Inilah Jenis Printer Yang Sering Digunakan

April 13th, 2019

Inilah Jenis Printer Yang Sering Digunakan

Inilah Jenis Printer Yang Sering Digunakan – Awalnya, fungsi printer adalah sebuah perangkat keras yang dihubungkan ke komputer atau laptop yang kemudian digunakan untuk mencetak sebuah file baik berupa tulisan maupun gambar. Banyak sekali jenis-jenis printer yang sudah beredar di pasaran, ada printer yang bekerja berdasarkan sistem ketukan (dot matrix), thermal, bubble, ada pula yang bekerja berdasarkan semprotan tinta (ink) hingga laser. Seiring berjalannya waktu, membuat printer semakin berkembang sehingga memunculkan beberapa macam jenis printer dengan fungsi baru yang mungkin agak berbeda dengan fersi pendahulunya.

Sekarang printer mempunyai macam-macam jenis printer yang ada dipasaran, namun akankan anda tahu fungsi dan fitur yang ada di masing-masing jenis printer yang berdar dipasaran sekarang. Mengapa kita harus tahu jenis printer dan fitur dari printer itu sendiri, hal ini karena jika sampai anda salah memilih jenis printer yang ada maka akan fatal untuk kedepannya. Karena printer merupakan salah satu perangkat keras komputer yang juga sering digunakan untuk mencetak data yang sudah kita buat di komputer.

Pengertian Printer dan Fungsinya

Aktivitas administrasi di kantor atau lembaga sekolah setiap hari tidak pernah lepas dari perangkat keras komputer ini. Printer adalah perangkat eksternal komputer yang dapat menampilkan data komputer dalam bentuk cetakan, data tersebut bisa berupa text atau gambar yang dicetak kedalam media kertas, kain dan lain sebagainya. Printer, benda ini pasti tidak asing lagi bagi kita pemilik komputer personal ataupun laptop.

Printer inkjet dijamin mampu memberikan kualitas percetakan yang cukup baik, hak ini dikarenakan karakter yang dibentuk merulakan hasil dari puluhan titik titik tinta kecil. Sedangkan printer All in one memiliki kemampuan untuk menerima faks, dan juga untuk model yang “High End” Mereka memiliki kemampuan untuk menyusun hasil cetakan dan menyusun rapi dalam bentuk binding yang sederhana. Printer Dot Matrix digunakan dalam mencetak tulisan atau gambr dengan menggunakan kepala cetak yang berisi kumpulan jarum besi.

Jenis Printer Yang Sering Digunakan

Berbagai macam printer tersebut tentunya memiliki karakteristik masing-masing, yang mungkin berbeda satu dengan yang lainnya. Seperti dikemukakan dalam pengertian printer, sejak penemuan teknologi cetak, berbagai teknologi telah digunakan dalam printer komputer. Lalu jenis printer terbaru apa sajakah yang ada dipasaran saat ini, secara umum ada beberapa Jenis Printer Yang Sering Digunakan diantaranya seperti:

  1. Printer InkJet
    Printer ini memberikan tinta ke atas kertas untuk membentuk gambar. Hal ini terjadi dikarenakan ada sebuah plat magnet yang langsung mengalirkan tinta ke atas kertas sesuai dengan pola yang diinginkan. Saat ini jenis tipe printer ini, yang paling sering digunakan oleh pengguna. 
  2. Printer LaserJet
    Jenis printer yang satu ini menggunakan teknologi laser yang digunakan untuk menyinari drum toner sehingga akan menghasilkan titik-titik yang membentuk text atau gambar pada media kertas. Printer laserjet atau sering disebut dengan printer laser merupakan jenis printer yang menggunakan laser pada proses pencetakannya.
  3. Printer Dot Matrix
    inter ini beroperasi dengan menggunakan kepala cetak yang menembak pita tinta untuk menghasilkan ratusan sampai ribuan dot (titik) kecil yang membentuk teks atau gambar. Printer ini mencetak tulisan atau gambar dengan menggunakan kepala cetak berisi sekumpulan jarum besi. Bentuk gambar atau karakter dihasilkan dari kombinasi jarum-jarum membentuk pola yang akan dicetak.

