Mengenal Jenis-Jenis Mobile Security

Mengenal Jenis-Jenis Mobile Security

Mengenal Jenis-Jenis Mobile Security – Smartphone Security adalah salah satu sistem yang dibuat untuk melindungi privasi Anda. Anda bisa menggunakan berbagai macam jenis pengamanan yang dimiliki oleh smartphone Anda. Untuk beberapa kasus sistem ini sering digunakan sebagai pengunci layar ponsel dan pengunci file pribadi pada penyimpanan ponsel Anda.

Mengetahui bahwa memiliki sistem keamanan yang berjalan dengan baik terhadap akses internet serta jaringan komputer yang digunakan akan memberikan rasa tenang dan aman. Terlepas dari apakah sistem keamanan tersebut mampu memberikan perlindungan secara efektif atau tidak. Setidaknya memiliki sistem keamanan adalah pilihan terbaik untuk mencegah sekaligus menanggulangi apabila terdapat masalah keamanan.

Fungsi Mobile Security

Anda tentu mengenal sistem security pada smartphone bukan, jika Anda menggunakan perangat Android, iOS, dan Windows Anda tentu harus membuat Pattern khusus agar bisa membuka perangkat ponsel pintar Anda bukan. Nah, pola atau Pattern tadi adalah salah satu sistem keamanan yang ada pada Android. Selain sistem Pattern tadi sebenarnya masih ada sistem keamanan lain yang bisa Anda gunakan untuk melindungi privasi ponsel Anda. Tapi sebelum membahas tentang macam-macam Smartphone Security, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai Smartphone Security itu sendiri.

Jenis-Jenis Mobile Security

Selain komputer dan jaringan internet yang memerlukan jenis keamanan, ada satu device lagi yang memerlukan perlindungan yaitu telepon seluler. Apalagi saat ini handphone telah berfungsi cukup penting bagi semua keperluan mulai dari komunikasi, entertainment, pekerjaan, backup, dan media penyimpanan data. Handphone juga sangat rentan terkena serangan virus melalui beberapa aplikasi yang diinstall serta web browser yang dibuka melalui mobile web.

  1. Finger Print
    Cara kerja sistem keamanan Finger Print pada smartphone hampir sama dengan perangkat lain yang menggunakan sistem serupa. Yaitu dengan mendeteksi sidik jari pemilik ponsel lalu jika cocok sistem keamanan tersebut akan terbuka sendiri dan jika tidak sistem itu akan seterusnya terkunci. Pelopor penggunaan sistem ini untuk smartphone adalah Apple, tapi belakangan mulai banyak produsen lain yang juga mengunakan sistem ini.
  2. Selfie Photo
    Sistem ini adalah sebuah sistem yang mulai dikembangkan perusahaan Intel. Mereka menciptakan sistem ini agar hanya pengguna smartphone sajalah yang bisa membuka sistem keamanan ini, jadi lebih aman bukan.
  3. Pattern
    Sistem keamanan dengan menggunakan Patern atau pola adalah sistem keamanan yang paling banyak digunakan. Karena dinilai lebih mudah dan praktis digunakan, Pattern menjadi pilihan keamanan untuk kalangan smartphone yang tidak memiliki sistem keamanan canggih seperti Eye Scanner dan semacamnya.
  4. Eye scanner
    Eye Scanner adalah sebuah sistem yang menggunakan cara pemindaian mata. Sisten ini sebenernya tercetus sejak 1930, tapi saat itu karena beberapa sebab membuat sistem ini baru bisa digunakan sejak 1984. Hanya saja sistem ini digunakan untuk kepentingan tertentu dan kepentingan tersebut biasanya bersifat rahasia.

Itulah beberapa Jenis-Jenis Mobile Security dari sistem keamanan pada ponsel Anda, untuk melindungi perangkat Anda dari ancaman konstan dan melindungi data pribadi anda yang mungkin bisa disalahgunakan oleh orang lain.