Inilah Jenis Printer Yang Sering Digunakan

Inilah Jenis Printer Yang Sering Digunakan

Inilah Jenis Printer Yang Sering Digunakan – Awalnya, fungsi printer adalah sebuah perangkat keras yang dihubungkan ke komputer atau laptop yang kemudian digunakan untuk mencetak sebuah file baik berupa tulisan maupun gambar. Banyak sekali jenis-jenis printer yang sudah beredar di pasaran, ada printer yang bekerja berdasarkan sistem ketukan (dot matrix), thermal, bubble, ada pula yang bekerja berdasarkan semprotan tinta (ink) hingga laser. Seiring berjalannya waktu, membuat printer semakin berkembang sehingga memunculkan beberapa macam jenis printer dengan fungsi baru yang mungkin agak berbeda dengan fersi pendahulunya.

Sekarang printer mempunyai macam-macam jenis printer yang ada dipasaran, namun akankan anda tahu fungsi dan fitur yang ada di masing-masing jenis printer yang berdar dipasaran sekarang. Mengapa kita harus tahu jenis printer dan fitur dari printer itu sendiri, hal ini karena jika sampai anda salah memilih jenis printer yang ada maka akan fatal untuk kedepannya. Karena printer merupakan salah satu perangkat keras komputer yang juga sering digunakan untuk mencetak data yang sudah kita buat di komputer.

Pengertian Printer dan Fungsinya

Aktivitas administrasi di kantor atau lembaga sekolah setiap hari tidak pernah lepas dari perangkat keras komputer ini. Printer adalah perangkat eksternal komputer yang dapat menampilkan data komputer dalam bentuk cetakan, data tersebut bisa berupa text atau gambar yang dicetak kedalam media kertas, kain dan lain sebagainya. Printer, benda ini pasti tidak asing lagi bagi kita pemilik komputer personal ataupun laptop.

Printer inkjet dijamin mampu memberikan kualitas percetakan yang cukup baik, hak ini dikarenakan karakter yang dibentuk merulakan hasil dari puluhan titik titik tinta kecil. Sedangkan printer All in one memiliki kemampuan untuk menerima faks, dan juga untuk model yang “High End” Mereka memiliki kemampuan untuk menyusun hasil cetakan dan menyusun rapi dalam bentuk binding yang sederhana. Printer Dot Matrix digunakan dalam mencetak tulisan atau gambr dengan menggunakan kepala cetak yang berisi kumpulan jarum besi.

Jenis Printer Yang Sering Digunakan

Berbagai macam printer tersebut tentunya memiliki karakteristik masing-masing, yang mungkin berbeda satu dengan yang lainnya. Seperti dikemukakan dalam pengertian printer, sejak penemuan teknologi cetak, berbagai teknologi telah digunakan dalam printer komputer. Lalu jenis printer terbaru apa sajakah yang ada dipasaran saat ini, secara umum ada beberapa Jenis Printer Yang Sering Digunakan diantaranya seperti:

  1. Printer InkJet
    Printer ini memberikan tinta ke atas kertas untuk membentuk gambar. Hal ini terjadi dikarenakan ada sebuah plat magnet yang langsung mengalirkan tinta ke atas kertas sesuai dengan pola yang diinginkan. Saat ini jenis tipe printer ini, yang paling sering digunakan oleh pengguna. 
  2. Printer LaserJet
    Jenis printer yang satu ini menggunakan teknologi laser yang digunakan untuk menyinari drum toner sehingga akan menghasilkan titik-titik yang membentuk text atau gambar pada media kertas. Printer laserjet atau sering disebut dengan printer laser merupakan jenis printer yang menggunakan laser pada proses pencetakannya.
  3. Printer Dot Matrix
    inter ini beroperasi dengan menggunakan kepala cetak yang menembak pita tinta untuk menghasilkan ratusan sampai ribuan dot (titik) kecil yang membentuk teks atau gambar. Printer ini mencetak tulisan atau gambar dengan menggunakan kepala cetak berisi sekumpulan jarum besi. Bentuk gambar atau karakter dihasilkan dari kombinasi jarum-jarum membentuk pola yang akan dicetak.

Itu tadi beberapa macam jenis printer yang ada saat ini, mungkin untuk kedepannya jenis printer akan mengalami perubahan berdasarkan perkembangan sistem komputer yang semakin berkembang pesat. Namun perlu digaris bawahi, tidak ada jumlah pasti berapa jenis printer yang sekarang ada, karena dengan perkembangan jaman maka akan muncul jenis (macam-macam) printer baru yang lebih komplek fungsinya.