Inilah Perbedaan ROM dan RAM

Inilah Perbedaan ROM dan RAM

Inilah Perbedaan ROM dan RAM – Bagi orang yang telah lama berkecimpung di dunia teknologi informasi, kedua istilah tersebut tentu bukan menjadi hal yang membingungkan. Namun, bagi orang awam mungkin akan berbeda, bahkan mungkin belum pernah mendengar istilah tersebut.

Hal pertama yang perlu dilihat adalah perbedaan antara pengertian RAM dan juga ROM. RAM mempunyai kepanjangan Random Access Memory. Pengertian yang ada di RAM adalah merupakan memori yang tersedia untuk sistem operasi, program dan digunakan untuk menjalankan proses komputer saat sedang berjalan.

RAM dan ROM adalah jenis memori yang digunakan dalam perangkat-perangkat bersistem, yaitu perangkat yang dapat melakukan proses komputasi, seperti komputer dan ponsel.

Sementara itu ROM adalah Read Only Memory. Pengertian dari ROM adalah merupakan memori yang ada di komputer untuk bisa dijalankan saat akan menjalankan proses booting-up komputer dan biasanya proses akan berjalan sesuai dengan instruksi yang ada di komputer.

Penjelasan Mengenai ROM

Definisi ROM bisa juga dikatakan merupakan salah satu memori yang terdapat di dalam sebuah komputer. ROM ini mempunyai sifat permanen, yang mana artinya program atau data yang disimpan didalam ROM tidak mudah hilang ataupun berubah-ubah walau aliran listrik di sudah matikan.

Menyimpan data di dalam ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya program atau data yang ada diisi oleh pabrik yang membuatnya. Oleh karena itu sifat ini, biasa dipakai untuk menyimpan firmware (perangkat lunak yang berhubungan sangat erat dengan perangkat keras).

Memori permanen ini juga mampu menyimpan data yang lebih lama, karena data-data yang tersimpan dalam ROM tidak akan hilang meskipun perangkat tidak dialiri daya listrik. Dengan kemampuan ini, ROM biasanya digunakan untuk menyimpan firmware atau BIOS.

Isi ROM adalah sekumpulan instruksi yang disebut sebagai microinstruction atau firmware. Bootstrap program diperlukan pada saat pertama kali computer dinyalakan (booting). Pengambilan bootstrap program dapat dilakukan dalam dua cara, yaitu cold booting dan warm booting.

Penjelasan Mengenai RAM

Kemampuan RAM yang berguna untuk mengakses data secara acak membuatnya lebih cepat dalam proses menampilkan data. Selain itu RAM juga dapat menyimpan data sementara pada perangkat saat perangkat tersebut menyala dan data belum sempat disimpan pada harddisk.

Dapat dikatakan bahwa RAM adalah perangkat memori yang paling cepat dalam suatu komputer dibandingkan dengan jenis perangkat memori lain seperti HDD atau Hard Disk Drive dan SSD atau Solid State Drive.

RAM adalah media yang bekerja sebagai memori utama pada perangkat, meskipun pada beberapa kasus dapat digunakan sebagai memori sekunder. Dan untuk menunjang kemampuan hal tersebut, RAM biasanya dikembangkan agar dapat dibaca maupun ditulis.

RAM atau Random Access Memory merupakan memori perangkat komputasi yang memiliki kemampuan menyimpan data-data yang dapat diakses secara acak tanpa mempedulikan urutan letak data tersebut.