Mental Health Issue by Momo

October 7th, 2020

Banyak orang tidak mengerti betapa pentingnya kekuatan mental dalam hidup. Mental health merupakan kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar.

Ada beberapa hal lain yang menjadi pemicu tingginya masalah kesehatan mental yaitu yang pertama minimnya edukasi dan pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat akan hal tersebut dan kedua masih tebalnya stigma buruk masyarakat terhadap penderita masalah kelainan mental.

Yang pertama adalah masih kuatnya stigma masyarakat terhadap penderita kelainan mental. Mereka para penderita seakan dianggap sebagai manusia yang berbahaya sehingga harus diberikan perlakuaan yang kurang wajar atau bahkan tidak manusiawi, salah satu bentuknya adalah pemasungan. Hal ini masih bisa dengan mudah kita jumpai terutama didaerah pedalaman atau pelosok pelosok daerah. Masyarakat pelosok masih beranggapan bahwa pemasungan adalah salah satu bentuk penanganan, padahal bukan.  Apabila cara ini masih dianggap sebagai cara yang relevan maka semakin tingginya angka kelainan mental akan semakin sulit untuk dihindarkan, pada akhirnya berakibat pada  penambahan beban negara terhadap penanganan yang semakin banyak.

Yang kedua adalah Minimya edukasi dan pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan dan kelainan mental beserta penangananya menjadi salah satu faktor masih tingginya angka kelainan mental di Negara kita. Peranan dalam Memberikan edukasi dan pemahahan mengenai kesehatan mental, gangguan kesehatan mental, berikut dengan penanganannya bukan hanya dibutuhkan oleh keluarga yang memiliki anggota keluarga yang menderita gangguan kesehatan mental, melainkan kepada seluruh masyarakat pada umumnya. Dalam konsep person in environment yang menjadi salah satu ciri khas dari pekerjaan sosial menjelaskan bahwa keberadaan seseorang individu akan mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungan di sekitarnya. Untuk perihal kesembuhan penderita gangguan kesehatan mental maka seluruh lapisan masyarakat wajib dan berhak mendapatkan informasi yang selengkap-lengkapnya untuk menciptakan lingkungan (sosial) yang proporsional bagi kesembuhan para penderita.

Mental health umumnya mengarah kepada kesejahteraan psikologis seseorang. Mental health dapat digolongkan kedalam beberapa tingkatan, mulai dari kondisi sehat, mengalami gangguan kecemasan, hingga depresi. Dalam beberapa waktu belakangan ini, gangguan mental health tidak dianggap penting, bahkan cenderung diremehkan. Hal ini yang merupakan salah satu penyebab yang punya pengaruh terbesar terjadinya banyak kasus suicide (bunuh diri).
Khususnya di Indonesia, mental health masih dianggap hal yang tabu bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Kebanyakan orang berpikir, jika seseorang pergi ke psikiater atau psikolog, maka orang tersebut gila. Hal ini yg perlu diluruskan.
Banyak orang yg melarang untuk tidak menangis, tidak boleh merasa lemah. Padahal hal tersebut normal dan wajar saja untuk dilakukan apalagi saat seseorang sedang merasa sangat tertekan.
Seperti contohnya, kebanyakan org juga menyuruh org yg sedang depresi untuk tidak memendam semuanya sendirian, setidaknya diceritakan pada yang lain agar sedikit lega.
Tapi bukannya semakin lega, bercerita pada mereka malah hanya menambah beban. Kebanyakan feedback yang mereka dapat dari bercerita keluh kesahnya, tak jauh-jauh dari,
“gaboleh nangis” “jangan lemah lah!” “gitu aja kok nyerah” “lah gitu doang, kamu blm tau aku gmana”.
Paling parahnya, membandingkan beban org tersebut dengan bebannya.
Ada kalanya seseorang bercerita hanya butuh untuk didengar bukan untuk disela. Bukan untuk dinasehati tapi untuk mencari lega semata. Hitung-hitung melepas beban dari pundak satu.
Maka dari itu, cobalah untuk benar-benar peduli pada sekitar. Jadilah telinga jika dibutuhkan. Berilah nasihat jika diminta. Bebanmu dan bebannya adalah 2 hal yang berbeda. Tapi kita semua punya hak yang sama untuk saling memulihkan.

Thanks

Hello world!

September 11th, 2020

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!