Apa itu Google Maps dan Cara Kerja Google Maps?

Apa itu Google Maps dan Sistem Kerja Google Maps?

Teknologi Google Maps adalah jasa peta tidak dipungut bayaran dan online disediakan oleh Google yang bisa ditemukan di https://maps.google.com. Pada situs hal yang demikian kita bisa memperhatikan informasi geografis pada hampir segala wilayah di muka bumi. Layanan ini interaktif, sebab di dalamnya peta bisa digeser cocok harapan pengguna, merubah tingkat zoom, serta merubah tampilan peta. Google maps juga menawarkan peta yang bisa diseret dan gambar setelit untuk segala dunia, serta menawarkan rute perjalanan. Google map juga ada di aplikasi Android.

Apa itu Google Maps dan Sistem Kerja Google Maps?

Apa itu Google Maps dan Cara Kerja Google Maps?

Sistem Kerja Google Maps

Google Maps dibuat dengan menggunakan kombinasi dari gambar peta, database, serta obyek-obyek interaktif yang dibuat dengan bahasa pemrograman HTML, Javascript, dan AJAX, serta beberapa bahasa pemrograman lainnya. Gambar-gambar peta yang timbul pada layar adalah hasil komunikasi dari pengguna dengan database pada situs server google untuk menampilkan gabungan dari potongan-potongan gambar yang dipinta. Segala citra yang ada diintegrasikan ke dalam suatu database pada google server, yang nantinya akan dipanggil cocok keperluan permintaan. Bagian-bagian gambar peta yang adalah gabungan dari gambar-gambar yang berukuran 256 x 256 pixel. Tiap-tiap-tiap 256 x 256 tile mewakili gambar tertentu dalam longitude, latitude, dan zoom level tertentu.

Google Maps API

Google Maps Application Programming Interface (API) adalah suatu fitur aplikasi yang dikeluarkan oleh google untuk memfasilitasi pengguna yang ingin mengintegrasikan Google Maps ke dalam situs masing-masing dengan menampilkan data point milik sendiri. Dengan menggunakan Google Maps API, Google Maps bisa di-embed pada situs eksternal. Supaya aplikasi Google Maps bisa timbul di situs tertentu, diperlukan adanya API key. API key adalah kode unik yang digenerasikan oleh google untuk suatu situs tertentu, supaya server Google Maps bisa mengenali.
Pada Google Maps API terdapat 4 jenis alternatif model peta yang disediakan oleh Google, diantaranya adalah:
Roadmap, untuk menampilkan peta lazim 2 dimensi.
Satellite, untuk menampilkan foto satelit.

Terrain, untuk menampilkan relief jasmaniah permukaan bumi dan menampilkan seberapa tingginya suatu lokasi, seumpama akan menampilkan gunung dan sungai.
Hybrid, akan menampilkan foto satelit yang diatasnya tergambar pula apa yang tampil pada roadmap (jalan dan nama kota).
Bermanfaat penjelasan seputar Apa itu Google Maps dan sistem kerjanya.
Semoga