Ini Dia 5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Ingin Merintis Bisnis Restoran

Dewasa ini industri kuliner menjadi salah satu bisnis dengan pemain terbanyak. Semakin maju zaman, semakin banyak pula bisnis tempat makan dan restoran dari franchise hingga buatan sendiri. Sayangnya, bisnis kuliner juga menjadi salah satu bisnis dengan risiko terbesar. Salah-salah mengatur keuangan dan strategi, bisnis Anda bisa saja perlahan turun dan tidak mampu bertahan lama.

Walaupun begitu, melalui banyak survei ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan agar usaha restoran Anda tetap bertahan dalam waktu yang lama. Kali ini, kita akan membahas sedikit mengenai beberapa tips agar usaha kuliner Anda tetap bertahan dan melegenda.

Daftar Menu yang Menarik

Ketika pengunjung datang ke restoran Anda, hal pertama yang mereka temui adalah daftar menu restoran Anda. Walaupun tampak sepele, daftar menu yang memiliki desain yang dibuat profesional memiliki kemampuan yang cukup kuat untuk bisnis restoran Anda.

Pastikan harga dan hidangan yang dikategorikan dalam daftar menu Anda rapi dan menarik. Perlu diketahui bahwa seorang pelanggan harus meninggalkan kesan yang baik untuk restoran Anda dan daftar menu adalah salah satu faktor untuk mempermudah promosi restoran Anda.

Investasikan Pada Koki

Walaupun kini bisnis restoran telah bergeser dari rasa ke sebuah tampilan, pastikan bahwa Anda memiliki koki yang handal dan berpengalaman selama bertahun-tahun. Koki adalah kunci keberhasilan loyalitas dari seorang pelanggan. Jika koki tahu makanan apa yang menjadi favorit penikmat makanan, maka tak sulit bagi Anda untuk mendapatkan perhatian dari para pembeli.

Jadi, merekrut seorang koki yang berpengalaman sangat disarankan agar dapat memuaskan selera para pembeli. Namun jangan kaget, biasanya koki pengalaman memiliki permintaan-permintaan khusus tersendiri, misal tidak ingin diatur, meminta merek bumbu masakan tertentu sesuai preferensi dia, bahkan peralatan dapur yang terkadang sulit dicari. Tapi untungnya saat ini sudah banyak yang jual peralatan dapur baik secara offline dan online dengan pilihan yang lengkap.

Lokasi Restoran yang Tepat

Walaupun sudah dianggap tidak begitu penting, lokasi restoran memiliki andil yang cukup banyak dalam perkembangan bisnis kuliner. Anda pasti tak ingin pembeli pergi begitu saja karena mereka merasa lokasi restoran Anda sangat sulit dijangkau.

Untuk itu, sangat diperlukan riset untuk mengetahui lokasi mana yang cocok dengan menu makanan Anda. Jika menu makanan Anda terkesan cocok untuk anak muda, maka pilihlah lokasi yang dipenuhi anak muda, seperti sekitar kampus atau lingkungan kos. Jangan lupa untuk memastikan restoran Anda memiliki tempat parkir yang layak juga, ya.

Pilih Konsep Restoran

Konsep restoran ditentukan oleh segmentasi pembeli yang akan Anda targetkan. Pemilihan konsep restoran yang salah akan mengakibatkan bisnis yang tak bertahan lama.

Sebelum memilih konsep restoran, pastikan Anda tahu siapa pembeli yang sedang Anda targetkan? Apakah konsumen kelas menengah ke atas atau justru sebaliknya? Setelah tahu segmentasi pembeli, Anda akan lebih mudah menentukan konsep hingga interior restoran.

Lakukan Promosi yang Agresif Namun Hemat Biaya

Perlu diketahui bahwa promosi yang agresif untuk restoran baru sangatlah penting dilakukan. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan brand awareness kepada masyarakat sekitar. Mereka perlu tahu bahwa ada restoran baru di wilayah tersebut.

Salah satu cara tercepat untuk melakukan publisitas adalah dengan menginvestasikannya kepada Influencer. Anda tak perlu khawatir, karena ada beberapa influencer yang sebenarnya tidak memungut harga yang tinggi. Bahkan, ada beberapa influencer yang melakukannya secara gratis untuk menunjang pamornya. Anda hanya perlu membayar makanan andalan yang kira-kira ingin Anda perlihatkan pada masyarakat.

Bekerjasama dengen layanan pembayaran online seperti OVO dan GoPay juga sedang populer. Anda bisa menggunakan program kasir yang mendukung integrasi pembayaran tersebut, sehingga bisa dianalisa pembayaran mana yang paling banyak digunakan.

Itulah beberapa hal esensial yang perlu Anda perhatikan ketika sedang mendirikan bisnis kuliner. Umumnya, pemilik restoran membutuhkan waktu sekitar delapan bulan hingga pada akhirnya modal yang Anda keluarkan kembali.

Untuk itu, selain memilih strategi marketing yang tepat Anda juga harus memiliki manajemen keuangan yang baik. Perlu diingat bahwa strategi marketing dan keuangan sangatlah berkaitan sehingga Anda tak boleh main-main dalam kedua hal ini.

Kira-kira apakah Anda memiliki tips sukses merintis usaha restoran selain di atas?