Yang Perlu Kamu Tau Tentang Printer InkJet

Yang Perlu Kamu Tau Tentang Printer InkJet

Yang Perlu Kamu Tau Tentang Printer InkJet –┬áPrinter merupakan salah satu perangkat tambahan komputer yang memiliki fungsi sangat penting. Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya.

Meskipun dari namanya saja kita sudah mengetahui perbedaan ketiga jenis printer ini, masih ada saja orang yang kurang memahami perbedaannya. Kebanyakan orang pasti memiliki printer ini untuk memudahkan mereka dalam mencetak berbagai file dari komputer mereka seperti dokumen kantor, foto, poster dan sebagainya.

Pengertian Printer InkJet

Printer Inkjet merupakan printer yang paling banyak digunakan di dunia. Jenis printer Ink jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. Sesuai namanya, jenis printer yang satu ini masih menggunakan tinta yang tersimpan di dalam dua buah cartridge yang masing-masing berisi tinta cair warna hitam dan tinta campuran.

Hasil cetak yang dihasilan oleh jenis printer Ink jet lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix, jenis printer ink jet ini juga bisa menghasilan hasil cetakan warna. Printer ini banyak digunakan karena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan dua jenis printer lainnya serta perawatannya juga sangat mudah.

Inkjet yang tersedia di pasaran saat ini memiliki kemampuan untuk mencetak sampai ukuran kertas yang sangat besar, dan dengan kualitas yang sangat baik. Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP dengan menggunakan panas.

Kelebihan dan Kekurangan Printer InkJet

Banyak diantara kita yang terkadang bingung menentukan jenis printer apa yang paling baik dan sesuai dengan kebutuhan. Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. Berikut ini Kelebihan dan Kekurangan Printer InkJet yaitu:

Kelebihan printer InkJet yang pertama tentu pada harganya yang murah dibandingkan jenis printer lain dan kualitas cetak foto yang tinggi, jika menggunakan kertas foto khusus. Selain itu Kelebihan printer InkJet lainnya adalah Kecepatan tinggi untuk pekerjaan ringan dan dapat mencetak langsung dari kamera digital atau media card tergantung type dari printer tersebut.

Kekurangan Printer InkJet yang pertama terdapat pada harga cetak perhalaman lebih tinggi jika dibandingkan dengan printer laser. Selain itu tinta Printer InkJet bisa luntur saat belum kering atau terkena cairan. Kekurangan laiinya dari Printer InkJet ini adalah cartridge tinta relative kecil sehingga harus sering ganti serta printer InkJet tercepat pun tidak bisa menandingi printer laserjet paling lambat.