Itu tadi beberapa macam jenis printer yang ada saat ini, mungkin untuk kedepannya jenis printer akan mengalami perubahan berdasarkan perkembangan sistem komputer yang semakin berkembang pesat. Namun perlu digaris bawahi, tidak ada jumlah pasti berapa jenis printer yang sekarang ada, karena dengan perkembangan jaman maka akan muncul jenis (macam-macam) printer baru yang lebih komplek fungsinya.

Kekurangan Printer Laserjet Yang Wajib Diketahui

April 12th, 2019

Kekurangan Printer Laserjet Yang Wajib Diketahui

Kekurangan Printer Laserjet Yang Wajib Diketahui – Beberapa tahun yang lalu, kebanyakan orang sedikit merasa alergi dengan printer laser. Bukan apa-apa, tapi harga tiap unitnya yang jika dibanding dengan harga printer Ink-Jet berbeda lumayan jauh. Saat ini, printer sangat sering digunakan terutama di kantoran, sekolahan, dan tempat-tempat bisinis lainnya. Printer merupakan alat pencetak yang menggunakan kertas sebgai medianya.

Memilih printer yang tepat adalah salah satu kunci untuk meningkatkan performa printing yang anda perlukan. Banyak diantara kita yang terkadang bingung menentukan jenis printer apa yang paling baik dan sesuai dengan kebutuhan. Untuk printer Laser versi paling ekonomis, ada yang dijual dengan harga dibawah 600 ribu rupiah lengkap dengan toner yang bisa dipakai untuk mencetak sampai 500an halaman.

Pengertian Printer Laserjet

Laser Jet Printer jenis ini dibilang cepat dalam proses mencetak dalam ketentuan berwarna hitam, sehingga untuk yang segi warna dalam mencetaknya itu masih kurang bagus. Printer laser jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa di sebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. Printer Laserjet adalah salah satu teknologi terbaru yang membantu konsumen mendapatkan kualitas cetak yang lebih baik dan lebih cepat. Performa dan fitur printer laserjet telah disesuaikan untuk keperluan kantor atau pengguna yang menginginkan kemampuan di atas rata-rata.

Printer Jenis Laser Jet yaitu dengan tinta serbuk yang mencetaknya dengan system laser, sehingga memberi kinerja lebih cepat dari pada priter jenis dot matrix dan jenis InkJet dari segi warna Hitam. Selain hasil cetak yang lebih bagus jika disbanding dengan jenis printer dot matrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil cetak pada mesin photo copy. HP Laserjet printer menjadi incaran banyak konsumen karena performa dan kemmpuan yang ditawarknannya, Jika mereka ingin mendapatkan performa yuang lebih bagus.

Kekurangan dan Kelebihan Printer Laserjet

Pasar masih belum terlalu ramai dengan berbagai kelebihan printer Laser yang sebenarnya bisa memberi banyak sekali penghematan bagi pengguna. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika memilih produk laserjet dari HP. Kemampuan cetak yang lebih baik tentunya akan menjadi investasi berharga untuk bisnis jika Anda menggunakan printer untuk mencetak banyak dokumen dalam sehari. Berikut ini adalah Kekurangan Printer Laserjet Yang Wajib Diketahui:

Kekurangan Printer Laserjet adalah harga printer laser warna lebih mahal daripada ink jet warna. selain itu output printer tinta padat bisa membuat paper jam mesin fotokopi atau scanner dengan auto feeder. Kemungkinan cetak warna yang tidak pas pada printer LED membuat gambar menjadi kabur. Karena printer ini sering mengalami panas saat mencetak, maka tidak bisa dipakai mencetak pada banyak media, terutama media berbahan plastik. Plastik itu tidak tahan panas. Jadi anda tidak boleh memaksa mencetak pada lembaran plastik sampul atau cover diktat seperti yang biasa anda lakukan dengan printer Ink-Jet.

