Kekurangan dan Kelebihan Printer Dot Matrix

Kekurangan dan Kelebihan Printer Dot Matrix

Kekurangan dan Kelebihan Printer Dot Matrix –┬áPrinter mempunyai fungsi sebagai alat untuk menghasilan atau menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa gambar atau tulisan dari komputer ke kertas atau sejenisnya. Printer adalah salah satu jenis perangkat keras yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan kantor, sekolah, dan berbagai macam jenis kebutuhan administrasi yang lainnya. Printer biasanya ada beberapa bagian dan juga ada beberapa jenis.

Ada beberapa bagian pada printer yang pertama penggetil atau biasa disebut picker yang berfungsi sebagai alat untuk mengambil kertas dari tray. Bagian yang kedua yaitu tinda, tinta yaitu alat yang berfungsi untuk mencetak pada kertas. Mesin printer ini sebenarnya merupakan salah satu perangkat keras komputer yang dihubungkan ke dalam komputer. Fungsi utama dari printer ini sendiri adalah mencetak data, berkas, atau suatu objek gambar yang ada pada komputer tersebut.

Apa itu Printer Dot Matrix

Printer Dot Matrix sendiri merupakan salah satu jenis printer yang menggunakan pita sebagai sumber warna dalam mencetaknya. Karena menggunakan pita untuk menampilkan output ke kertas, hasil percetakan printer dengan dot matrix agak kasar dan kurang bagus. Resolusi cetaknya masih sangat rendah, karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Dengan menggunakan printer ini, cetakan dapat langsung dirangkap dengan karbon. Sebab sistem pencetakannya masih menggunakan sistem ketukan.

Meskipun saat ini teknologi printer sudah semakin canggih, namun printer dot matrix masih diproduksi. Sebab printer dot matrix dapat digunakan untuk mencetak dokumen tembusan, yang biasanya digunakan untuk membuat kwitansi, bon, dan dokumen keuangan lainnya. Berhubung menggunakan pita sebagai sumber warnanya, maka warna yang dapat dihasilkan pun tidak bervariasi. Hanya hitam, biru, dan merah saja. Meskipun saat ini teknologi printer sudah semakin canggih, namun printer dot matrix masih diproduksi. Sebab printer dot matrix dapat digunakan untuk mencetak dokumen tembusan, yang biasanya digunakan untuk membuat kwitansi, bon, dan dokumen keuangan lainnya.

Kekurangan dan Kelebihan Printer Dot Matrix

Dalam perkembangannya printer sendiri memiliki berbagai jenis, salah satu jenis printer yang biasa digunakan sejak dahulu adalah Printer Dot Matrix. Kelebihan dan Kekurangan Printer Dot Matrix adalah sebagai berikut :

Kelebihan printer dot matrix adalah harga yang jauh lebih murah dibandingkan jenis printer-printer lain yang ada. Untuk printer color, digunakan pita khusus yang mempunyai 4 warna, yaitu hitam, biru, merah, dan kuning. Selain kelebihan yang sudah disebutkan di atas, printer dot matrix juga memiliki kelebihan dalam hal banyaknya jumlah mencetak. Printer ini dapat mencetak double sekaligus dalam satu kali print. Jenis printer dot matrix sangatlah bervariasi, ada yang berjenis color ada pula yang berjenis non-color.

Printer Dot Matrix ini juga terdapat berbagai kekurangan yang tidak bisa disembunyikan, yaitu resolusi hasil cetakannya yang masih sangat rendah jika dibandingkan jenis printer lain, Kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan seperti titik-titik yang saling berhubungan. Suara yang dihasilkan ketika proses mencetak juga sangat keras dan gaduh, geraknya juga bisa dibilang sangat lambat, dan yang terakhir adalah warna yang dapat dihasilkan pada printer tidak bervariasi.