Prayana Lalu's Universitas Brawijaya FTP-KETEKNIKAN PERTANIAN-TSAL

21Jun/130

LAPORAN HASIL OBSERVASI INTERAKSI ANTAR ORGANISME KAWASAN WISATA SONGGORITI

84281367

Pendahuluan

Kawasan Wisata Songgoriti merupakan salah satu kawasan wisata di kota Batu, Malang, Jawa timur. Daerah Songgoriti sendiri terletak di kaki gunung banyak tepatnya di Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. Kawasan ini sangat layak untuk dikunjungi karena memiliki nuansa alam yang hijau dan alami dengan udara yang sejuk dan nyaman. Di kawasan wisata Songgoriti ini tidak hanya terdapat satu atau dua tempat wisata saja, namun di kawasan ini terdapat beberapa macam tempat wisata diantaranya adalah Taman Wisata Tirta Nirwana Songgoriti, Candi Songgoriti dan pemandian air panas, pasar wisata Soggoriti dan bukit paralayang.

Selain merupakan tempat wisata yang sangat ramai dikunjungi, kawasan Wisata Songgoriti ini juga terdapat hutan Pinus yang sangat luas yang sangat cocok sebagi kehidupan hewan, tumbuhan, serta mahluk hidup lainnya.Walupun kawasan wisata ini tidak hanya menjadi objek wisata saja karena juga sering dijadikan jalan alternatif untuk menuju daerah Kediri dan Jombang serta terdapat bangunan seperti vila dan bangunan lainnya tetapi kenindahan alam makhluk hidup yang berada di daerah ini masih sangat terjaga dan lestari.

Di kawasan ini juga terdapat suatu ekosistem. Ekosistem merupakan  suatu sistem ekologi yang menjadi suatu tatanan kesatuan yang terbentuk karena adanya hubungan timbal balik antara makluk hidup yang satu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu  pada suatu ekosistem semua makhluk hidup pasti saling membutuhkan satu sama lain dan tidak dapat untuk hidup sendiri. Dengan interaksi yang mereka lakukan itulah yang pada akhirnya akan membentuk sebuah ekosistem. Dalam suatu ekosistem tentunya ada interaksi yang terjadi yaitu interaksi antar organisme, antar populasi, antar komunitas, bahakan interaksi antar komponen biotik dan abiotik. Interaksi tersebut sering disebut dengan Simbiosis.

Tujuan

  1. Mengetahui keadaan Ekosistem yang ada pada kawasan wisata Songgoriti
  2. Mengaetahui Interaksi apa saja yang terdapat pada Ekosistem yang ada di kawasan wisata Songgoriti

Rumusan Masalah

  1. Bagaimana keadaan Ekosistem yang ada di daerah wisata Songgoriti?
  2. Bagaimana Interaksi yang terjadi pada Ekosistem tersebut?

 

 

INTERAKSI YANG TERJADI PADA EKOSISTEM KAWASAN

WISATA SONGGORITI

Interaksi Antar Organisme

Semua makhluk hidup selalu bergantung kepada makhluk hidup yang lain. Setiap individu akan selalu berhubungan dengan individu lain yang sejenis atau lain jenis, baik individu dalam satu populasinya atau individu-individu dari populasi lain. Pada ekosistem coban pelangi interaksi antar organisme juga terjadi, diantaranya sebagai berikut.

  1. Netral

Netral merupkan hubungan yang terjadi antara makhluk hidup satu dengan yang lainnya yang tidak saling mengganggu dalam habitat yang sama(tidak menguntungkan dan tidak merugikan satu sama lain). Contohnya pada Wisata Songgoriti tepatnya di Hutan Pinus yaitu hubungan antara semut dengan tumbuahan. Karena semut hanya sekedar lewat di batang  tumbuhan tersbut.

IMG-20130606-00611Gambar  semut yang sedang melintasi batang tanaman

2. Simbiosis

Simbiosis ini diartikan sebagai suatu pola hubungan bersama antara dua mahluk hidup yang berbeda jenis. Simbiosis ini kemudian dibagi lagi ke dalam 3 kelompok, antara lain:

 

  • Parasitisme

Parasittsime merupakan suatu hubungan timbal balik antarorganisme yang berbeda spesises dimana salah satu dari spesies tersebut mendapatkan keuntungan dan yang satunya merasa dirugikan. Contoh yang kami dapat di hutan Pinus yaitu interaksi antara ulat bulu dengan tanaman sekitar. karena ulat memakan daun tanaman tersebut dan daun tanaman tersebut menjadi berlubang dan rusak.

ulat bulu di daun pohonGambar ulat bulu yang sedang memakan
 daun tanaman singkong karet

  • Komensalisme

Komensalisme merupakan hubungan antara dua organisme yang berbeda spesies dalam bentuk kehidupan bersama untuk berbagi sumber makanan. Dalam hubungan ini salah satu spesies diuntungkan dan spesies lainnya tidak dirugikan. Contoh yang kami temukan pada observasi yang kami lakukan di kawasan wisata songgoriti adalah hubungan antara laba-laba dengan pohon bambu. Interaksi antara laba-laba dengan pohon bambu ditunjukan dengan laba-laba yang membangun sarang di antara pohon bambu, dan pohon bambu tidak dirugikan dengan adanya sarang laba-laba tersebut.