Selain kekurangan tersebut, printer jenis ini juga memiliki kelebihan yaitu dengan teknologi laserjet, Anda bisa mencetak dokumen berwarna dengan lebih cepat dan mudah. Printer laserjet memiliki kecepatan mencetak mencapai sekitar 20 hingga 25 ppm harga 0.8 hingga 2 jutaan, artinya printer dapat mencetak sekitar 20 hingga 25 per menit. Seperti produk laserjet lainnya, HP menawarkan fitur ePrint yang bisa Anda gunakan untuk mengirim dokumen via email sebelum dicetak di printer laserjet. Namun, printer harus dilengkapi dengan alamat email untuk menyimpan data yang akan dicetak. Biaya keseluruhan lebih rendah karena kebutuhan tinta kecil karena dapat mencetak berbagai ukuran kertas.

Kekurangan dan Kelebihan Printer Dot Matrix

April 12th, 2019

Kekurangan dan Kelebihan Printer Dot Matrix

Kekurangan dan Kelebihan Printer Dot Matrix – Printer mempunyai fungsi sebagai alat untuk menghasilan atau menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa gambar atau tulisan dari komputer ke kertas atau sejenisnya. Printer adalah salah satu jenis perangkat keras yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan kantor, sekolah, dan berbagai macam jenis kebutuhan administrasi yang lainnya. Printer biasanya ada beberapa bagian dan juga ada beberapa jenis.

Ada beberapa bagian pada printer yang pertama penggetil atau biasa disebut picker yang berfungsi sebagai alat untuk mengambil kertas dari tray. Bagian yang kedua yaitu tinda, tinta yaitu alat yang berfungsi untuk mencetak pada kertas. Mesin printer ini sebenarnya merupakan salah satu perangkat keras komputer yang dihubungkan ke dalam komputer. Fungsi utama dari printer ini sendiri adalah mencetak data, berkas, atau suatu objek gambar yang ada pada komputer tersebut.

Apa itu Printer Dot Matrix

Printer Dot Matrix sendiri merupakan salah satu jenis printer yang menggunakan pita sebagai sumber warna dalam mencetaknya. Karena menggunakan pita untuk menampilkan output ke kertas, hasil percetakan printer dengan dot matrix agak kasar dan kurang bagus. Resolusi cetaknya masih sangat rendah, karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Dengan menggunakan printer ini, cetakan dapat langsung dirangkap dengan karbon. Sebab sistem pencetakannya masih menggunakan sistem ketukan.

Meskipun saat ini teknologi printer sudah semakin canggih, namun printer dot matrix masih diproduksi. Sebab printer dot matrix dapat digunakan untuk mencetak dokumen tembusan, yang biasanya digunakan untuk membuat kwitansi, bon, dan dokumen keuangan lainnya. Berhubung menggunakan pita sebagai sumber warnanya, maka warna yang dapat dihasilkan pun tidak bervariasi. Hanya hitam, biru, dan merah saja. Meskipun saat ini teknologi printer sudah semakin canggih, namun printer dot matrix masih diproduksi. Sebab printer dot matrix dapat digunakan untuk mencetak dokumen tembusan, yang biasanya digunakan untuk membuat kwitansi, bon, dan dokumen keuangan lainnya.

Kekurangan dan Kelebihan Printer Dot Matrix

Dalam perkembangannya printer sendiri memiliki berbagai jenis, salah satu jenis printer yang biasa digunakan sejak dahulu adalah Printer Dot Matrix. Kelebihan dan Kekurangan Printer Dot Matrix adalah sebagai berikut :

Kelebihan printer dot matrix adalah harga yang jauh lebih murah dibandingkan jenis printer-printer lain yang ada. Untuk printer color, digunakan pita khusus yang mempunyai 4 warna, yaitu hitam, biru, merah, dan kuning. Selain kelebihan yang sudah disebutkan di atas, printer dot matrix juga memiliki kelebihan dalam hal banyaknya jumlah mencetak. Printer ini dapat mencetak double sekaligus dalam satu kali print. Jenis printer dot matrix sangatlah bervariasi, ada yang berjenis color ada pula yang berjenis non-color.

