Home » MATERI KULIAH » TUGAS PRAKTIKUM ARSITEKTUR

TUGAS PRAKTIKUM ARSITEKTUR

11 March 2013

Ulasan Acara TEKNO di KOMPAS TV 9 Maret 2013 “ BLACKBERRY Z10”

Dalam acara Tekno di Kompas TV edisi 9 Maret 2013 mengulas tentang munculnya model Blackberry terbaru atau yang akan dikenal dengan nama Blackberry Z ten (Blacberry 10). Dari tiga sesi yang ditayangkan semua membahas pada satu obyek yaitu  Blackberry Z10. Blacberry Z10 tersebut menggunakan sistem “one brand one promise”.  Pada tanggal 30 januari yang lalu Research In Motion(RIM) resmi meliris sistem operasi blackberry Z10 ke pasar global di  New York Amerika Serikat.Kemudian Blackberry Z10 ini akan muncul dipasar Indonesia mulai tanggal 15 Maret 2013.

BlackBerry Z10 merupakan sebuah ponsel pintar pertama dengan sistem operasi BlackBerry 10, yang sangat berbeda dengan sistem operasi BlackBerry versi 7 dan di bawahnya. Smartphone ini dibekali prosesor dual-core Qualcomm Snapdragon MSM8960 1,5GHz Krait, RAM 2GB dan unit pemroses grafis Adreno 225 dan didesain dengan layar 4,2 inci beresolusi 1.280 x 768 pixel, yang menyediakan memori internal 16GB dan dapat diekspansi dengan menggunakan kartu memori eksternal MicroSD. Blackberry 10 juga  mempunyai spesifikasi baru yang memberikan kemudahan bagi penggunanya, mempunyai warna yan glebih jelas, responsif dan banyak fitur-fitur baru didalamnya. Fitur-fitur yang dimaksud diantaranya Blackberry Hubungan, Blacberry Keyboard, Blacberry Messenger, Blacberry Video Call, dan Blacberry Balance. Semua fitur-fitur tersebut dapat diatur oleh penggunanya.

Ada fitur unik yang tidak dijumpai oleh smartphone lain dalam blackberry ini yaitu pic mix. Pic Mix ini merupakan adopsi dari semua fitur yang ada. Device dalam pix mic ini sangat mendukung blackberry 10. Blacberry 10 ini juga terdapat 5 game terbaru. Di antaranya  adalah Agri bird Star War,  Beach Buggy Bits, Oregon Trail American Stailer, Radiant Defense dan Room Of Disaster. Room Of Disaster merupakan game buatan developer Indonesia yang memiliki nilai edukasi dalam permainannya.

Fasilitas dari kamera yang terdapat dalam Blackberry Z10 adalah kamera yang memiliki sistem kerja waktu yaitu sistem kerja yang mampu mengembalikan waktu sebelum dan sesudahnya. Ekspresi dari obyek foto yang diambil juga dapat diubah dari adanya aplikasi ini, baik itu ekspresi senyum, diam, ataupun cemberut. Keyboard verikal meida yang ada pada Blackberry 10 merupakan aplikasi baru yang dapat memprediksi dengan sendirinya ketika penggunanya akan melakukan pengetikan kata. Banyak aplikasi yang terdapat dalam Blackberry Z10 juga termasuk jejaring sosial yang ada saat ini. Aplikasi populer yang telah tersedia untuk BlackBerry Z10 antara lain adalah Skype, Evernote, Kindle, WhatsApp, DropBox, hingga layanan jejaring sosial Facebook, Twitter, Foursquare, LinkedIn. Selain itu ada juga BlackBerry Hub, dengan aplikasi ini pengguna akan terintegrasi dalam satu aplikasi sehingga pada saat bersamaan mampu mengakses Facebook, Twitter, Linkedin tanpa harus berpindah-pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Proses input dan mengetik pun juga lebih cepat dan nyaman karena di lengkapi dengan fitur prediksi teks. Selain itu lewat BBM, pengguna bisa berkirim teks, video dan berbagi foto.

Sejarah singkat munculnyaBlackberry Z10 ini berawal dari munculnya blackberry pada tahun 1999 dengann model Blackberry OS 1.0.  Kemudian  pada tahun 2002 muncul blackberry yang terbaru dengan model Blackberry OS 3.6. Selanjutnya pada tahun 2010 muncul blackberry dengan perbaikan browser dengan model Blackberry OS 6.0. Selang setahun tepatnya pada tahun 2011 kembali muncul blacberry dengan model baru yaitu Blackberry OS 6.1 yang memperbarui fitur-fiturnya. Pada bulan Mei 2011 muncul blacberry baru yang lebih lengkap dari sebelumnya dengan model Blackberry OS 7.0.  Akhirnya pada bulan 15 Maret 2013 mendatang Blackberry 10 akan meluncur dipasaran.

Untuk memudahkan pemasarannya, smartphone yang berbentuk tipis ini juga bekerja sama dengan 4 operator seluler, di antaranya adalah XL, Telkomsel, Indosat, 3, dan Axis.  Kerjasama yang dilakukan ini bertujuan agar memudahkan dalam pemasaran yang akan dilakukan. Karena pengguna provider di Indonesia rata-rata menggunakan kelima provider tersebut. Sehingga akan sangat membantu proses pemasaran blackberry. Selain itu pemunculan Blackberry Z10 ini juga bekerjasama dengan perusahaan yang ada di Indonesia yaitu Surya Multy Media.

 

MATERI KULIAH