IMG-20130606-00618Gambar laba-laba yang bersarang di antara pohon bambu

  • Mutualisme

Mutualisme merupkan hubungan timbal balik antra dua organisme yang berbeda jenis dimana kedua organisme ini saling mendapatkan keuntungan satu sama lain contoh dari interaksi ini adalah interaksi antara lebah dan bunga, dimana bunga mendapat keuntungan dengan mengambil nektar dari bunga sebagai makanannya, dan bunga diuntungkan lebah sebagai pembantu dalam proses penyerbukan. Tetapi interaksi ini tidak kami temukan pada observasi yang kami lakukan di kawasan wisata songgoriti.

 

  • Antibiosis

Antibiosis ini merupakan pola hubungan di antara makhluk hidup dimana salah satu individu mengeluarkan suatu zat yang bisa membahayakan individu lainnya. Contohnya jamur yang mengeluarkan racun yang menghambat atau bahkan mematikan makhluk hidup lainnya. Pada observasi di hutan pinus kawasan wisata songgoriti, kami tidak menemukan jenis interaksi ini.

3. Predasi

Predasi merupakan hubungan yang terjadi antar dua organisme yaitu mangsa dan pemangsa (predator). Pada observasi yang kami lakukan di kawasan wisata songgoriti, kami tidak menemukan contoh interaksi predasi.

 

Interaksi Antar Populasi

Interaksi dalam ekosistem juga melibatkan hubungan di antara populasi. Pola interaksi inidibagi ke dalam beberapa kelompok yakni:

  1. Aleopati,

Aleopati adalah hubungan antara populasi dimana populasi yang satu menghasilkan sejumlah zat yang bisa menghalangi tumbuh dan kembangnya populasi lainnya. Contoh hubungan ini adalah pohon walnut yang jarang ditumbuhi tanaman lainnya di sekitar ia tumbuh sebab ia menghasilkan zat yang bersifat racun atau toksik. Pola hubunga ini disebut juga dengan nama anabiosa. Pola hubungan atau interaksi ini tidak kami temukan dalam observasi yang kami lakukan di kawasan wisata songgoriti.

2. Kompetisi

Kompetisi, adalah pola hubungan di antara populasi dimana keduanya memiliki kepentingan yang sama sehingga berujung pada hubungan kompetisi untuk mendapatkan hal yang dituju tersebut. Contoh yang kami dapatkan pada observasi yang kami lakukan di kawasan wisata songgoriti adalah hubungan antara pohon pinus dengan pohon pepaya dimana pohon pinus dan pohon pepaya mempunyai kepentingan yang sama yaitu sama-sama membutukan nutrisi dari tanah tempat mereka tumbuh, dan pohon pinus dan pepaya akan berkompetisi untuk mendapatkannya.

Foto0112Gambar pohon pinus dan pohon pepaya yang tumbuh ditempat yang sama

Interaksi Antara Komunitas

Secara sederhana, komunitas diartikan sebagai kumpulan populasi yang berbeda di satu tempat yang sama dan saling menjalin interaksi. Misalnya saja hubungan populasi sawah dengan populasi sungai. Di dalam sungai terdapat banyak organisme membentuk populasi, kemudian sistem pangairan dari sungai ke sawah akan mempertemukan antara komunitas sawah dengan komunitas sungai dan akan terjadi peredaran nutrient.

Interaksi dalam ekosistem yang melibatkan komunitas sangat kompleks sebab tak hanya melibatkan bermcam-macam organisme tetapi juga melibatkan aliran makanan juga energi. Interaksi antara komunitas ini bisa diamati dengan jelas misalnya pada daur ulang karbon yang melibatkan dua jenis ekosistem yang berbeda misalnya antara ekosistem laut dan juga darat.

 

Kesimpulan

Jadi pada kawasan wisata songgoriti banyak terdapat interaksi khususnya pada hutan pinus yang ada pada sisi-sisi kawasan wisata songgoriti tersebut. Pada hutan pinus di kawasan songgotiti, interaksi yang terjadi mulai dari interaksi antar organisme, interaksi antar populasi bahkan interaksi antar komunitas. Salah satu contohnya  adalah interaksi antar organisme yaitu interaksi antara laba-laba dengan pohon bambu yang merupakan interaksi simbiosis komensalisme, interaksi antar populasi yaitu interaksi antara pohon pinus dengan pohon pepaya yang merupakan interaksi kompetisi, dan berbagai macam interaksi-interaksi lainnya.

Filed under: Lain-Lain Leave a comment
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

CAPTCHA Image

*

No trackbacks yet.