Printer Dot Matrix ini juga terdapat berbagai kekurangan yang tidak bisa disembunyikan, yaitu resolusi hasil cetakannya yang masih sangat rendah jika dibandingkan jenis printer lain, Kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan seperti titik-titik yang saling berhubungan. Suara yang dihasilkan ketika proses mencetak juga sangat keras dan gaduh, geraknya juga bisa dibilang sangat lambat, dan yang terakhir adalah warna yang dapat dihasilkan pada printer tidak bervariasi.

Yang Perlu Kamu Tau Tentang Printer InkJet

April 12th, 2019

Yang Perlu Kamu Tau Tentang Printer InkJet

Yang Perlu Kamu Tau Tentang Printer InkJet – Printer merupakan salah satu perangkat tambahan komputer yang memiliki fungsi sangat penting. Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya.

Meskipun dari namanya saja kita sudah mengetahui perbedaan ketiga jenis printer ini, masih ada saja orang yang kurang memahami perbedaannya. Kebanyakan orang pasti memiliki printer ini untuk memudahkan mereka dalam mencetak berbagai file dari komputer mereka seperti dokumen kantor, foto, poster dan sebagainya.

Pengertian Printer InkJet

Printer Inkjet merupakan printer yang paling banyak digunakan di dunia. Jenis printer Ink jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. Sesuai namanya, jenis printer yang satu ini masih menggunakan tinta yang tersimpan di dalam dua buah cartridge yang masing-masing berisi tinta cair warna hitam dan tinta campuran.

Hasil cetak yang dihasilan oleh jenis printer Ink jet lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix, jenis printer ink jet ini juga bisa menghasilan hasil cetakan warna. Printer ini banyak digunakan karena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan dua jenis printer lainnya serta perawatannya juga sangat mudah.

Inkjet yang tersedia di pasaran saat ini memiliki kemampuan untuk mencetak sampai ukuran kertas yang sangat besar, dan dengan kualitas yang sangat baik. Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP dengan menggunakan panas.

Kelebihan dan Kekurangan Printer InkJet

Banyak diantara kita yang terkadang bingung menentukan jenis printer apa yang paling baik dan sesuai dengan kebutuhan. Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. Berikut ini Kelebihan dan Kekurangan Printer InkJet yaitu:

Kelebihan printer InkJet yang pertama tentu pada harganya yang murah dibandingkan jenis printer lain dan kualitas cetak foto yang tinggi, jika menggunakan kertas foto khusus. Selain itu Kelebihan printer InkJet lainnya adalah Kecepatan tinggi untuk pekerjaan ringan dan dapat mencetak langsung dari kamera digital atau media card tergantung type dari printer tersebut.

Kekurangan Printer InkJet yang pertama terdapat pada harga cetak perhalaman lebih tinggi jika dibandingkan dengan printer laser. Selain itu tinta Printer InkJet bisa luntur saat belum kering atau terkena cairan. Kekurangan laiinya dari Printer InkJet ini adalah cartridge tinta relative kecil sehingga harus sering ganti serta printer InkJet tercepat pun tidak bisa menandingi printer laserjet paling lambat.

Fakta Mencengangkan Tentang Internet

January 15th, 2019

Fakta Mencengangkan Tentang Internet

Fakta Mencengangkan Tentang Internet – Saat ini, internet bukanlah barang baru dan barang mewah bagi seluruh masyarakat, terutama orang-orang yang tinggal di kota-kota besar. Kita dapat dengan mudah mendapatkan akses internet dan bahkan saat ini internet sudah menjadi kebutuhan setiap orang dan banyak yang kecanduan dengan internet.

Layanan internet mampu membawa kita seolah-olah berada di dimensi yang berbeda. Tak jarang, orang yang kecanduan internet seperti memiliki dunia sendiri. Tanpa internet, sebagian orang akan merasa bahwa sebagian dari dunianya hilang. Karena dengan internet, kita akan merasa berada di dunia lain yang biasa di sebut dengan dunia maya.

