasi foto editing yang bisa bekerja layaknya photoshop, aplikasi ini memiliki sejumlah full editing seperti selected editing dan kontras warna, ada pula kurva warna yang bisa dirubah sesuai keinginan. Aplikasi ini menyediakan efek warna yang dapt dapat merubah warna foto langsung saat di ‘klik’. Selain bisa memainkan warna dan melakukan editing, keuntungan lainnya dari aplikasi ini adalah foto hasil editing akan langsung disimpan sebagai file terpisah sehingga file foto asli akan tetap ada dan aman karena aplikasi foto ini bersifat non-destructive.

Flash datang dari Google, yaitu sebuah sistem operasi terbaru, Android Kitket, yang memiliki beberapa fitur tambahan seperti hadirnya aplikasi foto editingyang bisa bekerja layaknya software Photoshop pada PC. Aplikasi ini memiliki sejumlah tool editing seperti selective editing, pengaturan saturasi, maupun kontras warna. Adapula tools colors yang dapat diubah-ubah sesuai keinginan. Selain dapat memainkan warna dan melakukan cropping, keunggulan lain yang bisa didapatkan adalah hasil editing foto akan disimpan sebagai file terpisah, sehingga file hasil foto asli akan tetap ada dan aman, karena aplikasi foto ini bersifat nondestruktif.

Tekno Release

Console game terbaru Play Station 4 (PS4) siap meluncur ke pasar global secara resmi. Dalam 1 kotaknya, akan terdapat console game PS4 500 Gb yang dilengkapi dengan stick, consoler dualshop, voucher untuk playstation, buku panduan, kabel hdsi, kabel power listrik, headset dan kabel usb. PS4 ini akan dijual sekitar Rp 4,4 juta di Amerika Serikat.

Maka itu, para pelaku industri game Indonesia percaya bahwa bisnis ini bisa menjadi lebih besar lagi. Demi mempererat ikatan di antara para game developer, baik yang profesional maupun yang indie, termasuk komunitas, user, maupun pelajar, Segitiga.Net membuat ajang pamer pada 16 Januari 2013 di Institut Teknologi Bandung. Segitiga.Net mengundang semua pegiat game, baik itu dari kalangan profesional, komunitas, pelajar, maupun developer, untuk menunjukkan prototipe karya mereka yang sedang dikembangkan. Tekno Event Situs global streaming video Viki melalui Viki.com dan musik streaming yang menyediakan subtitle atau teks terjemahan yang dibuat oleh crowd sourcing atau sumber-sumber luar, yang membuat berbagai tayangan dapat dinikmati oleh pangsa yang lebih luas. Para penggemar program TV, film, dari berbagai genre membentuk komunitas dan menyediakan, sekaligus mengorganisir pembuatan teks terjemahan dari tayangan-tayangan tersebut secara sukarela, seringkali hanya dalam waktu 24 jam setelah video pertama kali ditayangkan. Seluruh teks terjemahan di lindungi lisensi Creative Commons.

Tekno Event

Kini ada tambahan situs video sharing yaitu viki global streaming video yang merupakan sebuah layanan streaming video global yang baru saja diakuisisi salah satu perusahaan layanan internet terbesar di dunia. Melalui viki.com kita dapat mengakses video terbaru sesuai dengan genre yang dipilih. Kita dapat menikmati setiap tayangan dengan berbagai bahasa karena viki mempunyai komunitas global yang secara sukarela menerjemahkan konten kedalam 160 bahasa dan saling terhubung satu sama lain. Untuk bisa mengakses lebih jauh di viki, kita hanya perlu melakukan sign up melalui email, mengisi user name dan password, setelah terdaftar kita dapat login melalui facebook.

Blackberry Q5 dan Q10 BlackBerry Q10 bukan satu-satunya perangkat berbasis BlackBerry 10 dengan keypad fisik yang dirilis pada tahun 2013 ini. Di pertengahan tahun, perusahaan asal Kanada ini memperkenalkan “adik” dari Q10 yang diberi nama Q5. Q5 masuk ke kategori low to mid. Melalui produk ini, BlackBerry berharap, perangkat tersebut dapat mengakomodir keinginan konsumen yang menginginkan produk BlackBerry 10 dengan harga yang terjangkau. Namun, harga dari Q5 sendiri sebenarnya dapat dikatakan cukup mahal untuk kantung konsumen di Indonesia. Ia dibanderol dengan harga sekitar Rp 4 juta. Kamera belakang Q5 ini hanya dibekali sensor 5MP dengan LED flash, dan kamera depan 2MP. Kamera belakang dapat merekam dengan kualitas 1080p@30FPS. Cara mengambil foto dari Q5 bisa dengan menekan tombol pengatur volume, atau cukup dengan menyentuh layar. aplikasi kamera BlackBerry Q5 juga telah menyediakan filter foto dan bingkai seperti Instagram. Fitur Time Shift pada aplikasi kamera ponsel BlackBerry 10 memberi nilai tambah tersendiri. Secara teknis, ketika memotret dengan modus Time Shift, kamera telah merekam momen sebelum dan setelah Anda memotret. Ia bisa diandalkan untuk mencari momen terbaik. Anda bisa mengembalikan waktu beberapa frame dalam hitungan milidetik sebelum dan sesudah foto diambil.

MATERI KULIAH