Fakta Mencengangkan Tentang Internet

Internet sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat di seluruh dunia dan tidak terkecuali oleh masyarakat. Tapi, di balik itu semua, tahukah kamu bahwa internet menyimpan banyak fakta menakjubkan yang jarang diketahui.

  1. Jumlah Pengguna Internet

    Jauh sebelum itu, penetrasi internet di dunia pada 1995 silam hanya 1 persen dari total populasi. Jumlahnya pertama kali menembus angka 1 miliar pada 2005, disusul 2 miliar pada 2010, dan naik menjadi 3 miliar pada 2014, dan sekarang data dari laman Internet Live Stats mencatat jumlah pengguna internet di dunia mencapai 3,48 miliar, atau 40 persen dari total populasi. Jumlah ini selalu bertambah setiap detiknya.
  2. Kegiatan BloggingBlogging merupakan salah satu gaya hidup baru yang muncul sejak internet lahir. Menulis beragam hal dan dapat disaksikan oleh jutaan pengakses internet tentu menjadi kepuasan tersendiri. Terlebih kini juga semakin berkembang jargon “making money from blogging” dimana kita bisa memanfaatkan blog kita untuk mendapatkan penghasilan, tentu makin menarik kegiatan yang satu ini.
  3. Media SosialTercatat 40 juta orang setia mengakses Facebook setiap harinya angka tersebut menjadi sangat istimewa karena sepanjang sejarah “pra-internet” belum ada kondisi dimana orang sebanyak itu mampu berkomunikasi dalam satu ajang.

    Apa kamu termasuk salah satu pengguna YouTube yang juga aktif meng-upload konten video di YouTube? Maka kamu akan terkejut jika mengetahui fakta bahwa pihak YouTube harus menyunting ribuan video yang masuk dalam sehari. Jika seluruh video yang masuk ditotalkan panjang durasinya, maka butuh waktu hingga 100 tahun untuk menyelesaikannya.

Apa yang Terjadi Jika Internet Mati?

Apakan anda pernah membayangkan jika suatu saat internet mati ? mungkin itu hal yang sedikit sulit untuk dibayangkan bahkan kita semua tidak menginginkannya. Internet sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa hal yang akan terjadi jika internet mati.

Jika internet mati kita pasti tidak akan bisa berkomunikasi dengan orang jauh dari kita dan bisa saja jika internet mati maka kita akan kembali seperti dulu dan berkomunikasi menggunakan surat. Dan pastinya smartphon pun akan kembali menjadi hp jadul.

Kesehatan juga akan sangat terpengaruh jika internet mati dalam satu hari. Hal ini dikarenakan rumah sakit saat ini sudah mulai menggunakan internet untuk catatan kesehatan elektonik (EHR). Bisa dibayangkan jika internet mati, maka pasien bisa meninggal akibat EHR tidak bisa dijalankan.

Mungkin jika internet mati akan sangat berpengaruh pada transportasi udara karena saat ini transportasi udara sudah menggunakan internet untuk mengontrol lalu lintas udara. Dan untuk transportasi darat akan mempengaruhi mobil atau pengendara yang menggunakan GPS, dan masih banyak hal lain yang mengerikan yang akan terjadi apabila internet mati.

Inilah Perbedaan ROM dan RAM

January 15th, 2019

Inilah Perbedaan ROM dan RAM

Inilah Perbedaan ROM dan RAM – Bagi orang yang telah lama berkecimpung di dunia teknologi informasi, kedua istilah tersebut tentu bukan menjadi hal yang membingungkan. Namun, bagi orang awam mungkin akan berbeda, bahkan mungkin belum pernah mendengar istilah tersebut.

Hal pertama yang perlu dilihat adalah perbedaan antara pengertian RAM dan juga ROM. RAM mempunyai kepanjangan Random Access Memory. Pengertian yang ada di RAM adalah merupakan memori yang tersedia untuk sistem operasi, program dan digunakan untuk menjalankan proses komputer saat sedang berjalan.

RAM dan ROM adalah jenis memori yang digunakan dalam perangkat-perangkat bersistem, yaitu perangkat yang dapat melakukan proses komputasi, seperti komputer dan ponsel.

Sementara itu ROM adalah Read Only Memory. Pengertian dari ROM adalah merupakan memori yang ada di komputer untuk bisa dijalankan saat akan menjalankan proses booting-up komputer dan biasanya proses akan berjalan sesuai dengan instruksi yang ada di komputer.

Penjelasan Mengenai ROM

Definisi ROM bisa juga dikatakan merupakan salah satu memori yang terdapat di dalam sebuah komputer. ROM ini mempunyai sifat permanen, yang mana artinya program atau data yang disimpan didalam ROM tidak mudah hilang ataupun berubah-ubah walau aliran listrik di sudah matikan.

Menyimpan data di dalam ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya program atau data yang ada diisi oleh pabrik yang membuatnya. Oleh karena itu sifat ini, biasa dipakai untuk menyimpan firmware (perangkat lunak yang berhubungan sangat erat dengan perangkat keras).

Memori permanen ini juga mampu menyimpan data yang lebih lama, karena data-data yang tersimpan dalam ROM tidak akan hilang meskipun perangkat tidak dialiri daya listrik. Dengan kemampuan ini, ROM biasanya digunakan untuk menyimpan firmware atau BIOS.

Isi ROM adalah sekumpulan instruksi yang disebut sebagai microinstruction atau firmware. Bootstrap program diperlukan pada saat pertama kali computer dinyalakan (booting). Pengambilan bootstrap program dapat dilakukan dalam dua cara, yaitu cold booting dan warm booting.

Penjelasan Mengenai RAM

Kemampuan RAM yang berguna untuk mengakses data secara acak membuatnya lebih cepat dalam proses menampilkan data. Selain itu RAM juga dapat menyimpan data sementara pada perangkat saat perangkat tersebut menyala dan data belum sempat disimpan pada harddisk.

Dapat dikatakan bahwa RAM adalah perangkat memori yang paling cepat dalam suatu komputer dibandingkan dengan jenis perangkat memori lain seperti HDD atau Hard Disk Drive dan SSD atau Solid State Drive.

RAM adalah media yang bekerja sebagai memori utama pada perangkat, meskipun pada beberapa kasus dapat digunakan sebagai memori sekunder. Dan untuk menunjang kemampuan hal tersebut, RAM biasanya dikembangkan agar dapat dibaca maupun ditulis.

RAM atau Random Access Memory merupakan memori perangkat komputasi yang memiliki kemampuan menyimpan data-data yang dapat diakses secara acak tanpa mempedulikan urutan letak data tersebut.

Mengenal Jenis-Jenis Mobile Security

January 15th, 2019

Mengenal Jenis-Jenis Mobile Security

Mengenal Jenis-Jenis Mobile Security – Smartphone Security adalah salah satu sistem yang dibuat untuk melindungi privasi Anda. Anda bisa menggunakan berbagai macam jenis pengamanan yang dimiliki oleh smartphone Anda. Untuk beberapa kasus sistem ini sering digunakan sebagai pengunci layar ponsel dan pengunci file pribadi pada penyimpanan ponsel Anda.

Mengetahui bahwa memiliki sistem keamanan yang berjalan dengan baik terhadap akses internet serta jaringan komputer yang digunakan akan memberikan rasa tenang dan aman. Terlepas dari apakah sistem keamanan tersebut mampu memberikan perlindungan secara efektif atau tidak. Setidaknya memiliki sistem keamanan adalah pilihan terbaik untuk mencegah sekaligus menanggulangi apabila terdapat masalah keamanan.

Fungsi Mobile Security

Anda tentu mengenal sistem security pada smartphone bukan, jika Anda menggunakan perangat Android, iOS, dan Windows Anda tentu harus membuat Pattern khusus agar bisa membuka perangkat ponsel pintar Anda bukan. Nah, pola atau Pattern tadi adalah salah satu sistem keamanan yang ada pada Android. Selain sistem Pattern tadi sebenarnya masih ada sistem keamanan lain yang bisa Anda gunakan untuk melindungi privasi ponsel Anda. Tapi sebelum membahas tentang macam-macam Smartphone Security, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai Smartphone Security itu sendiri.

Jenis-Jenis Mobile Security

Selain komputer dan jaringan internet yang memerlukan jenis keamanan, ada satu device lagi yang memerlukan perlindungan yaitu telepon seluler. Apalagi saat ini handphone telah berfungsi cukup penting bagi semua keperluan mulai dari komunikasi, entertainment, pekerjaan, backup, dan media penyimpanan data. Handphone juga sangat rentan terkena serangan virus melalui beberapa aplikasi yang diinstall serta web browser yang dibuka melalui mobile web.

  1. Finger Print
    Cara kerja sistem keamanan Finger Print pada smartphone hampir sama dengan perangkat lain yang menggunakan sistem serupa. Yaitu dengan mendeteksi sidik jari pemilik ponsel lalu jika cocok sistem keamanan tersebut akan terbuka sendiri dan jika tidak sistem itu akan seterusnya terkunci. Pelopor penggunaan sistem ini untuk smartphone adalah Apple, tapi belakangan mulai banyak produsen lain yang juga mengunakan sistem ini.
  2. Selfie Photo
    Sistem ini adalah sebuah sistem yang mulai dikembangkan perusahaan Intel. Mereka menciptakan sistem ini agar hanya pengguna smartphone sajalah yang bisa membuka sistem keamanan ini, jadi lebih aman bukan.
  3. Pattern
    Sistem keamanan dengan menggunakan Patern atau pola adalah sistem keamanan yang paling banyak digunakan. Karena dinilai lebih mudah dan praktis digunakan, Pattern menjadi pilihan keamanan untuk kalangan smartphone yang tidak memiliki sistem keamanan canggih seperti Eye Scanner dan semacamnya.
  4. Eye scanner
    Eye Scanner adalah sebuah sistem yang menggunakan cara pemindaian mata. Sisten ini sebenernya tercetus sejak 1930, tapi saat itu karena beberapa sebab membuat sistem ini baru bisa digunakan sejak 1984. Hanya saja sistem ini digunakan untuk kepentingan tertentu dan kepentingan tersebut biasanya bersifat rahasia.

Itulah beberapa Jenis-Jenis Mobile Security dari sistem keamanan pada ponsel Anda, untuk melindungi perangkat Anda dari ancaman konstan dan melindungi data pribadi anda yang mungkin bisa disalahgunakan oleh orang lain.

Inilah Manfaat Kayu Manis Untuk Kita

January 15th, 2019

Inilah Manfaat Kayu Manis Untuk Kita

Inilah Manfaat Kayu Manis Untuk Kita – Mengonsumsi minuman yang mengandung kayu manis bisa ditambahkan dengan jahe, serai, atau yang lainnya. Selain memiliki aroma yang khas, minuman itu juga bisa menambah kebugaran Anda, dan yang pasti bisa dikonsumsi tanpa harus menghabiskan banyak uang. Intinya, di balik penampakannya yang berwarna cokelat dan kering itu, terbukti kayu manis memiliki manfaat banyak sekali.

Tapi tahukah Anda bahwa kenyataannya kayu manis memiliki banyak sekali khasiat yang terkait dengan kesehatan?

Inilah Manfaat Kayu Manis Untuk Kita:

 

  1. Menurunkan Berat Badan Air rebusan kayu manis yang dicampur dengan madu adalah minuman terbaik untuk menurunkan berat badan. Sebab minuman ini membantu dalam mendetoksifikasi sistem tubuh, membuatmu cepat kenyang, serta menekan nafsu makan.
  2. Mengontrol Gula Garah,

    Manfaat kayu manis yang pertama adalah kemampuannya mengontrol gula darah. Hal ini dikarenakan kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah.

  3. Untuk KesuburanManfaat kayu manis lainnya untuk kesuburan adalah berguna untuk memperlancar siklus mentruasi bagi mereka yang jadwal datang bulanannya kacau balau.
  4. Meningkatkan Fungsi Otak 

    Mencium bau kayu manis diketahui bisa meningkatkan aktivitas otak. Selain itu, aroma kayu manis juga bisa meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu dalam hal berkonsentrasi, mengingat, dan kecepatan bekerja.

  5. Meningkatkan Pendengaran 

    Para manula bisa menjaga kesehatan pendengaran mereka dengan rajin minum air rebusan kayu manis. Sebab kayu manis begitu tinggi zat alami untuk mempertajam pendengaran.

Inilah Manfaat Kayu Manis Untuk Kita yang bisa Anda dapatkan. Meski kayu manis berguna untuk menunjang kesehatan tubuh, namun Anda juga perlu memperhatikan jumlah takaran yang sebaiknya diterima tubuh. Meski tidak ada takaran yang pasti, dalam sehari biasanya Anda disarankan tidak lebih mengonsumsi kayu manis lebih dari 2 sendok atau 5 gram. Semoga bermanfaat!!

Mengenal Sejarah Adanya Komputer

January 15th, 2019

Mengenal Sejarah Adanya Komputer

Mengenal Sejarah Adanya Komputer – Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Perkembangan komputer dari masa ke masa selalu mengalami peningkatan. Komputer bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati pada zaman sekarang. Dulu komputer diciptakan hanya sebagai alat untuk mempermudah dalam penghitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman komputer ini terus berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang industri dan penelitian.

Adanya teknologi sangat membantu kehidupan manusia dalam melaksanakan berbagai pekerjaan mereka. Teknologi membuat manusia tidak merasa kesulitan, sehingga mereka akan dimudahkan dalam pekerjaan mereka masing-masing. Seperti saat ini misalnya sudah hadir komputer yang sudah tercipta sejak beberapa tahun lalu sehingga menciptakan sebuah sejarah komputer yang perlu diketahui.

Mengenal Sejarah Penemu Komputer

Penemu komputer pertama adalah Charles Babbage, dikenal dunia sebagai salah satu penemu sejarah komputer pertama kali. Yang telah banyak memberkan karya pada kehidupan manusia sampai sekarang ini, dari penemuannya.

Mesin penghitung atau bisa di kenal dengan Difference Engine no.1 yang ditemukan oleh Chareles Babbage. Merupakan salah satu icon, yang paling populer dan terkenal dalam sejarah.

Babbage juga dikenal dengan julukan bapak komputer, The Charles Babbage Foundation, dia memakai namanya untuk menghargai jasa atas penemuanya terhadap dunia komputer.

Mengenal Sejarah Perkembangan Komputer

Sejarah perkembangan dari generasi komputer dari dulu, mulai dari komputer generasi pertama, komputer generasi kedua, komputer generasi ketiga, komputer generasi keempat, sampai sekarang generasi sekarang ini, sudah terbagi menjadi 5 kali, perkembangan atau generasi komputer.

Dalam sejarah komputer dan perkembangannya, Sempoa atau Abacus merupakan awal dari lahirnya komputer. Komputer dalam melakukan prosesnya berbentuk elektronik, yang memungkinkan untuk melakukan perhitungan yang lebih luas dan cepat. Hingga saat ini komputer dapat memproses gambar, suara, teks dan bentuk non-numerik data lainnya.

Yang perlu diingat semuanya itu tidak lepas dari perhitungan numerik dasar. Gambar, suara dan lainnya hanyalah sebuah abstaksi dari angka-angka yang berderak di dalam sebuah mesin. Dalam komputer angka-angka tersebut yaitu “1” dan “0” yang mewakili kombinasi listrik aktif dan non-aktif. Dengan kata lain setiap gambar, suara, teks dan lainnya di dalam komputer memiliki kode biner yang sesuai. Itulah sejarah singkat tentang Mengenal Sejarah Adanya Komputer yang saat ini sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.